::
you're reading
AMBOINA

Parah, masih akan (terus) ada pemadaman listrik

Tadi pas lagi makan siang, ada anak kecil penjual koran menghampiri, dan kulihat headline Ambon Ekspress tertulis “Pemadaman Listrik Sampai April”. Waduh, parah bener kalo gitu. Berarti siap-siap aja tiada hari tanpa mati lampu terus berlanjut di pulau ini. Reuni lagi sama postinganku beberapa hari yang lalu.

ameks

Kubaca-baca koran itu, menurut Bagus Setiawan, GM PT. PLN Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara yang baru dilantik itu, pemadaman bergilir akan terus berlanjut sampai menjelang Pemilu. Dan saat pemilu dipastikan tidak akan terjadi gangguan (apa harus nunggu pemilu?). Dia juga menambahkan bahwa kondisi generator atau mesin pembangkit di PLTD Galala dan Poka, Ambon juga dalam kondisi yang tidak sehat alias banyak yang rusak sehingga perlu diperbaiki.

Problem lain adalah antara kemampuan pembangkit dan kebutuhan tidak seimbang. Pembangkit yang dibutuhkan harus mencapai 10 megawatt untuk pemakaian normal, saat ini belum nyampe segitu. Payah juga ya.. Ditambahkan lagi bahwa pembangkit-pembangkit yang rusak itu susah sekali dicari suku cadangnya. Apa sebab? katanya seh jenis pembangkit seperti yang ada di Ambon itu hanya tersedia 9 buah di seluruh dunia, tiga di Vietnam, tiga di Balikpapan, dan tiga sisanya di PLTD Poka, Ambon. Aah masa seeeeiih..?

Kalo rusak, dimana akan cari sparepart-nya? ujung-ujungnya kanibalisme, dengan mengambil sparepart yang ada di Balikpapan. Repot banget ya kalo gitu. Ada juga wacana menyewa pembangkit swasta, tapi katanya yang ada mesin itu mamakai bahan bakar HSD (sejenis solar) yang mahal, jadinya nggak boleh. Terus gimana untuk memenuhi kekurangan pasokan listrik yang ada? Katanya seh akan ada perbaikan bertahap yang akan selesai paling tidak bulan April 2009. Halaaah lama ya, masih tiga bulan lagi tuh..

Gini aja, kalo tetep nggak bisa, mending PLN meniru kayak dunia telekomunikasi aja, ada pihak swasta yang bermain. Mungkin bisa lebih baik lagi, atau malah lebih repot yaah? Nggak tau juga seeh. Ini dulu aja lah, bentar lagi mati lampu neh.

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

9 thoughts on “Parah, masih akan (terus) ada pemadaman listrik

  1. Mati lampu aduh gelapnya….

    Apa harus pakai PLTD?
    Pembangkit
    Listrik
    Tenaga
    Demo……?
    (Mengubah tenaga demo menjadi tenaga listri) wow ……

    Posted by hamidin krazan | Friday, 6 February 2009, 07:38
  2. sebenarnya sebel juga, kalo pinjem istilahnya sampeyan “produk kejengkelan” akibat listrik mati tanpa permisi. ujung-ujungnya ya ku buang aja di alam maya.

    Oya, komen dan pingback postingan http://krazan.blogdetik.com/2009/02/05/menjelaskan-tanpa-terdengar-memaki/ kok tertutup lik? jadi gag bisa komentar. ternyata pada bae, listrik maning… listrik maning…

    Posted by muhamaze | Friday, 6 February 2009, 09:06
  3. wah kota ambon mati listrik ya?? wah parah banget tuh PLN!

    Ayo katong pi tabaos!! ;)

    Salam kenal.

    Posted by Indra Kurniawan | Friday, 6 February 2009, 10:12
  4. iya kawan, ambon akan masih terus sering mati lampu.
    tabaos? parcuma sa, seng ada yang denger lay..
    su pastiu hohoho..

    salam kenal juga.

    Posted by muhamaze | Friday, 6 February 2009, 11:01
  5. tamang.. beta 2 taon yang lalu su pernah baca di ameks dorang mo bangun pltu tapi kenapa akang seng jadi?
    beta dengar katanya ada pihak yang zg setuju dengan akang lalu kalo su mati lampu kaya begini bagaimana?

    lebih baik bangun pltu segera..

    Posted by mozes | Wednesday, 25 February 2009, 09:02
  6. iya kawang, perlu segera bangun pltu yang baru, biar krisis listrik diatasi.
    repot juga kalo tiap hari mati lampu..

    Posted by muhamaze | Wednesday, 25 February 2009, 18:26
  7. kejadian ini pas saya juga lagi di ambon, he he

    gara2 listrik padam terpaksa di rumah pake genset, dan mengakibatkan charger notebook saya error, menyedihkan

    “emang.. gara2 listrik banyak CPU dan UPS kantor jebol.. payah bener PLN Ambon.”

    Posted by ridho | Tuesday, 31 March 2009, 15:50
  8. Pake Power Inverter AJA,,KALO BUTUH LISTRIK PENGGANTI GENSET BUKA DI http://WWW.LISTRIKINVERTER.BLOGSPOT.COM

    Posted by powerinverter | Thursday, 9 April 2009, 22:41
  9. Salam kenal mas..nice posting

    “salam kenal juga, bisa gratisan gak alatnya hehehe…”

    Posted by Listrik Pengganti Genset | Sunday, 14 June 2009, 01:04

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: