::
you're reading
AMBOINA

ssttt…

tete momo loko dia

Apa yang kawan bayangkan ketika mendengar kata-kata di atas? Mungkin ada yang bengong, ketawa, heran, mlongo, merem-melek atau nggak ngapa-ngapain alias ngga ngaruh hehe. Aku kasih tau, itu adalah basa ambon. Aku baru mendengarnya Sabtu (4/4) kemarin, pas ngumpul bareng temen2 blogger, kebetulan ada yang pake kaos tertulis “tete momo loko dia”. Aku tergelitik bersimbah rasa penasaran. Awas kawan, mungkin juga kata itu berbahaya layaknya listrik tegangan tinggi..

danger

penuh aura mencekam, ngeri, hiiiii mode on, dan jangan sekali-kali sembarangan dengannya, apalagi anak kecil, bisa-bisa “tete momo loko dia”

Entahlah, bagiku istilah itupun masih samar berkabut. Biarlah sementara terpendam tak kuungkit lagi. Hiihiiiiiii…. :mrgreen:

Atau adakah yang mau menggamblang-jelaskan untaian kata itu? siapapun…

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

38 thoughts on “ssttt…

  1. Wach gak ngerti artene Kang……Gak paham bahasa Ambon

    Jowo ngerti…..Ambon Bleng

    PertamaX

    “aku juga masih kurang paham apa itu….”

    Posted by Aden Kejawen | Monday, 6 April 2009, 12:50
  2. Pertamax udah ada jadi pake Premium….

    Ada-ada saja….
    Sepertinya istilah itu buat menakut-nakuti seseorang???
    atau kalau disawah bisa untuk menakut-nakuti burung???
    Atau jangan-jangan mau menakut-nakuti….
    tut..tut..tut..tut..tut..tut..tut… (telpon terputus)

    “hahaha… kata almas ya.., tapi tetep belum jelasss..”

    Posted by Dharma | Monday, 6 April 2009, 13:28
  3. walah, dibaca sampai abis tetap gak keluar artinya..

    “coba baca sekali lagi.. :-)”

    Posted by advintro | Monday, 6 April 2009, 13:28
  4. adu, kk. aq bukan orang papua….

    “aku juga bukan dek… bingung..”

    Posted by konohanasakuya | Monday, 6 April 2009, 15:11
  5. tak nggolet kamus banyumasan dhisit ya…

    “eia, mbokan ana ya kang… sapa ngerti..”

    Posted by rayyahidayat | Monday, 6 April 2009, 15:20
  6. apaan sih ???

    “apa ya.. aku juga rada2 masih bleng..”

    Posted by frozzy | Monday, 6 April 2009, 17:47
  7. wah musti diterangin apalagi saya orang sunda henteu ngartos lah

    “kalo ketemu orang ambon, tanyain ya om.. hehe..”

    Posted by omiyan | Monday, 6 April 2009, 18:06
  8. Duh..sudah nanya Mbah Gugel tetap ndak tau terjemahannya..

    “edisi mbah Gugelnya belom nongol kali..”

    Posted by Vicky Laurentina | Monday, 6 April 2009, 22:23
  9. Sama..Saya juga kaga ngerti apa maksud dari Tete Momo Loko Dia….

    “memang jarang yang ngerti koq mas..”

    Posted by bocahbancar | Tuesday, 7 April 2009, 03:13
  10. hwakakkakakkakakak
    juh sampe dipostingin hwkakakakak.. yah yah yah auranya keluar kalo anda sudah menfaforitkan papeda ama sagu dulu mas hihihihi
    *kaborrrrrrrr*

    “lah ini nih tersangka utamanya..,
    wedeuw… bisa2 poro melar gara2 papeda ama sagu..”

    Posted by almascatie | Tuesday, 7 April 2009, 03:16
  11. Aku tergelitik bersimbah rasa penasaran

    Wah,bahasanya metaforik bangets,hehehe
    makanya kita harus bersyukur jadi bangsa Indonesia,berbeda beda suku,ras,agama,tapi bisa tetep akur,smoga

    “iyah, sangat asyik untuk penasaran mengutak-atik bahasa-bahasa.. tapi itulah seninya *halah*..”

    Posted by duadua | Tuesday, 7 April 2009, 10:47
  12. Kang, ngesuk postinge judule “Ana Gendruwo Ngisor Kolong” di jamin posting paling horor kuwe…
    *nulise karo tutupan mbantal = wedi*

    “iya-iya… ngisor kolong sih apa ya? njero lemah?”

    Posted by Dharma | Tuesday, 7 April 2009, 16:01
  13. mungkin artinya gini :

    tete : tante
    momo : moderator
    loko : lokomotif
    dia : doi

    kalo dipanjangin : doi naik lokomotif ama tantenya moderator

    wakakakakaka

    “hahhahahaha…. tambah ngga jelass..
    pak dhe… pak dhe…”

    Posted by Pak Dhe Wicak | Tuesday, 7 April 2009, 19:35
  14. opo kuwi artine kang?

    nak wes reti artine tulung kandani aku yo……..

    (padahal kirain itu bahasa jepang tauk….)

    “waduh..kudu nyebrangi lautan yo…
    yo wis, enteni pas mudik lebaran ae hahahhaha…”

    Posted by indomielezat | Wednesday, 8 April 2009, 10:03
  15. wasyemmm tersangka utama katanya

    tete momo = sejenis hantu di ambon/gendruwo/tuyul ato apalah
    loko = tangkep
    dia = dia
    jadi maknanya gendruwo nangkep dia :p

    *huasyem bahasa ambon di indonesiakan jadi kehilangan aura dan kharisma nya dah.. hwhakakakakak yang lebih penting kehilangan lucu nya :p

    “waah,,, akhirnya tete momo keluar juga… ilang semua penasaran horayyyy…”

    Posted by almascatie | Wednesday, 8 April 2009, 16:58
  16. :shock:

    yang comment pake bahasa aneh mbanyak banget
    *pulang nenteng sendal jepit nyari kopi*

    eh besok libur yah?? ada agenda? ada acara??

    *ngompor mode on*
    :lol:

    “agenda besar, nyontrang-nyontreng nggak jelas…
    dimana? dimana? *kebakarrr*

    Posted by almascatie | Wednesday, 8 April 2009, 16:59
  17. eh abis nyontreng masakan tidur??? ga keren ah…. hayo-hayo… eni aidea?? natsepa? liang? alang? ato sibu-sibu? ato baguala beach? ato nongkrong di amplas lagi…

    *tuheng orang ambon bilang laipose abiss ana2 nih*
    :lol:

    “wadeuw… bingung mikirnya malah.. dibrondong gitu hehe..”
    *laipose?? apaaa lagi tuh….*

    Posted by almascastie | Wednesday, 8 April 2009, 19:16
  18. wah saya ga tau apa itu momo loko.
    klo tete saya tau……..
    maklum da lama tercemar dgn bahasa medan jd sudah lupa dgn istilah2 daerah timur :).

    “udah dijelasin diatas kok mbak..”

    Posted by zizy | Wednesday, 8 April 2009, 20:53
  19. Busyet dah,sampe jadi postingan.
    Sekarang dah tau kan apa itu tete momo loko dia, jadi jangan dekat2 almas, nanti di-loko.

    “ooo baru tau aku ca, jadi ngga boleh deket2 almas ya…”
    *tendang almas*

    Posted by Eby | Wednesday, 8 April 2009, 21:11
  20. wah wis ganti bahasa ibu yo nang! Banyumasane ora ilang to

    “hahaha.. banyumas tetep poreper kang…”

    Posted by sunarnosahlan | Thursday, 9 April 2009, 06:56
  21. apa sih yg diomongin orang2 di komen2 ntu????
    berharap tau artinya malah makin pusiiiing….

    ngemeng2 yg komen diatas ad yg pke bahasa banyumasan y???

    “mending ngga usah tau yak, aku juga pusiing…
    oaya, banyak yang banyumasholic kok, alias wong penginyongan hehe..”

    Posted by yak | Thursday, 9 April 2009, 16:54
  22. Buhset dah,bhasa ambon tuh mas?hi5..
    Org djogja ni,jd maklum..nggak ngerti artinya,hehe, kalo aja tuh dbajunya tulisan aksara jawa,hehe,nah,kalo itu saya tau pastinya..:-D

    “di jogja ada amplaz juga ya??” *gag nyambung*

    Posted by Prasetya Yudha | Thursday, 9 April 2009, 17:26
  23. jahh. telat… udah ketauan.. ga seru lagi deh..

    “tapi kalo ada emo tetep seru kok…”

    Posted by eMo | Friday, 10 April 2009, 15:24
  24. Perhatikan gak tadi Almas pake baju apa? Setelah kopdar 1 pake “tete momo loko dia”, kopdar 2 tadi dia pake baju bertuliskan “alifuru warrior”. Kacau juga tuh anak. Mau tahu gak warrior-nya Alifuru kayak apa? Serem juga lho pak…..

    “wah cepet banget ca… baru kopdar langsung komen.
    iya tadi pas mau liat, sama almas ditutupin, takut dipostingin lagi kali hehehe bisa2 jadi tersangka lagi..
    Kalo alifuru tau, tapi warriornya gag tau gimana. Eh tapi liat almas juga udah serem hahahha….”

    *ngaciirrrr*

    Posted by Eby | Saturday, 11 April 2009, 19:29
  25. :evil:
    *mikir besok make daster bertuliskan ******edit*
    :lol:

    alifuru ga seram kok.. jungkis aja kali hehehhee
    :lol:

    “kutunggu dastermu……selalu…”

    Posted by almascatie | Sunday, 12 April 2009, 04:04
  26. Alifurunya gak seram, warriornya tuh. Katanya baju kebesarannya yangtangan tiga itu. Maksudnya apa yak? Bisa jawabkah dirimu mas Almas?
    #bayangin almas pake daster*

    “ni tanggung jawab om almas, kenapa ca eby jadi serem gini..”
    *clingak almas clinguk eby*

    Posted by Eby | Sunday, 12 April 2009, 10:28
  27. weh.. masak eby malah suruh sayah pake daster???
    aku masih laki-laki sejati kok *halah*
    nanti aja dah dijawabnya.. skr sayah masih sibuk ngurusin pemilu dulu hwakakakakka
    *alesyan*
    :mrgreen:

    “keknya pantes juga kok… cepet lho kutunggu bener2 dasternya wakakaka…”

    Posted by almascatie | Monday, 13 April 2009, 12:07
  28. woooooooooooooooooo

    *injak2 masrur pake kaki gajah*

    :evil:

    ada ya???
    *siapin backpack nyari gajah di ambon*

    Posted by almascatie | Monday, 13 April 2009, 14:25
  29. huaa..sama sekali ga ngerti niy bhsa ambon,scara aq wong jowo,,hehe
    apa dunk artinya maz,,kasi tau ya.. :)

    “tete momo artinya almascatie, loko dia artinya juga almascatie, so intinya tanya almascatie hahahhahaa… kalo nggak salah sih, hantu tangkap dia gitu… (nggo meden2ni arek cilik hehe)”

    Posted by tie2n | Monday, 13 April 2009, 17:42
  30. Wakakakak…….

    Sesama gajah jangan saling menginjak. Skali-skali pake daster gak apa kali. Apalagi sambil maen bola. Ting, gimana kalo acara deklarasi dibuka dengan maen bola pake daster bertuliskan …… (isi sendiri)

    “biar diinjek gajah gak masalah yang penting; ayoooo semua ndukung almas pake daster hehhehhe horrayyy….”
    *milih2 daster yang cocok*

    Posted by Eby | Tuesday, 14 April 2009, 09:12
  31. trus apa artinya coba tuh bikin penasaran ajah

    “pokoknya jangan nangis biar tete momo ngga loko dinda hehehe…”

    Posted by dindacute | Tuesday, 14 April 2009, 13:19
  32. suerrr ewer ewer diriku ngak tau artinya

    “untung nggak tau… syukur-syukurr…”

    Posted by suwung | Tuesday, 14 April 2009, 15:46
  33. mas aku lahi cari dikamus cuma bingung kamus apa yang dicari.ya udah terserah ajah deh.

    “setelah muter2 nyari orang ambon, akhirnya ngerti tete momo itu hantuuuuu, loko itu tangkepp…hiiiii… hantu tangkep dia tuh…gitu om..”

    Posted by kawanlama95 | Tuesday, 14 April 2009, 16:30
  34. apanya yang nikmat???

    “yang dapat dinikmati dengan nikmat hehe…”

    Posted by hellgalicious | Tuesday, 14 April 2009, 21:31
  35. Tete momo th tetek molor..Yaitu hantu kalong wewe th lho..

    “hahahhaha…itu sodara kembarnya kali ya… hahahhaha… hahahhaa…”

    Posted by Radhitya | Thursday, 16 April 2009, 12:27
  36. masih banyak istilah-istilah masyarakat ambon yang bisa bikin abg ketwa, n’ bila perlu mpe pagi!!
    makanya jalan-jalan ja ke desa-desa maybe da istilah baru yang bakal abg dngar dech!!!!!!!!!!1

    “ayo..ayo… tapi anterin dong.. biar bisa ngakak bareng sekalian kamu ta jadiin kamus hidup wakakakakakaaaak….”

    Posted by adhy | Saturday, 18 April 2009, 16:20
  37. tete momo itu mungkin dalam bhasa jawanya wewe gombel kale yah :)

    “ya bisa gitu juga…. :mrgreen:

    Posted by 1nd1r4 | Monday, 20 April 2009, 11:23
  38. If I had a nickel for each time I came to muhamaze.wordpress.com.. Incredible writing!

    Posted by Clint Charles | Saturday, 29 May 2010, 03:57

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: