::
you're reading
SAINS

Wilayah Pesisir dan Laut

Batasan Wilayah Pesisir dan Laut

Wilayah pesisir adalah wilayah pertemuan antara daratan dan laut, ke arah darat meliputi bagian daratan yang masih dipengaruhi oleh sifat-sifat laut seperti pasang surut, angin laut dan intrusi garam, sedangkan ke arah laut mencakup bagian laut yang masih dipengaruhi oleh proses alami yang ada di darat seperti sedimentasi dan aliran air tawar serta daerah yang dipengaruhi oleh kegiatan-kegiatan manusia di daratan.

Hal di atas menunjukkan bahwa tidak ada garis batas yang nyata, sehingga batas wilayah pesisir hanyalah garis khayal yang letaknya ditentukan oleh situasi dan kondisi setempat. Misalnya di delta Sungai Mahakam (Kalimantan Timur) dan Sungai Musi (Sumatera Selatan), garis batas pesisir dapat berada jauh dari garis pantai. Sebaliknya di tempat yang berpantai curam dan langsung berbatasan dengan laut dalam, wilayah pesisirnya akan sempit.

Komponen fisik ekosistem pesisir dan laut.

Ekosistem pesisir baik mangrove, lamun maupun terumbu karang sangat dipengaruhi oleh komponen-komponen fisik yang ada di sekitarnya. Komponen tersebut meliputi kimia air (termasuk susunan zat-zat kimia dan kecenderungannya di laut), aliran dan pergerakan arus, interaksi antara atmosfer dan samudra, serta proses-proses alam yang terjadi di laut. Komponen ini berperan sebagai media transport materi dan energi segaligus mendukung komponen biotik yang ada. Komponen fisik lainnya antara lain:

  1. Strukktur air
  2. Komposisi kimia air laut
  3. Gas-gas terlarut
  4. Berat jenis (densitas)
  5. Suhu dan salinitas air laut
  6. Cahaya
  7. Gelombang
  8. Arus Laut

Komponen biotik ekosistem pesisir dan laut

Biota yang hidup di wilayah pesisir dan laut pada umumnya dapat dikelompokan menjadi tiga kategori yaitu plankton, nekton, dan bentos.

1. Plankton

Plankton adalah tumbuhan (fitoplankton) atau hewan (zooplankton) yang mengapung atau berenang secara berlahan di laut dan pergerakannya sangat tergantung pada arus. Pada umumnya tergolong mikroskopik, seperti hewan-hewan bersel satu yang melayang bebas di laut, tetapi banyak juga organisme seperti ubur-ubur (jellyfish) yang termasuk dalam kategori ini.

2. Nekton

Biota yang termasuk kategori ini adalah ikan yang dapat bergerak bebas tidak tergantung pada arus. Distribusi dari plakton dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti suhu, salinitas, suplai oksigen dan sumber makanan.

3. Bentos

Organisme yang hidup di dasar perairan atau pada substrat, baik tumbuhan maupun hewan. Komposisi sedimen dasar perairan akan mempengaruhi jenis dan tipe organisme yang ada.

Ekosistem spesifik di wilayah pesisir dan laut

Wilayah pesisir dan laut secara ekologi merupakan tempat hidup beberapa ekosistem yang unik dan saling berhubungan, dinamis dan produktif. Ekosistem utama yang umumnya terdapat di wilayah pesisir meliputi:

  1. Ekosistem mangrove
  2. Ekosistem lamun
  3. Ekosistem terumbu karang

Ekosistem ini saling berinteraksi membentuk suatu konektivitas dengan menjalankan fungsinya masing-masing. Penjelasan mengenai ketiga ekosistem ini akan menjadi pembahasan lebih lanjut, dimana ekosistem mangrove telah dijelaskan sebagian dalam tulisan sebelumnya (Mengenal Ekosistem Mangrove). Ekosistem lamun dan terumbu karang akan menjadi pembahasan di waktu yang akan datang.

Sumber Bacaan:

Mukhtasor. 2007. Pencemaran Pesisir dan Laut. PT. Pradnya Paramita, Jakarta: 332 hal.

Nontji, A. 2002. Laut Nusantara. Cetakan ketiga. Penerbit Djambatan, Jakarta: 367 hal.

Supriharyono. 2007. Konservasi Ekosistem Sumber Daya Hayati. Pustaka Pelajar, Yogyakarta: 428 hal.

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

8 thoughts on “Wilayah Pesisir dan Laut

  1. it’s such an article that i think it’s good since some people now is interesting to talk about local wisdom. it’s become more interesting cause recently world ocean conference was conducted that cti is one of the main issue

    Posted by tikno | Sunday, 31 May 2009, 03:52
  2. menurutku ini wilayah kepesisiran bro..dan bukan wilayah pesisir,,kepesisiran dan pesisir itu beda lho..

    Posted by clad | Thursday, 13 January 2011, 23:28
  3. mkcihh atas link.a sngat mmbantu buat saya skali… hehehhehehe

    Posted by anggy | Monday, 28 March 2011, 19:21
  4. komponen biotik yang akua tau cuma plankton aja sih :D

    Posted by Internet Marketing | Wednesday, 17 April 2013, 10:54
  5. Terima kasih atas informasinya. Sangat membantu sekali.

    Posted by San Diego Hills | Friday, 12 December 2014, 12:53
  6. artikelnya sangat bermanfaat sekali .. terimakasih banyak

    Posted by les privat | Saturday, 5 September 2015, 05:40

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Daftar Istilah Dalam Ekoligi Laut Tropis (tugas mata kuliah ekologi laut tropis) « Muhammad Dio - Wednesday, 14 April 2010

  2. Pingback: EKOSISTEM WILAYAH PESISIR LAUT – aditya by you - Sunday, 7 August 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: