::
you're reading
SERBANEKA

Mendung Masih Bergelayut di Ambon

“Mendung tak berarti hujan” tak berlaku di Ambon. Akhir-akhir ini tanpa mendungpun, Ambon sudah dan selalu terguyur hujan. Entah sudah berapa bulan Ambon selalu hujan bahkan bisa dari pagi sampai pagi lagi dan belum tahu sampai kapan musim hujan ini akan berakhir. Orang-orang Ambon bilang bulan Agustus ini adalah akhir dari musim timur, dan hujan akan berhenti. Tetapi kenyataanya tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan hujan akan segera berakhir. Memang sih terkadang suatu hari ada panas dan tidak hujan tapi ternyata itu cuma berlangsung sehari, dan hari berikutnya hujan lagi.

Selain hujan, di Ambon juga berhembus angin yang cukup kencang. Aku yang dinggal dekat dengan teluk Ambon bagian dalam juga bisa melihat angin menyebabkan ombak yang cukup besar, padahal teluk Ambon bagian dalam adalah daerah yang terlindung oleh semenanjung Martafons. Jadi bisa dibayangkan ombak yang ada di teluk Ambon bagian luar dan laut-laut lain yang berhadapan langsung dengan laut Banda. Pasti hancur (orang Ambon bilang; ancor lele, ancor panggal-panggal).

Hujan memang kadang bikin susah. Bisa dilihat pantai yang biasanya rame karena anak-anak mandi jadi sepi. Mendung selalu bergelayut di atas pantai sehingga ngeri kalau mandi saat kondisi hujan. Selain ombak yang cukup besar, air laut di pantai juga tidak jernih dan keruh akibat aliran lumpur dari sungai-sungai. Kalau sudah hujan terus begini mending di rumah, tidur atau hanya bengong menatap titik-titik air dari langit. Aah.. entah sampai kapan mendung akan bergelayut di Ambon dan hujan mengguyur ini berakhir. Bagaimana dengan daerah anda?

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

2 thoughts on “Mendung Masih Bergelayut di Ambon

  1. Emang bos ujan yang atu ini kagak ade brentinye…
    kayaknye kite udah menikmati ujan dari bulan Januari 2008, tapi ampe sekarang kok belom brenti ye…???

    Posted by Dharma | Sunday, 17 August 2008, 12:14

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: masih tertatih « banyumas – ambon pp - Tuesday, 22 February 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: