::
you're reading
SAINS

Tentang Biota Laut

TENTANG BIOTA LAUT

oleh

Muhammad Masrur Islami

*UPT BKBL LIPI Ambon

Indonesia merupakan negara kepulauan atau maritim yang memiliki pulau sangat banyak yaitu mencapai 17.508 pulau dan mempunyai garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada yaitu 81.209 km. Sekitar 60% wilayah Indonesia merupakan laut (NONTJI, 2002). Sehingga tak dapat dipungkiri apabila negara kita mempunyai keanekaragaman hayati laut yang melimpah dan umumnya tidak dimiliki oleh negara lain di dunia.

Biota laut terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok hewan dan tumbuhan. ROMIMOHTARTO & JUWANA (1999) menyatakan bahwa biota laut secara umum terbagi menjadi tiga berdasarkan cara atau sifat hidupnya meliputi:

  1. Planktonik, yaitu biota yang melayang-layang, mengapung dan bergerak mengikuti arus. Jenis ini umumnya ditemukan di kolom permukaan air. Terbagi menjadi 2 yaitu Fitoplankton (plankton tumbuhan) seperti alga biru dan doniflegellata, dan Zooplankton (plankton hewan) misalnya lucifer, udang rebon, ostracoda dan cladocera.
  2. Nektonik, yaitu biota yang berenang-renang umumnya dapat melawan arus (terdiri dari hewan saja). Contohnya adalah ikan, ubur-ubur, cumi-cumi dan lain-lain.
  3. Bentik, yaitu biota yang hidup di dasar atau dalam substrat, baik tumbuhan maupun hewan. Terbagi menjadi 3 macam yaitu 1) menempel (sponge, teritip, tiram dan lainnya); 2) merayap (kepiting, udang karang dan lain-lain) dan 3) meliang (cacing, karang dan lain-lain).

Biota laut sangat banyak jenisnya, tetapi dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok (taksa). Kelompok hewan meliputi ikan, moluska, krustasea, koral, echinodermata, dan sponge. Sedangkan dari kelompok tumbuhan antara lain alga (rumput laut), lamun (seagrass) dan bakau (mangrove).

Biota-biota tersebut dapat kita jumpai di daerah pesisir dan laut. Kita dapat menemukan adanya moluska, krustasea, echinodermata, ikan, lamun, rumput laut dan lainnya. Seringkali kita juga tidak bisa menentukan dari golongan manakah biota laut yang kita temukan. Sehingga sangat diperlukan pengenalan yang lebih mendalam agar kita dapat mendeskripsikan biota yang ada.

Jawaban dari persoalan mengenai pengenalan dan pemahaman tentang biota laut yang lebih mendalam adalah dengan mempelajari “Taksonomi”. Taksonomi adalah ilmu mengenai penggolongan biota ke dalam taksa-taksa mulai dari tingkat tertinggi (Kingdom) sampai tingkat spesies atau sub-spesies. Taksonomi diperlukan agar kita tidak salah menentukan dalam menilai atau menggolongkan suatu biota ke dalam kelompok tertentu.

REFERENSI

NONTJI, A. 2002. Laut Nusantara. Cetakan ketiga. Penerbit Djambatan. Jakarta: 367 hal.

ROMIMOHTARTO, K. dan S. JUWANA. 1999. Biota Laut: Ilmu Pengetahuan Tentang Laut. Puslitbang Oseanologi – LIPI. Jakarta: 116 hal.

Tentang Biota Laut.pdf

About these ads

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

3 thoughts on “Tentang Biota Laut

  1. Wealaaah…
    manten anyar rek…
    apik tenan, wis ngeBlog suwe ta?

    Posted by a'an | Wednesday, 10 December 2008, 16:31
  2. Walaaah wis suwe koq, 2 bln lebih..
    Ngeblog ya lumayan suwe.

    Oya holmesmu ta link ya…?

    Posted by muhamaze | Thursday, 11 December 2008, 15:51
  3. thanks buat info nya..

    Posted by tony | Monday, 9 April 2012, 22:48

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 267 other followers

%d bloggers like this: