::
you're reading
SERBANEKA

Ayo Kita Jogging

Hari libur seperti Sabtu atau Minggu biasanya merupakan waktu yang dihabiskan untuk bersantai-santai. Ya memang sah-sah saja karena sudah hampir lima hari sebelumnya dari Senin sampai Jumat kita berkutat dengan pekerjaan yang mau tak mau pasti menguras energi dan pikiran kita. Namun ada juga yang menggunakan hari libur untuk kerja, biasanya yang ngejar target, setoran maupun lembur karena pekerjaan belum kelar dan sudah mendekati deadline.

Nah, bagi yang biasanya hanya santai pada hari libur tidak ada salahnya kalau pagi-pagi meregangkan otot-otot dan berlari atau istilah kerennya jogging. Tidak usah lama-lama, cukup 30 menit saja tiap pagi dan tidak usah terlalu memaksakan, yang penting kontinyu.

Mengapa jogging?

Berdasarkan penelitian, jogging dapat membuat kita lebih sehat dan awet muda. Menurut peneliti-peneliti Amerika dalam Archives of Internal Medicine, jogging dapat memperlambat efek proses penuaan bila dilakukan secara teratur. Selain itu orang yang rajin jogging juga mampu menikmati hidup dengan lebih sehat. Orang yang lanjut usia juga tercatat memiliki resiko yang lebih kecil untuk meninggal dini akibat penyakit berat seperti kanker apabila mereka rajin jogging.

Kegiatan jogging yang teratur juga tidak memperlambat rata-rata detak jantung dan pembuluh darah arteri. Selain  itu tidak  ada bukti  yang menyebutkan bahwa  mereka yang rajin berjogging cenderung mudah terserang osteoarthritis atau membutuhkan penggantian sendi  lutut secara total yang sempat dikhawatirkan.

Intinya, jogging lebih banyak mendatangkan manfaat apalagi kalau dilakukan secara teratur. Setelah mengetahui sedikit tentang manfaat jogging ini, tidak ada salahnya malahan sangat dianjurkan bagi kita untuk berusaha hidup lebih sehat dengan berjogging. Hal yang perlu dicatat adalah bahwa jogging merupakan olahraga yang murah karena tidak memerlukan peralatan yang rumit. Semuanya tergantung diri kita sendiri. Apakah kita bisa menyediakan waktu beberapa menit untuk aktivitas ini? Saya rasa sih tidak berat jika memperhitungkan manfaat yang akan didapat dengan berjogging. Makanya, ayo kita jogging…!

Sumber: Kompas

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: