::
you're reading
NOSTALGIA

megah lebih indah bila giatnya ibadah

Mari kembali ke masjid, memahami dan merenungkan kembali hakikat tujuan kita diciptakan oleh Sang Kuasa, ya benar beribadah. Kali ini inginku mengetuk hati sahabat dengan seutas tanya, kapan terakhir kali sahabat menghadiri panggilan masjid melalui adzan sang muadzin yang menggema..? Alhamdulilah kalau ternyata setiap waktu kita dapat memenuhi panggilannya. Namun sangat merugi bila kita tidak lagi menyentuh tempat sujudnya dan tak menghiraukan panggilannya satu kalipun. Segeralah mumpung waktu masih ada dan umur masih tersisa.

masjid5

Bila kita melihat masjid, begitu beragam dan melimpah megahnya. Aku teringat akhir Oktober tahun lalu ketika  main ke tempat kakak ipar di Kendal, sekalian mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang. Begitu megah ternyata.

masjid

Masjid ini dibangun tahun 2001 sampai 2006, dan diresmikan oleh SBY 14 November 2006 berada pada lahan sekitar 10 hektar. Bisa menampung sekitar 13.000 jama’ah. Desain yang unik dan aneh, yang meneladani prinsip gugus model kluster dari Masjid Nabawi di Madinah. Bentuk penampilan arsitekturnya merupakan gubahan baru yang mengambil model dari tradisi para wali dengan membubuhkan corak universal arsitektur Islam pada bangunan pusatnya dengan menonjolkan kubah utama yang dilengkapi dengan minaret runcing menjulang di keempat sisinya.

masjid3

Serambi terdapat enam payung raksasa yang membuka otomatis saat waktu sholat tiba. Selain itu terdapat pula menara besar nan tinggi dimana kita bisa naik ke atas untuk melihat masjid dari atas dan melihat kota Semarang. Masjid juga dilengkapi fasilitas-fasilitas pendukung lainnya seperti uang kantor, ruang kursus dan pelatihan, ruang perpustakaan, ruang akad nikah dan auditorium. Di sekitar kompleks juga dibangun galeri pertokoan, ruang kantor yang disewakan, hotel dan toko cinderamata dalam upaya penggalian dana. Lengkap sudah.

masjid2

Indah dan megah memang. Namun apakah itu sudah jaminan bila semangat ibadah di wilayah itu juga semegah masjidnya. Kayaknya perlu dipertanyakan kembali pada hati masing-masing dan hati kita pula yang bisa menjawabnya. Semoga makin megah masjidnya, makin giat pula ibadahnya. Amiin….

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

29 thoughts on “megah lebih indah bila giatnya ibadah

  1. mesjidnya bagus paklek….

    “bukan paklek yang bikin, paklek moto doank hehehe..”

    Posted by yak | Saturday, 30 May 2009, 17:55
  2. yee, ane juga tau kalo bkan paklek yg bkin mesjidnya..
    jemaahnya rame gak?

    “hahahaa… dulu sih jemaahnya banyak nduk…”

    Posted by yak | Sunday, 31 May 2009, 11:36
  3. wah kalau blue shalat disana tambah adem aza yah wajah blue
    i love masdjid
    salam hangat selalu

    “kapan2 sholat disana blue”

    Posted by kezedot | Sunday, 31 May 2009, 20:20
  4. Subhanallah … ^^

    Hayyuukk… muda-mudi… kita jadi generasi yang hatinya tertaut pada masjid… ^^

    “ayo muda mudi anak2 kakek nenek semuanya…”

    Posted by Nisa | Sunday, 31 May 2009, 21:30
  5. keren tuh bangunan masjidnya.
    amiiiiin. semoga kita bsa lebi giat ibadahnya.

    “amiin… keren masjidnya, giat ibadahnya…”

    Posted by konohanasakuya keren | Sunday, 31 May 2009, 21:53
  6. lagi talak 1 sama FB neeh…. aktif ngeblog dan komen lintas blog lagi ah… rindu juga ternyata. FB…bozeeeeen

    “hahaa… FB:Full Bosenn… ngeblog lagiii…”

    Posted by hamidin krazan | Monday, 1 June 2009, 01:21
  7. Tanda-tanda kiyamat memang ngono mas, mejid-te luwih apik timbang omahe, neng ngendi-endi okeh mejid apik, ning kosong isine. Wonge dho milih neng malljid :roll: Mulane nek goleh maratuwa sing apik omahe sing cedhak mejid

    “morotuoku umahe cedak masjid kang… alhamdulilah giat ibadah juga…”

    Posted by WANDI thok | Monday, 1 June 2009, 05:16
  8. jos gandhos

    “top markotop…”

    Posted by adis | Monday, 1 June 2009, 09:28
  9. hanya tampilan saja yang deperbagus sementara substansi tidak terperhatikan….
    sepanjang jalan banyak masyarakat setempat mengais sumbangan dari pengguna jalan untuk pembangunan mesjid, sementara saat sang waktu memanggil untuk laporannya, mereka tetap di jalan……

    “itulah mas, ketika agama sebagai alasan dan hiasan saja..”

    Posted by komuter | Monday, 1 June 2009, 11:30
  10. waduh! masjidnya bagus@ smua. kok nggak ada yang di Al_Fattah sih? itu kan bagus juga?

    “tuh kan masjid agung semarang, alfatah edisi berikut hehe..

    Posted by ello | Monday, 1 June 2009, 12:48
  11. semoga bukan hanya kemegahan masjidnya ya mas tapi isi dari masjid itus endiri yaitu jumlah jemaah juga bisa membludak…

    “amiiin.. itu yang dicari…”

    Posted by omiyan | Monday, 1 June 2009, 13:05
  12. siang bang
    pa cabar?
    semangat ya ok

    “siang blue, alhamdulilah kabar baik…”

    Posted by kezedot | Monday, 1 June 2009, 16:27
  13. hmh……..speechless….termasuk yang kadang lupa…

    “sama mbak, kadang kaki ini berat untuk tergerak ke mesjid…”

    Posted by frozzy | Monday, 1 June 2009, 17:29
  14. datang memnyapa abang kita ini
    selamat malam
    salam hangat selalu
    semangat ok

    “blue menyapaku tiap waktu tapi aku belum sempat ke rumahmu…”

    Posted by kezedot | Tuesday, 2 June 2009, 21:05
  15. Wah masjidnya keren…
    Lebih keren kalo banyak jamaahnya..
    Soalnya terkadang masjid megah tapi ga’ ada jamaah..

    “itulah masalahnya kang….”

    Posted by tuyi | Wednesday, 3 June 2009, 10:50
  16. Semoga ja kita jadi rajin beribadah ya Om..

    Btw kendal tuh dekat tempat desya Om, dulu desya tinggal di semarang

    “amiiiiin… amiiiiinn…
    oh Kendal tho… ntar kalo aku maen lagi ta hubungi yaa…”

    Posted by radesya | Wednesday, 3 June 2009, 14:35
  17. jadi inget waktu pertama ke jakarta, sholat di masjid at tien TMII, dasar ndeso, begitu masuk langsung terkagum-kagum, walah tingginya, gedenya… :mrgreen:

    “iyah, masjid Indonesia banyak yang keren2… moga jamaahnya juga khusyuk…”

    Posted by mas stein | Wednesday, 3 June 2009, 17:46
  18. Bismillah, kami yang memulai untuk memakmurkan masjid insya Allah.

    “alhamdulilah… semangattt mas….”

    Posted by Ramdhan | Wednesday, 3 June 2009, 19:38
  19. Kok hulung apdet mas?

    “hulung kang… mayes..”

    Posted by WANDI thok | Wednesday, 3 June 2009, 22:00
  20. sekarang orang berlomba-lomba bangun mesjid yang besar dan indah, tapi gak mau berlomba-lomba mendatangi panggilan azannya…

    “bener banget tuh mas… gimana solusinya coba..?”

    Posted by Jaya | Thursday, 4 June 2009, 01:01
  21. SEKALANG SUDAH WAKTUNYA IMSYAK, HAIYO DIAPDET BOS.

    “hhhuuuwwaaaaaa…. *ngucek mripat*

    Posted by Wandi thok | Friday, 5 June 2009, 11:49
  22. siang bang
    i miss u
    salam hangat selalu
    pa cabar?
    semangat ya ok

    “siang blue, sory aku barusan pergi jauh, ini baru kembali…”

    Posted by bluethunderheart | Friday, 5 June 2009, 16:01
  23. bangunannya bagus. Fotonya juga bagus. :mrgreen:

    “semoga jamaahnya juga khusyuk dan bagus… hehe..”

    Posted by Rian Xavier | Friday, 5 June 2009, 20:08
  24. Sayangnya mesjid di skitar rumahku cukup jauh hingga tdk smpat berjama,ah jadi t,pks di rumah aja shalatnya yg penting rutin dari pada sekali 2 taon atau sekali seminggu.

    “semakin jauh semakin gede pahalanya om… tiap langkah ke mesjid pahala hehe..”

    Posted by jumal029 | Sunday, 7 June 2009, 17:24
  25. masjid akan nampak lebih megah jika dipenuhi oleh jamaah yg shalat di sana. saksikan masjid di sepanjang pantura jabar… sangat elok dan megah, sayangnya kanan-kiri masjid masih banyak gubuk2 yg kontras dengan kemegahan masjid.
    ke masjid yuk…

    “bener banget mas, sungguh miris melihatnya…”

    Posted by guskar | Sunday, 7 June 2009, 22:48
  26. lama ga kemari, maaf sobat, tes ujian winginane.. (heheh.. kok malah mbanyumasan kang..)
    masjid, yang pembangunannya terkadang minta bantuan disana sini, sampai di jalan raya, mengganggu pengguna jalan yang lewat.
    emang bener boss, terkadang semangat pembuatannya tak sebanding dengan semangat ibadahnya..
    menyedihkan :(

    “ya semoga semangat berjamaah di masjid ada di dada kaum muslimin… amiin..
    indah mesjidnya, semangat jamaahnya..”

    Posted by Itmam | Monday, 8 June 2009, 00:07
  27. WIS WAYAHE NGETOKNE MENEH MAS, OJO DITINGGAL SUWE2

    “mampet ide meneh kang….”

    Posted by Wandi thok | Monday, 8 June 2009, 17:01
  28. AYO AYO AYO GAGE HAPDET.

    “ngko sik kang…. lemesss…”

    Posted by Wandi thok | Monday, 8 June 2009, 17:08
  29. kadang kemegahan dan keindahan masjid tidak dibarengi dg kemegahan dan keindahan memakmurkannya.

    “betul sekali… selagi masih ada waktu, mari memakmurkan masjid kita..”

    Posted by Acha | Monday, 8 June 2009, 20:05

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: