::
you're reading
SERBANEKA

Sekilas tentang manfaat teh

Teh (Camelia sinensis L.) telah dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia sebagai salah satu minuman dengan rasa yang khas. Mau pagi, siang, sore atau malam, minum teh tetap terasa nikmat. Mau panas juga nikmat, mau yang dingin pakai es juga segar. Tapi mungkin ada belum tahu manfaat teh yang kita minum itu. Berdasarkan informasi yang terdapat di http://www.sosro.com/indonesia/manfaat_teh.htm, ada beberapa manfaat teh, diantaranya:

  1. Memperkuat Gigi & Mencegah Karies pada Gigi
    Unsur Flouride ( F ) yang cukup tinggi pada Teh, dapat membantu dalam mencegah tumbuhnya karies pada gigi serta dapat memperkuat gigi.
  2. Mengurangi Resiko Keracunan Makanan
    Unsur Catechin ( salah satu unsur dalam Polyphenols ), telah terbukti bahwa unsur tersebut memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan beberapa bakteri yang menyebabkan keracunan makanan ( menurut penelitian dari Taiwan dan Jepang ).
  3. Memperkuat Daya Tahan Tubuh
    Dengan adanya vitamin C dan vitamin E, maka Teh dapat juga membantu memperkuat daya tahan tubuh.
  4. Menyegarkan Tubuh
    Teh mengandung sejenis kafein yang berbeda dengan kopi, maka The juga dapat merangsang sistem syaraf tubuh kita sehingga pengambilan oksigen kedalam tubuh lebih lancar.
  5. Mencegah Tekanan Darah Tinggi
    Epigallocatechin dan epicatechin gallat yang merupakan varian dari catechin, tenyata mampu bertindak sebagai inhibitor dari pada angiotensin trasferase, yaitu enzim penyebab tekanan darah tinggi. Lebih lanjut dapat pula disimpulkan bahwa dengan kemampuan catechin untuk mencegah tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan menangkal radikal bebas, maka catechin juga bisa mengurangi resiko penyakit kardiovascular.
  6. Menangkal Kolesterol
    Catechin, ternyata juga telah dibuktikan bahwa dapat mengurangi penimbunan kolesterol dalam darah dan mempercepat pembuangan kolesterol melalui feces.
  7. Mengoptimalkan Metabolisme Gula
    Mangan (Mn), yang terkandung dalam Teh bisa membantu penguraian gula menjadi energi, dengan demikian Teh bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah.
  8. Mencegah Pertumbuhan Kanker
    Kemampuan Catechin ( salah satu unsur dalam Polyphenols ) dapat menghambat terjadinya mutasi pada sel-sel tubuh dan menetralisir radikal bebas.

Temuan-temuan tentang manfaat teh ini masih terus dikembangkan. Sembari menunggu perkembangan penelitian di dunia per”teh”an tidak ada salahnya nge”teh” dulu yuk.

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: