::
you're reading
KOMPETISI

Saatnya Maju Ekspor Indonesia

125x125px_hijauSedih bila kita melihat kondisi hutan kita yang termakan habis oleh ganasnya ilegal logging. Padahal kita juga tahu, hutan kita itu menyimpan kekayaan jenis sumberdaya alam yang melimpah; kayu, rotan, tanaman obat, dan sumber daya lain yang tentunya sangat bermanfaat untuk pemenuhan hajat hidup orang banyak. Adanya isu ilegal logging itu juga berdampak nyata terhadap usaha atau industri furniture kayu yang notabene bahan bakunya berasal dari hasil hutan tersebut.

Ekspor furniture Indonesia ke beberapa negara tahun 2008 yang lalu menurun sampai 50% terutama yang berbahan baku rotan, sedangkan untuk yang berbahan kayu ditargetkan mengalami kenaikan 20%. Negara-negara tujuan ekspor antara lain Amerika dan beberapa negara Eropa, dan saat ini sedang digalakkan untuk tujuan ekspor di kawasan Timur Tengah. Usaha untuk memacu ekspor furniture ke beberapa negara memang sangat penting dan perlu untuk terus dilakukan. Mengapa demikian..?

Kita lihat saja, berapa jumlah sumberdaya kayu dan rotan yang ada di hutan-hutan Indonesia yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku furniture, pasti sangat melimpah. Itu adalah salah satu jaminan bahwa bahan baku kita lebih unggul daripada negara lain, asalkan tidak ada kejadian perusakan atau pembalakan liar yang terjadi pada hutan kita. Sudah terang satu masalah, kita unggul sumberdaya bahan baku.

Namun fenomena yang sekarang terjadi adalah kebanyakan ekspor adalah bahan baku. Hal ini perlu dicegah, karena bahan baku pasti akan dihargai lebih murah dibandingkan dengan barang jadi. Selain itu, ekspor bahan baku yang besar akan mengakibatkan usaha atau industri furniture dalam negeri bisa kelabakan karena kesulitan bahan baku. Jadi ekspor bahan baku perlu dibatasi atau bila perlu dicegah oleh pemerintah tentunya. Bila bahan baku tersedia dalam jumlah yang cukup, maka industri furniture akan semakin mudah untuk menghasilkan produk-produknya.

Dua hal diatas kayaknya belum cukup bila tidak diimbangi dengan desain produk yang menarik. Ini perlu sekali, karena masyarakat sekarang lebih cenderung melihat sesuatu dari desain yang ada, setelah itu baru melihat bahan yang dipakai. Jadi sangat diperlukan usaha dari para pelaku industri furniture untuk merangkul para pelaku desain atau pembuat model yang nantinya dapat menciptakan desain-desain furniture unggul tetapi tanpa meninggalkan citarasa Indonesia.

Inilah contoh-contoh desain produk furniture dalam negeri:

himalaya

himalaya

ibiza

ibiza

tetris

tetris

malibu

malibu

Setelah bahan baku tersedia, desain mantabs, maka diperlukan pula usaha pemasaran atau promosi yang yahuud.. Itu dapat dilakukan dengan penyelenggaraan pameran furniture baik nasional maupun internasional, promosi lewat televisi, radio, dan media massa cetak. Selain itu juga jangan dilupakan promosi lewat blog semacam ini. Dan ini kayaknya paling penting untuk dilakukan karena melalui dunia maya, informasi apapun akan cepat diterima dari dan ke seluruh penjuru dunia, termasuk produk furniture Indonesia.

Tidak berlebihan jika kita mengatakan bahwa dengan dukungan sumberdaya alam yang beragam, dorongan pemerintah, desain yang mantap, usaha promosi dan pemasaran yang dikemas secara profesional, maka kita yakin dan percaya ekspor furniture Indonesia akan maju dan berkembang dengan pesat.

Majulah ekspor Indonesia….. menuju Indonesia lebih mandiri dan sejahtera…!!!

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

66 thoughts on “Saatnya Maju Ekspor Indonesia

  1. Wach tenyata Ekspor Furniture yang diperkirakan maju

    kalo Aden punya perkiraan sendiri:”Ekspor TKI tahun depan naik 20%”!

    Jeporo memang hueeebbbbaaaaaaaaat, Ukirane terkenal tekan manca negara

    “furniture maju oke mantabs, tapi kalo TKI waduh… mumett..”
    *geleng-geleng kepala*

    Posted by Aden Kejawen | Tuesday, 28 April 2009, 15:47
  2. saya percaya kang,
    suatu saat Indonesia bisa ekspor barang jadi kualitas yahud, bukan cuma barang baku saja.
    saya juga dukung Indonesia untuk menjadi yang terbaik! :)

    “yap.. Indonesia harus bisa bangkit untuk mandiri dan sejahtera..”

    Posted by rayyahidayat | Tuesday, 28 April 2009, 17:39
  3. sayang banyak yang ekspor bahan mentahnya

    “itu yang repot om… industri dalam negeri jadi nggak kebagian bahan baku..”

    Posted by soewoengkosong | Tuesday, 28 April 2009, 18:30
  4. salah buat linnk

    “kok aku bingung yah… maksudnya..??”

    Posted by suwung | Tuesday, 28 April 2009, 18:35
  5. Maluku harusnya salah satu yang terdepan di dunia furniture tuh…kan masih banyak kayu berkualitas di pulau seram…

    “tapi banyak juga yang habis dibabat kok… parah..”

    Posted by Adis | Tuesday, 28 April 2009, 18:42
  6. Iya, Aku juga percaya kl kelak kita gk akan kalah dalam hal furniture di tingkat pasar internasional bukan malah bahan mentahnya. Kita pasti bisa!!! Semangat…

    “jika semua itu untuk kemajuan Indonesia, kita harus semangat..!!!”

    Posted by wahyuapriani | Tuesday, 28 April 2009, 18:57
  7. Wah ternyata produk furniture dalam negeri tidak kalah dg luar negeri. Harusnya kita bangga dengan produksi dalam negeri.

    “harus itu om, cintailah produk dalam negeri..”

    Posted by Tuyi | Tuesday, 28 April 2009, 19:19
  8. wah..semoga bisa berkembang

    “amiin….”

    Posted by annosmile | Tuesday, 28 April 2009, 19:54
  9. mendukung indonesia go ekspor…

    “mantabs om…
    eh tapi tadi masuk spam lho..?

    Posted by manusiahero | Tuesday, 28 April 2009, 22:35
  10. hm…..cintailah produk dalam negeri ??? ok, kalau gitu aku cinta cowo dalam negeri aja deh…. :D

    “eitt.. jangan salah, produk lokal juga banyak yang mantabs… begitu pula cowo2nya… termasuk saya hahahahaa….

    Posted by frozzy | Tuesday, 28 April 2009, 22:37
  11. Cintailah produk-produk dalam negeri … semangat … Maju terus Ekspor Indonesia …… Majuuuuuuu
    Salam kenal

    “mantabs… setuju banget, ayo majulah Indonesiaku..
    salam kenal juga om”

    Posted by Kulitintacetak | Tuesday, 28 April 2009, 23:15
  12. iya sih..saya juga mengharapkan indonesia bisa lebih maju dan berkembang lagi di bidang ekpor…..jadi nggak ngimpor terus…
    apalagi ngimpor beras, secara negeri kita kan agraria….ntar, apa kata dunia ??!!

    “bila kita kerja keras dan kreatif, rasanya tidak ada yang sulit (kaliii)…”

    Posted by Prasetya Yudha | Wednesday, 29 April 2009, 07:12
  13. hueeee …. itu mungkin karya bangsa sendiri yang kurang di minati / di hargai bangsa kita sendiri dalam arti tidak cinta produk dalam negeri jadinya bahan baku di ekspor trusss impor barang jadinya … wahahahahaa…..

    “itu dia… kita perlu untuk lebih kreatif biar tambah cinta produk pribumi dan nantinya bisa diekspor… mantabs..”

    Posted by olip | Wednesday, 29 April 2009, 10:33
  14. tulisannya beraatt….

    Anyway SEMANGAT brader…..

    terimakasih sudah mampir ^_^

    “waduh… udah nimbang ya mbak..? oke tetep semangat…
    makasih juga udah kunjung balik..”

    Posted by shofiyah | Wednesday, 29 April 2009, 10:58
  15. kampung saya kebetulan dekat dengan hutan-hutan jati di blora, satu yang mbuat saya sedih mas, hutan ndak pernah menyejahterakan rakyat di sekelilingnya. ndak usah heran kalo illegal logging masih marak

    “itulah.. kenapa pemerintah tidak menindak tegas para ilegal logger itu…
    mereka asyik ongkang2, sedangkan rakyat sekitar tetep sengsara.. pemerintah gimana nih..???”

    Posted by mas stein | Wednesday, 29 April 2009, 11:41
  16. jaya eksport indonesia… postingan yang berkualitassss… mengajak kita untuk menuju eksport indonesia yang berkualitas.

    “iya… ayo… jangan hanya ekspor TKW hahahaha…”

    Posted by ria manies | Wednesday, 29 April 2009, 11:42
  17. semangat indonesiaku
    walau bagaimanapun keadaanmu
    byme

    “yoi semangatlah negeriku..
    oya, kok kespam ya tadi..??”

    Posted by byme | Wednesday, 29 April 2009, 12:08
  18. wahhh keren ya buatan dalam negri…kalo masalah harga gimana bang???

    “keknnya harganya juga bersaing ya… nggak tau lebih murah ato lebih mahal ya..
    hehehheee..”

    Posted by casual cutie | Wednesday, 29 April 2009, 12:26
  19. wah ini artikel buat kontes ya?
    haaahhhh… makanya heran ama pemerintah. wong katanya pada S1 tapi kok ya dodol gitu loh? harusnya mereka mengajak wiraswasta Indonesia untuk memajukan usaha yang berpotensi untuk diekspor tanpa merugikan bangsa sendiri.

    “yah kebetulan ada kontes menarik..
    yah kadang pemerintah kurang mendukung usaha kecil menengah dalam hal pemodalan dan penyediaan bahan baku… kan repoottt…”

    Posted by macangadungan | Wednesday, 29 April 2009, 12:27
  20. harus ada peraturan yg mengatur masalah ekspor bahan baku.
    kalo gak begitu, para pengusaha bandel pasti terus milih utk nebelin dompet drpd nasionalisme.

    “setuju mbak…. kalo nggak ada aturan, bisa2 bahan baku industri kita habis diboyong ke negara laen..”

    Posted by zee | Wednesday, 29 April 2009, 12:59
  21. Dan kita juga harus bisa mengekspor tenaga2 kerja handal kita seperti insinyur2 kelas dunia ke negara2 lain. Seperti Korea dan Jepang yang banyak mengekspor tenaga kerja handalnya ke seluruh dunia. Moso kita cuma terkenal mengekspor TKW sekelas pembantu rumah tangga saja terus sih dari dulu sampai sekarang?? :( Ayo, majulah Indonesia!

    “mantabs.. setuju om..
    tapi disisain juga yang pinter2 untuk Indonesianya sendiri biar lebih majuu…”

    Posted by Yari NK | Wednesday, 29 April 2009, 13:03
  22. Ekspor itu penting namun jangan keterlaluan dan ingat mari kita berantas Illegal Logging..

    Semangat

    “ekspor secara cerdas gitu… setuju stop ilegal logging…”

    Posted by bocahbancar | Wednesday, 29 April 2009, 13:11
  23. mas kapan balik , kita ketemuan ya di kaliori. salam hangat kawan

    “wah… beneran nih om..???”

    Posted by Andioka | Wednesday, 29 April 2009, 15:31
  24. ehh mas sekarang lagi ngebahas exim ya…sori . gimana kalo kita export garam aja , kan panjang pantai negara kita ….brp?, panjang banget kan . nah kalo kita garap buat kebun garam, berapa ton perharinya tuh mas…

    “hahaha… itu kayaknya ide brilian ato karena nggak mau kalah sama yang ekspor pasir hahaha…”

    Posted by Andioka | Wednesday, 29 April 2009, 15:34
  25. eksport karibo ae lho.. laris pokoknya..
    skr karibo dah mulai langka di ambon, dah banyak rambu rakitan semua :p

    “ya udah, om almas cari yang karibo2 itu… biar ta ekspor keluar ambon haahhaa..”

    Posted by almascatie | Wednesday, 29 April 2009, 17:32
  26. Tidak berlebihan jika kita mengatakan bahwa dengan dukungan sumberdaya alam yang beragam, dorongan pemerintah, desain yang mantap, usaha promosi dan pemasaran yang dikemas secara profesional, maka kita yakin dan percaya ekspor furniture Indonesia akan maju dan berkembang dengan pesat.

    apakah indonesia sudah memiliki itu semua??
    dukungan pemerintah sepertinya masih belum maksimal..
    tetep semangat indonesia..

    “iya bener, pemerintah kurang tanggap (dalam segala hal) heheh”

    Posted by oRiDo™ | Wednesday, 29 April 2009, 17:42
  27. sore mas?
    gmn kabar nih… berkali2 mau berkunjung, tapi susah banget euy,, hamdulillah ini bisa..

    hmm… saatnya kita menjadi bangsa yang mandiri.. sebagai warga yang baik, hendaknya selalu menghargai hasil karya pribumi :)

    “sore jg om… ooh susah kah? mungkin karena harus nyebrang laut jauh ke ambon hehe..
    sungguh hebat jika kita bisa mandiri dan maju..”

    Posted by Itmam | Wednesday, 29 April 2009, 19:26
  28. susah bgd..
    mw maen k tmpt pak lek susah, post terbruny pak lek jg brat..
    ktmu UN taon dpn horor, ulangn vck td pg jg suusahh..
    gbr produk dlm negriny bgs2 pak lek..
    emang, produk dlm negri tuh kren2..

    p.s:
    karibo apaan c?

    “susaah..?? yah mungkin memang benar, untuk ndapetin yang bagus perlu susah hehehe..
    hohoho vck susah..?? ndak belajar ya… ponakan pak lek jangan muales donk..
    iya, kalo dilihat lebih mendalam, pribumi sebenarnya keren dan ndak kalah saing sama negara lain”

    hehehe karibo itu… kriwel-kriwel mbundet :mrgreen:

    Posted by yak | Thursday, 30 April 2009, 00:39
  29. karibo ntu mksudny kribo y?

    “nah tuh ngarti…”

    Posted by yak | Thursday, 30 April 2009, 00:44
  30. di Indonesia memang seharusnya setiap hari itu hari bumi biar pada nanem aja kerjanya, bukan nebang aja kerjanya …

    *sok tahu*

    “yang tanem tanem… yang tebang tebang… begitulah Indonesia…”

    Posted by Rindu | Thursday, 30 April 2009, 05:31
  31. Pkokx maju terus de bwt indonesia,
    Makash dah mampir

    “amiin… ya sama-sama..”

    Posted by newbiedika | Thursday, 30 April 2009, 10:03
  32. ane g mlas..
    ane dah usaha blajar pak lek..
    dah mnjm bku tmen, dah nanya2 tmen, dah bca doa jga..
    guruny emang jrg ngjar pak lek, kbnyakn ngasih tgs doank..
    makanny ane tkut ma vck..
    *apa kbr UN taon dpn?

    dlw pas sma, vckny pak lek gmn?

    “haha.. ya..ya..ya.. pokoknya segala upaya dilakukan agar hasil optimal dan baik tentu saja..
    vck dulu… ya sama kek sekarang, bikin rambut karibo kaya om enstin.. :lol:

    Posted by yak | Thursday, 30 April 2009, 10:48
  33. bagus banget ya kak…:) mudah2an kita semua lebih mencintai produk dalam negri (*fotomu menginspirasiku akan satu hal…sik bentar…eh boleh tak comot gambare tho kak..? :)

    “ya kalo bukan kita siapa lagi..
    bdw, poto yang mana de…? boleh..boleh.. comot aja..”

    Posted by diajeng | Thursday, 30 April 2009, 12:04
  34. jadi…lebaran pulang banyumas kan kak..?uhm… :)

    “insyaalloh… ade masih disitu kan..?”

    Posted by diajeng | Thursday, 30 April 2009, 12:05
  35. Ha…ha,,, pengamat ekonomi yach?????????

    “haha.. susah..”

    Posted by adhy | Thursday, 30 April 2009, 15:38
  36. abg muh, alamat facebooknya donk??? adhy pengen nanya sesuatu!!!!!!!!!!

    “tanya apa boss, kesannya kok penting banget gitu…”

    Posted by adhy | Thursday, 30 April 2009, 15:45
  37. indonesia udsah ekspor apa aj????????

    “yang jelas ekspor TKW hahahha…”

    Posted by ngeselin | Thursday, 30 April 2009, 16:48
  38. wow, ternyata kayu” kita gak kalah sama negeri orang. ayo, mumpung dollar tinggi ekspor yang banyak. ntar pas rendah, ya ditingkatkan lagi ekspor-nya… hehe…

    btw, gw balik lagi nih ke blogsphere. apa kabar? masih inget kan?

    “jangan ekspor kayunya donk.. ekspor produk dari kayu itu..
    wah akhirnya bisa balik juga, jelass masih inget om..

    Posted by diazhandsome | Thursday, 30 April 2009, 17:50
  39. Siipp… ^^

    promosiinn di blog… ^^

    btw, saya link blognya ya…
    biar gampang kemari…
    trimz…

    “mantabs..
    ya boleh saja.. link saja, sering2 mampir ya..”

    Posted by Nisa | Thursday, 30 April 2009, 18:08
  40. mas…blog ini saya link di blog saya ya..thanx..

    “oya boleh silakan.. monggo-monggo… hehe..”

    Posted by Kus Andriadi | Thursday, 30 April 2009, 19:46
  41. semoga saja benar benar menjadi pengamat econom yg yahud tuk negara ini nantinya heheheh……….
    selamat sore
    salam hangat dalam dimensinya blue

    waduw… pengamat ekonomi krupuk kali… heheh..”

    Posted by kezedot | Friday, 1 May 2009, 18:49
  42. berkunjung lagi nih.
    pa kabarnya?

    “alhamdulilah kabar baik..
    makasih dah berkunjung..”

    Posted by imuhamadi | Saturday, 2 May 2009, 02:37
  43. memang kalau di teori ekonomi sih begitu,,,dan untuk jangka panjang memang demikian
    tapi untuk saat ini sepertinya untuk bertahan hidup, ekspor agak kurang bisa diharapkan..
    btw, nice post :)

    “yaah.. paling tidak masih ada kata optimis..”

    Posted by wennyaulia | Saturday, 2 May 2009, 02:51
  44. lagi liburan dr aktifitas dunia maya y pak lek…

    “kok tau..nduk? ni dah nongol lagi menyusuri dunia maya, tadi siang baru balik banting tulang hehe..”

    Posted by yak | Saturday, 2 May 2009, 14:47
  45. @Yak
    pak lek mu lagi cari rambut keriting buat di ekspor…. Le’
    udah belajar sanah dulu… ntunggu pak lek mu mbalik yoh le’

    “… dan ternyata yang keriting itu ada si salobar hahahaha…”

    Posted by almascatie | Saturday, 2 May 2009, 20:37
  46. beuh… negara kita mengekspor bahan baku, lalu mengimpor barang dari luar yang notabene diproduksi menggunakan bahan baku dari negara kita tadi…

    herannya angka ekspor TKI tetap saja tinggi, padahal berita soal menderitanya ribuan TKI sudah gembar-gembor di tivi…

    “itulah Indonesia kita tercinta…”

    Posted by Infinite Justice | Sunday, 3 May 2009, 01:15
  47. ok
    moga maju expor indonesia
    jangan cuma hanya impor mulu kan malu
    :)

    “setuju om…”

    Posted by Rusa Bawean™ | Sunday, 3 May 2009, 21:43
  48. blue cinta produk indonesia .
    kecuali kalau ada cew indo nggak knapa lah ok
    salam hangat dalam dimensinya blue

    “haha.. bisa aja blue..”

    Posted by kezedot | Tuesday, 5 May 2009, 23:08
  49. contohnya saya, saya melihat suatu barang dari designya dulu, baru bahannya apa..

    sip tulisannya.. sangat mudah dipahami..

    “dan kebanyakan orang seperti itu…
    syukurlah kalo paham hhehhee…”

    Posted by ndop | Wednesday, 6 May 2009, 01:17
  50. berkunjung kemari. . . apa kabar mas ? :D

    “kabar baik ndu’.. :D

    Posted by Nisa | Wednesday, 6 May 2009, 05:23
  51. pagi,
    semangat semangat
    salam hangat dalam dimensinya blue

    “pagi ini aku semangat, barca lolos final hahahaha…”

    Posted by derohman | Wednesday, 6 May 2009, 11:35
  52. aku mo ekspor apa yach ???
    ada ide ??

    “apa saja pak dhe, yang penting mantabs.. hehe..”

    Posted by Pak Dhe Wicak | Thursday, 7 May 2009, 00:08
  53. smoga ekspor indonesia meningkat

    “amin… amiiin…”

    Posted by shaleh | Thursday, 7 May 2009, 10:45
  54. mana oleh2ny..???

    “kalo mau, ambil ndiri nih heheh..”

    Posted by yak | Thursday, 7 May 2009, 10:55
  55. tuh… uda kukerjain pe-ernya. hehe.

    “bagus…. baguss…”

    Posted by konohanasakuya | Thursday, 7 May 2009, 12:27
  56. benar ya abang mau menanti kedatangan blue disana?
    salam hangat dalam dimensinya blue

    “sungguh terasa indahnya bila….”

    Posted by kezedot | Thursday, 7 May 2009, 23:51
  57. oh iya yah… hehe. coba kalo 1 lemari untung 5 dollar, 100 lemari bisa 500 dollar. lumayan kan? :D

    btw, kok dipanggil om sih?

    “nah itu dia hehe…
    oooh nggak boleh panggil om ya, brarti panggil kakek ya hahahhaa…”

    Posted by diazhandsome | Friday, 8 May 2009, 00:12
  58. Uih…Banting stir jadi ekonom neh nyong?…Haha
    Bagus lah, biar dunia kita bisa makin berwarna, jangan hanya berkutat dengan ekologi!..
    Btw, pencerahan baru neh..

    “aih..aih… hari gini pokoknya apa aja sikattt…
    asal baik dan halal.. *halah*

    Posted by savedesea | Friday, 8 May 2009, 09:11
  59. makin kreatif aja bro…keep gO*blOg!

    “harus donk…. gO..blOg..!!”

    Posted by ana | Friday, 8 May 2009, 14:36
  60. Gimana kabarnya mas?

    “kabar baik om..”

    Posted by jumal029 | Friday, 8 May 2009, 15:37
  61. ada ekspor yang terus meningkat kang, selain kayu…. yaitu kayuwati…. hehehehe alias TKW

    “haha… angger kuwe wis dudu rahasia maning… “

    Posted by madhysta | Friday, 8 May 2009, 21:50
  62. mkasudnya lingknya harusnya ke soewoeng eh ke soewoeng kosong gitu bos

    “oh gitu… hehe..”

    Posted by suwung | Sunday, 10 May 2009, 18:42
  63. salam kenal mas…

    tenang aja mas, saat ini kebanggan kita nertambah 1 lagi…KERIS kita sudah dijadikan warisan milik dunia mas…

    so..berbanggalah jadi anak bangsa, karna semakin kesini, kita semakin dikenal dan diakui mas…

    salut wat mas yg mw posting hal2 seperti ini…

    sering2 deh saya nongol kesini…

    “sudah seharusnyalah kita bangga atas prestasi yang ada pada bangsa ini..
    ya moga2 berprestasi terus, tapi yang baik2 saja ya…
    jangan korupsinya aja yang rankingnya tinggi hehee…
    tengkyu sahabat..”

    Posted by Pasang Iklan | Thursday, 14 May 2009, 13:53
  64. iya. ada seorang konsultan ADB mengatakan bahwa China punya stok kayu 11 tahun, jika masih produksi seperti sekarang. Lha negara ini dapat kayu dari mana, jika di China tidak ada hutan yang besar.

    Bagaimana bisa bersaing dengan CHina, kalau stok kayu digerogoti illegal lodging.

    http://jeparaworld.wordpress.com/2009/05/16/strategi-memajukan-ekspor-furniture-indonesia/

    “harusnya pemerintah tegas terhadap pelaku ilegal logging. semua tau, itu sangat merugikan bangsa.. termasuk mempengaruhi industri furniture dalam negeri…”

    Posted by jttcjepara | Tuesday, 19 May 2009, 15:30
  65. Waah selamat! Sampai jumpa di Solo :)

    “sama-sama mbak, semoga bisa berjumpa”

    Posted by shirley | Wednesday, 17 June 2009, 14:03

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: masih tertatih « banyumas – ambon pp - Tuesday, 22 February 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: