::
you're reading
BANYUMASAN

Kerajaan Ciwunut

Ana sing takon dadine inyong crita:

Ning tataran Jawa Dwipa kira-kira neng sekitare Gunung Slamet ana kerajaan cilik sing ketlingsep sejarah alias langka sejarahe. Kerajaane sesek ning watu-watu ireng sing atos-atos (jajal bae dicokot angger ora ngandel). Wit-witan uga ana, akehe wit klapa karo kopi. Kerajaane dibatesi gar lore sawah ki Kartim, bates kulone kali Kedung, bates kidule sawah man Sahib lan bates wetane ana kalen lan sawahe man Iksan (pangapura langka petane he..he..)

Pas lagi inyong esih cilik ganu sering dolan neng kerajaan Ciwunut, andon mangan degan lan adus-adusan neng kali, bar kuwe terus ngempani lemud sing ambrungan ora nggenah. Neng tengah-tengahe kerajaan ana tuk alias sumber mata air sing banyune kinclong bersih ora ketulungan, nek patut ndean disogi gelas pinggire dadi nek ana wong arep nginum gari njikot sangkin beninge. Ana tambahan maning, neng tuk kuwe kutuke gedhe-gedhe. Ngerti kutuk ora? Sing sering mancing alias “mungin” mesti ngerti.

Ana maning keunikane bahwa Ciwunut kuwe kerajaan tanpa raja. Dasaren pancen udu kerajaan, kuwe gada-gadane lilike inyong sing nyebut Ciwunut kuwe kerajaan Ciwunut. Sing sebenere Ciwunut kuwe kebone eyange inyong. Lewih sekang separone, eyange alias kakine inyong nduwe saham Ciwunut, dadi ora salah nek diarani rajane Ciwunut. Lah siki kakine inyong wis suwe tilar dunyo, dadi urung ana penerus Kerajaan Ciwunut.

Ciwunut versine beda-beda. Angger versine inyong, Ciwunut kuwe ya kebone ramane lan kakine inyong. Tapinen ana versi liyane sing nyebutna Ciwunut kuwe ngablak-ngablak sekang kebone kakine inyong terus tekan ngidul nganti maring perek Karang Blimbing (endi maning kuwe?). Dadi, sedulur kabeh angger pengin ngerti Ciwunut neng endi, ayuh pada dolan neng Krajan, Pekuncen, Banyumas. Bakalan tek sandingi degan, kopi, klapa, mlinjo, gedang lan liyane (pete uga ana he..he..).

Ciwunut uga nggo tembungan wong-wong nggonku nek detakoni calo-calo lan kernet-kernet sing rewel neng terminal. Umpamane inyong arep balik sekang Jakarta terus ditakoni calo; “Mau kemana bang?” Angger calone rewel bae, inyong njawab maring Ciwunut. Mesti calone bingung.

Intine, Ciwunut kuwe daerah neng nggone inyong sing bisa nggo plesetan angger ditakone; maring ngendi?; ko asale ngendi?; neng endi? lan ngendi-ngendi liyane. Dadi sedulur kakang mboke wis ngerti Ciwunut mbok?

Catetan; ora nutup kemungkinan angger ana Ciwunut-Ciwunut liyane.

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

12 thoughts on “Kerajaan Ciwunut

  1. Hah angger kaya kuwe jelaz inyong udhu wong ciwunut yah kang…

    Posted by mbokefatih | Sunday, 7 December 2008, 10:06
  2. Di kerajaan Ciwunut, ada dua mata air. Mata air utama sudah revitalisasi neng juragan banyu bening. Letaknya di antara Kebon Narsid dengan Koebon Mbok Ras. Sayang, sayange wi dijual. padahal potensi desa buat kelanggengan sumber air bersih tak pandang musim. Jika keamrau panjang, sumber mata air ini menjadi tumpuan warga Krajan khususnya Dukuh Wetan. Sedangkan satu lagi sumber air yang terletak di ‘kerajaan Ciwunut’. Insya Allah lima tahun ke depan lokasi ini akan dibangun menjadi ‘Padepokan Banyu Surga’. Padepokan adalah tempat untuk menimba sesuatu yang bermanfaat. Banyu Syurga artinya Air yang selalu mengalir di bawah tanah dan dapat dijadikan sumber manfaat sebagai bentuk karunia Allah yang tiada batas. Padepokan Banyu Syurga akan dikelilingi tanaman pohon Asem (wingi pas hari Menanam Pohon Awal Desember aku sebari ratusan biji asem yang aku bawa dari Tegal), Kelapa ijo, Pete, Melinjo dan Jati emas (baru dua pohon). sedangkan untuk pelestarian ekosistim airnya, akan ditaburi benih gabus lokal (Kutuk) dengan cara manual. Mancing dari tempat lain lalu dibiakkan di tempat tersebut. Kalau dananya ada, batu-batu yang bentuk danw arnanya mirip batu candi itu akan ditata menyerupai tempurung terbuka. Dengan penataan batu ditata model melingkar yang diatur sedemikian rupa agar berbentuk mangkok alam. Karena Mata Air merupakan anugerah Allah yang tertahun-tahun selalu mengalir, maka WAJIB dilestarikan. Musuh sekaranga dalah para pemborong Batu yang semakin merajalela merusak lingkungan. Dan satu hal yang belum orang lain ketahui, air dari mata air Ciwunur Kulon ini mengandung daya tangkal stress. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk meredakan galau pikiran, kecamuk bathin serta memancarkan aura insaniyah secara natural. Gampange, airnya bisa bikin awet muda. Cara menggunakannya, setiap usai kerja keras, badan letih, seegralah gunakan air mata air Ciwunut Kulon untuk berwudhu, pasti segarnya tak kalahd engan Pocari sweat. Dah dulu, lain waktu disambung lagi.

    Posted by krazan | Sunday, 14 December 2008, 16:32
  3. Oooh, inyong malah tembe ngerti tengane Master Plan pengembangan Ciwunut kaya kuwe..?
    Bisa2 dadi cagar budaya ya..(ngomong apa sih?)

    Posted by muhamaze | Monday, 15 December 2008, 18:06
  4. Mbang kidul, depelur eben banyune kumpul. pringe deganti rumpun pring gading, watu gedene ora usah debelaih, tetapi de sisir bagian dhuwure, diratakna sebagian eben bisa di sogi pot-pot media tanam syaur utawa tanaman hias. batu-batu mempyur digawe lumpang, ditanami lombok cengis. bagian kulon dipagar karo semak kamijara utawa jati belanda. syukur bisa nandur tanaman sing anane ning daerah lia, tetapi ning krajan durung ana. seperti kemiri (sumatera), pala (bogor), jeruk keporok (bali), cakra-cikri (krajan), katu, sawo (pancoran), kenari (NTB), cengkeh (gweh, meh kelalen), terus cemara nggo inepan manuk prit, utawa pines (njaluk man rakim), nangka bunder (ning legok ana), gandaria (ananne ning bojong depok), kayu manisan (kaligua)— Kadang aku wedi dewek karo imajinasine inyong— jane anger modal tiang listrik, bisa nyalur lan gawe padpokan cilikan, kayane tah tangan jahil bisa diatasi. masalahe ya kue, madan kepiran… ber sambung

    Posted by krazan | Thursday, 18 December 2008, 00:16
  5. iya ya..pancen maen pisan nek dibayangna..
    tek tunggu sambungane.

    Posted by muhamaze | Thursday, 18 December 2008, 19:05
  6. Mitos Kerajaan Ciwunut

    SUATU sore menjelang ashar. Kebon Ciwunut diguyur gerimis awal Nopember. Suasana kebon di antara Dukuh Wetan dan Gunung Barang itu konon, memiliki cerita mitos. Memang suasananya teduh (abis banyak pohon sih), batu-batu mempyur dibalut lumut ijo, rumput kembang glepang, bandotan bagai permadani terlindas kereta, acak-acakan. Tetapi suasananya cukup menentramkan hati, bikin adem anyem. Apalagi setelah seharian melakukan tugas rutin, bedog, mancing atau macul. Ketika kaki melangkah santai di antara rimang tanaman kapolaga, ujung celana hingga pinggang menepis tampungan air hujan yang tersisa di lekuk dedaunan tanaman obat itu. Teles kejebes deh. Belum banyak jenis tanaman yang ada di kebun itu. Apalagi tanaman hias, tanaman buah dan tanaman berkhasiat obat yang lengkap. Kecuali pohon kelapa, melinjo dan pisang kapas yang menjadi pagar hidup di tepian kebun. Sekujur celanapun kuyup hingga meresap atis si sekujur betis. Saat angin sore berhembus butiran air hujan yang mondok di pucuk-pucuk blarak atau daun kelapa berjatuhan bagai air mata para bidadari yang sedih memikirkan nasib Nawang Wulan dalam kisah dongeng Jaka Tarub.

    Randu Alas.
    Sekilas nama itu mengingatkan pada sebuah judul cerita pendek yang dijadikan lakon drama oleh penulisnya Nurhidayat Poso seorang budayawan Tegal. Sayang di sekitar kebun Ciwunut tidak ada lagi pohon penghasil kapuk yang sangat bermanfat bagi manusia itu, buat bikin kasur, kampil, tatakan bokong). Dalam bahasa ilmiahnya, bommbax ceiba atau Bombax malabaricum. Layaknya pohon kapuk randu penghasil bahan untuk membuat kasur atau bantal. Bedanya, ukurannya lebih tinggi, diameternya lebih besar dari jenis pohon randu biasa. Karena banyak ditemui di hutan atau perbukitan maka dinamakan randu alas.
    Dulu ketika aku masih SD, di kebon kidul ada pohon randu alas dengan diameter hampir satu meter. Kini telah ditanami Kakao oleh Kang Wito, sebagian tanah itu telah dijual ke dia, kalo tidak salah dulu uangnya buat menambahi rehab rumah. Meski sampai sekarang rumahnya tak kunjung finishing, hampir bodol maning, son.
    Nah di ranting pohon randu alas itu selalu dibangun sarang-sarang burung manyar. Bergelantungan bentuknya seperti bubu penangkap ikan yang digantung posisi terbalik, terus ada lobang kecil buat keluar masuk burung. (Rur, ko mensti ora menangi, kaya apa sarang manyar ) Almarhum ayah selalu mengibaratkan, bahwa burung manyar itu pinter bikin sarang dengan arsitek bagus sedangkan burung tekukur (balam) gak bisa bikin sarang. Sebenarnya itu sebuah ajaran filosofi hidup. Sayang sekarang tidak ada lagi. Terakhir daerah yang ada sarang burung manyar di Gunung Barang, tetapi sekarang juga embuh… ibarat mitos saja

    Di beberapa titik tempat keluarnya mata air, terdapat batu besar melebihi dua gajah gendong-gendongan yang di bawahnya terdapat sumber mata air. Satu di kebon tengah, (pusat kerajaan ciwunut), satu di kidul sebelah kulon kebon Pak Guru, bapake kowen (milik Wa Nasim), dan satu lagi di perbatasan wetan.
    Tak hanya airnya yang bening, konon juga bertuah. Setiap berada di pojok kebon sebelah timur, akan tampak pemandangan lembah Kali Guntur. Bahkan di bawah sana terdapat bertemunya arus sungai Kali Guntur dengan wangan dari sejumlah mata air yang mengalir dari Ciwunut. Di daerah ini banyak berkembang biak ikan kutuk/ gabus (bermanfaat untuk penyembuh penyakit hati karena mengandung zat antioksidan penyembuk penyakit lever)
    Konon, ratusan tahun silam, di salah satu tempat di Ciwunut pernah digunakan sebagai tempat pertemuan para wali yang dipimpin Syeh Maulana Maghribi untuk membahas tentang dakwah Islam. Saat para wali dari negeri Arab itu berkeliling di tlatah sekitar Gunung Slamet, dari arah Bumijawa, Guci, sebelum menuju ke Baturaden, jarene mampir ngombe lan wudhu ning Ciwunut. Di suatu tempat konon pernah ada seorang pertapa sakti. Namun setelah bertemu dan adu kekuatan dengan Syeh Maulana Mahgribi yang sedang mengembara untuk menyebarkan agama Islam di tlatah selatan Gunung Slamet. Hingga kesaktian sang petapa dapat dikalahkan oleh Syeh Maulana, akhirnya sang pertapa memeluk agama Islam. to be con…kemlucur

    Posted by hamidin | Tuesday, 23 December 2008, 16:26
  7. Sebenernya sekilas udah ta baca semalem, tapi kayong medeni, jadi baru pagi ini ta baca tuntas.
    Bener-bener gawe ndledeg kye…

    Oya nek sarang burung nyamar eh manyar aku ngerti lah, khan seperti yang di TK Aisyiyah Krajan dulu he..he..

    Crita sing terakhir gawe penasaran yakin, jerene watu gede2ne juga entah darimana asalnya ya..?
    Jajal takon man Sukram Gunung Barang..
    Tek enteni sambungane…..

    Posted by muhamaze | Wednesday, 24 December 2008, 08:51
  8. Hihi.. Aja anggo istilah BANYU SURGA Kang.
    Nang batir2 kene pada nggo guyon krn artine mleset dadi saru.. Hehe

    Posted by Suhar | Tuesday, 6 January 2009, 15:14
  9. Inyong juga ora ngerti kang, kuwe istilahe Lik Hamidin sing komentar neng nduwur.. Lah emange kepriwe, nek diplesetna aja kadohen ya hehe..

    Posted by muhamaze | Wednesday, 7 January 2009, 13:53
  10. tembe ngerti nyong, tengan ana kerajaan ciwunut.., sisan bae gawe artikel ttg kerajaan kaligondok, kerajaan nggati, kerajaan pondok cina, ha..haa..haa.. salut nggo rika kang..

    Posted by wiwid | Friday, 25 March 2011, 01:01
  11. hahahahah kue ra sekalian kang kerajaan jim kebon samprul dan anteknya wangan budha kebon jeruk,Lanjutkan jadikan krajan terkenal hahahaha salam sukses bae ,,, Anton Blok 3

    Posted by Van D'jawa | Saturday, 15 February 2014, 01:37

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: sio mama « muhamaze - Tuesday, 21 December 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: