::
you're reading
SERBANEKA

Jangan Lupakan Base Camp (baca; beskem)

Beskem, istilah untuk menggampangkan Base Camp biar lebih enak dimulut, adalah salah satu saksi kenangan saat-saat kuliah dulu. Mulai dari masalah mencari bahan atau materi kuliah sampai sebagai tempat melepas penat sehabis kuliah atau praktikum. Tak jarang pula hanya untuk tempat ngumpul2 yang cukup nyaman.

Beskem dulu jelas beda dengan sekarang. Alumni beskem semua telah lulus kuliah dan melalang buana mencari kehiudapannya masing-masing. Dulu semua anggota beskem adalah mahasiswa Biologi Unsoed yang notabene kebanyakan berasal dari wilayah Banyumas, kecuali beberapa teman dari luar tapi semua pada akhirnya seperti orang Banyumas juga.

Bila aku ingat dulu, saat2 menjelang ujian adalah saatnya rajin untuk berkunjung ke Beskem. Masalahnya simpel saja, karena aku males nyatat materi pas kuliah jadi cari-cari bahan untuk difotokopi dan tempat tujuan utama adalah Beskem.

Oya, malah lupa njelasin Beskem itu sendiri. Beskem sebenarnya adalah sebuah rumah kos-kosan tanpa nama tempat beberapa orang temanku tinggal dan tentu saja anak Biologi mendominasi disitu. Kita yang ada di Beskem gak tau sejak kapan mulai akrab. Padahal pada semester2 awal belum begitu mengenal tokoh-tokoh yang ada di Beskem. Aku sendiri bukan penghuni Beskem, dan memang tidak mungkin karena semuanya adalah kaum hawa, sedangkan aku dan temanku dari golongan Adam. Tapi mungkin itulah sebabnya kita bisa saling melengkapi. Aku dan temanku tergolong males, sehingga sangat beruntung bersahabat dengan penghuni Beskem yang rajin-rajin. Kenapa disebut Beskem aku juga gak tau, yang jelas untuk memudahkan aja menyebut tempat kos yang gak ada namanya itu. Tempatnya di daerah belakang Fakultas Peternakan, masuk gang tak terlihat dari jalan. Memang pas untuk istirahat apalagi untuk menunggu jeda dari jam kuliah satu ke jam yang lain.

Dan sekarang Beskem entah gimana kabarnya. Penghuninya sudah pada kabur seiring lulusnya dari Biologi. Palingan aku menghubungi beberapa sahabat ex Beskem via hp atau email, tapi kebanyakan aku tak tahu kabarnya karena pada ganti no.hp tapi gak pada ngomong. Ya semoga saja lagi pada sehat semua dan sukses semua. Amiin. Pengin suatu saat nanti entah kapan aku dan sahabat2 Beskemku bisa ngumpul lagi, berbagi cerita dan sebagainya. Karena aku yakin pasti ada cerita2 yang lebih menarik daripada jaman dulu-dulu saat kuliah. Beragam pengalaman dari semua teman-temanku itulah yang pengin aku ketahui. Pasti menyenangkan. Satu hal yang aku tidak ingin adalah berskem yang kita cintai itu dilupakan begitu saja.

Beskem…. Beskem…. ayo kumpul-kumpul silaturahim…

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

