::
you're reading
AMBOINA

Laor: The Phenomenon

Nyalakan obor-obor itu, biarkan nyiru* terentang, masuklah seirama gelombang….

Laor, sungguh nama yang penuh misteri. Malam minggu yang lalu aku menemuinya, ternyata ia telah menjadi primadona yang membuat senyum warga kampung mengembang. Yah, Lycde oele beribu-ribu timbul tenggelam diterpa alunan ombak pantai berkarang, berenang-renang diantara raupan nyiru. Sungguh menakjubkan.

sunset3Ini kali pertama aku melihat fenomena yang membuatku tercengang. Waktu itu Sabtu sore (14/3) yang cerah, mobil kijang merah meluncur cepat ke arah Bandara Pattimura, terus ke barat naik turun jalanan aspal yang cukup sempit. Sampailah di suatu tempat yang indah eksotis khas pesisir, Negeri Alang. Di sinilah kejadiannya, saatnya timba laor.

Bagi yang belum tahu, Laor adalah sejenis cacing laut dalam bahasa ilmiahnya Lycde oele. Cacing ini unik karena ia muncul hanya setahun sekali, biasanya saat purnama pasang tertinggi. Tidak semua pantai bisa menikmati adanya penampakan laor ini. Umumnya pantai berkaranglah yang biasa menjadi tempat keluar. Ya seperti di Negeri Alang yang aku kunjungi.

ngoborSaat masuk daerah Alang, sudah terasa sekali akan adanya pesta laor. Warga kampung, tua muda, laki perempuan semua berbondong ke pantai membawa obor dan nyiru menunggu waktu malam dan tentunya menunggu laor keluar. Lambat laun mentari pun masuk, dan malam mengembang. Saat itulah obor-obor mulai disulut, nyiru-nyiru mulai direntangkan, satu-persatu warga masuk ke air menyambut datangnya laor.

Ramai, meriah, penuh suara-suara tawa khas Ambon, ditambah lagi riak-riak gelombang yang mengalun. Bener-bener malam yang gegap gempita. Semuanya menikmati. Hanya 3 jam. Setelah itu, satu persatu warga mulai mentas naik ke darat sambil menjinjing laor di dalam ember. Pulanglah sudah, dan saatnya untuk dimasak. Sayangnya aku ngga sempat mencicipi bagaimana rasa laor itu. Namun yang kutahu laor penuh protein seperti kebanyakan cacing lainnya.

Bingung mau nulis apa lagi, tapi bener-bener malam itu laor telah menjadi pemeran utama. Laor, the phenomenon…

cacing laor laor

*nyiru (bahasa Ambon): seser, alat untuk menangkap ikan dan sejenisnya.

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

37 thoughts on “Laor: The Phenomenon

  1. betapa indahnya… andai malam itu aku berada disana… hmmm… :)
    udah aku link juga blognya!

    “pasti basah-basahan hehe.. oke tengkyu”

    Posted by Itmam | Wednesday, 18 March 2009, 19:35
  2. wew
    keren banget ya pemandangannya
    sama ke Pulau Bawean
    :)

    “ya begitulah asoooyy…”

    Posted by Rusa Bawean™ | Wednesday, 18 March 2009, 21:39
  3. mirip2 nyale di Lombok. pas nangkapnya juga pake acara adat… pake tari2an, tetabuhan… sorry, saya gak bisa ngasih info lebih… beda suku sih :-).

    “ya bener banget Bang pernah ada yang bilang kek nyale di Lombok, memang harusnya bisa dikembangin jadi aset wisata biar keren..”

    Posted by samawabalong | Thursday, 19 March 2009, 00:45
  4. iyo bener kata samawabalong mirip bau nyale dilombok….

    “iyo bener sekali, mungkin ada juga yang kek gini di daerah lainnya..”

    Posted by wh | Thursday, 19 March 2009, 01:17
  5. memang setiap daerah punya ciri khas masing2.Pantai2 ambon memang terkenal.Aku bisa merasakan malam indah yg menyenangkan.Oya di ambon katanya pisang makanan khas orang sana ya.

    “ya sana-sini ketemu pantai melulu.. tapi ya itulah khasnya.. Pisang Ambon maksude? orang sini malah nyebutnya pisang meja, aneh…”

    Posted by kawanlama95 | Thursday, 19 March 2009, 08:23
  6. Coba bisa ikut lihat yach..di foto ndak jelas ah…(*kapan2 ajak kesana ya :)

    “ya nunggu taon depan yaa… ta kabari hehe..”

    Posted by DIAJENG | Thursday, 19 March 2009, 12:38
  7. met kerja mas :)

    “makasih, met kerja juga mbak…”

    Posted by DIAJENG | Thursday, 19 March 2009, 12:40
  8. Wah mantab, kapan ya aku bisa kesana nih?

    “kapan aja bisa kang…”

    Posted by Novianto | Thursday, 19 March 2009, 12:54
  9. sampeyan ini lipi apa potograper tho mas? seneng juga klo banyak objek bagus :lol:

    “hehehe mas stein bisa aja… lipigraper :-)

    Posted by mas stein | Thursday, 19 March 2009, 13:55
  10. wah mas asyik banget emang ga ada liputan dalam bentuk videonya ..bagus banget mas kalau ada

    “itu dia Om, awalnya ngga tau kalo bakal rame banget, tau gitu bisa ngundang media buat ngliput sana-sini..”

    Posted by omiyan | Thursday, 19 March 2009, 13:58
  11. wah..mas muh ini jalan – jalan terus nih..hehehe..jadi pingin ke ambon…nikmatin suasana pantainya..hmm…

    “refreshing biar ndak stress huehue..”

    Posted by Prasetya Yudha | Thursday, 19 March 2009, 14:14
  12. Wah…rasanya ada kesamaan SUKA banget dengan BAHARI neh Kang.

    Aku paling gak tahan klu gak liat LAUT barang sehari saja. Habis DIVING, SNORKELING merupakan olahraga faforit jeh???.

    Terutama MENYELAMI KEDALAMAN SAMUDRA BATIN…
    huaaak..kaks..kaks…

    Salam Kenal
    dari Kera NGALAM – ONGIS NADE

    “yoi ke Ambon aja, ntar ta ajakin diving n snorkeling… kalo nyelam samudra batin walah lebih susah.. salam kenal juga, aku cah banyumas hehe..”

    Posted by Santri Gundhul | Thursday, 19 March 2009, 15:00
  13. Elloh perasaan dah koment….kok gak nongol yah…

    apa dimoderasi yah???

    Melirik Pemandangan di SENJA hari…
    Hmmm….ingin rasanya saya NYEBUR laut….NYELAM maksudne..he..he..

    “nongol koq.. moderasi ndak diaktipin.. emang susah yah kalo hobi nyelem, liat laut bagus pengin nyebur aja hehe…”

    Posted by Santri Gundhul | Thursday, 19 March 2009, 15:22
  14. Indah benar teman….

    salam kenal ya…..

    “rahasia alam begitulah… salam kenal juga teman..”

    Posted by Om Shani | Thursday, 19 March 2009, 15:38
  15. makan cacing ???….ggp deh , asal halal…:-)
    padahal gw pernah juga makan cicak, tapi gg sengaja…:-), gw pernah nulis ini di blog gw jg kok…
    btw, ma kasih mo berkunjung ke blog gw…jgn sungkan-2 ya..

    “halal n kaya protein.. lah itu gimana critanya koq bisa makan cicak huehuehu.. tengkyu jg udah mampir balik,sering2 aja yaa..”

    Posted by gwgw | Thursday, 19 March 2009, 15:53
  16. seru banget ya? weleh weleh…

    btw, kayaknya ente waktunya kurang pas buat kenalan sama orang ganteng… hahaha…

    maklum, mau fokus belajar dulu :D

    “asal jangan saru hehe.. wedew,ya mungkin saja kalo ganteng ketemu ganteng jadi ilang gantengnya.. ok dah,met belajar aja…;-)”

    Posted by diazhandsome | Thursday, 19 March 2009, 18:01
  17. keren…

    “banget…”

    Posted by senoaji | Thursday, 19 March 2009, 19:42
  18. laor itu di daerah ambon?

    “iya mas,maluku.. tapi daerah lain mungkin ada cuma beda istilah. makasih…”

    Posted by wildspeed | Thursday, 19 March 2009, 19:48
  19. ihh…bukan jijik sih tp nggak kebayang makan cacing rame2.

    “jangan dibayangin mas,tapi dirasakan enak ngga ya hehehe..”

    Posted by masnur | Thursday, 19 March 2009, 20:19
  20. waw bagus. :-)

    “bagus waw..”

    Posted by Rian Xavier | Thursday, 19 March 2009, 21:31
  21. weww..

    amazing tuhhh

    “cacingnya ato blognya..? wakakaka…”

    Posted by hellgalicious | Thursday, 19 March 2009, 23:49
  22. hadohh,,cacing
    saya pilih nasi aja deh :D

    “sama mbak, nasi juga hehe..”

    Posted by wennyaulia | Friday, 20 March 2009, 02:50
  23. Halah, dasar peneliti kagak jelas. Nulis Moluska, Lamun, Laor, dsb. Ha ha ha. Dasar marine biolo (na) gist… ha ha. Penelitian gue dibocorin dulu. Tapi masih kurang. Aku dah makan laor, dah tahu resep “rahasia” khas/ tradisional Maluku. he he

    “hehe… lagi mabok gara2 makan laor ya Joe?”

    Posted by Joe | Friday, 20 March 2009, 11:14
  24. Wah menikmati keindahan alam beserta budayanya..

    Kerenn…..

    Salam hangat Bocahbancar…..

    ” ini dia, rangkaian kata yang tepat… bisa aja Bocahbancar..
    salam anget juga…..”

    Posted by bocahbancar | Friday, 20 March 2009, 18:54
  25. wuih, ngeri liat cacingnya… warna warni tapi ya, bagus aslinya tapi tetep ngeri… merinding.. apalagi kalau saya jadi model yang tangannya difoto di atas…

    ” weleh…. padahal pas waktu itu cuacingnya buanyak buanget lho.. mandi cacing istilahnya. kalo ndop ikut bisa pingsan ya… hehe.. ngga tau tuh tangan sapa…”

    Posted by ndop | Friday, 20 March 2009, 20:45
  26. Indah bnget sobat.., thankz ya dah mampir k tempatku.

    ” tengkyu juga mas…”

    Posted by jiwakelana | Saturday, 21 March 2009, 03:11
  27. good…good….good…
    Laor is very good..and the biautiful

    ” kayak iklan saja bang… hehe…”

    Posted by tuyi | Saturday, 21 March 2009, 14:35
  28. Wah kayaknya seru juga tuh… pengen ikut… cuma bisa lihat dari jauh… hehehe… :)

    ” makanya kapan2 balik ngambon, timba laor jua….”

    Posted by Indra Kurniawan | Saturday, 21 March 2009, 15:46
  29. Saya mampir nih.. ^^

    Jadi pingin jalan2 kesana juga..

    ” ayo didaftar siapa-siapa yang pingin ikut lagi hehe..”

    Posted by andam | Sunday, 22 March 2009, 17:23
  30. view-nya bagusss. jadi pengen kesana…..

    ” nah ini pingin lagi… banyak temennya kok..”

    Posted by frozzy | Sunday, 22 March 2009, 21:12
  31. link anda sudah kami pasang di Link Sahabat, kami ucapkan terimakasih atas kerjasamanya….

    ” terima kasih juga untuk persahabatan ini.. “

    Posted by Ariesky Agus Priyana | Monday, 23 March 2009, 09:46
  32. kasian cacingnyah….

    “waduw….”

    Posted by indomielezat | Monday, 23 March 2009, 14:29
  33. muanteb . . .

    keyen . . .

    “nyang komen juga keyen2 koq…”

    semua keyen…

    Posted by yoga | Monday, 23 March 2009, 19:18
  34. laor is kalor
    :D

    “asal jangan kolor aja hee :mrgreen:

    Posted by almascatie | Wednesday, 25 March 2009, 21:39
  35. he… sangar, mantebs

    Posted by Noe² | Sunday, 29 March 2009, 02:31

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Laor >> Cacing yang bisa dimakan | FLIGHT of IDEAS... - Saturday, 15 May 2010

  2. Pingback: Laor, Cacing yang bisa dimakan « FLIGHT of IDEAS…. - Saturday, 15 May 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: