::
you're reading
NOSTALGIA

RPUL & ATLAS

Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap, entah mengapa masa kecilku dulu begitu terobsesi dengan buku itu. Aku masih ingat betapa berharganya buku tersebut karena di dalamnya menyimpan berbagai macam informasi mengenai sejarah, budaya, kenegaraan, adat, negara-negara, nama-nama sungai dan lain sebagainya. Buku yang sederhana, kalo dibandingkan dengan Ensiklopedia ya jelas kalah, namun bila kita mempelajari RPUL juga tak ada habis-habisnya. Banyak sekali informasi yang dapat digali dan tentunya sangat bersinggungan dengan dunia sekolah karena informasi-informasi yang ada tak jarang keluar di ujian kelas maupun pada saat ada acara cerdas cermat dulu.

RPUL

Dan minggu kemarin pas lagi jalan-jalan ke toko buku, tak sengaja aku melihatnya (RPUL) dan langsung  membelinya. Tak tahu kenapa, sepertinya ada semacam rasa kangen yang membuncah (halah) saat aku teringat waktu SD kelas 4 saat pak Guru bertanya di mana Pekan Olahraga Nasional pertama kali digelar, semua murid tak tahu jawaban ketika aku teringat RPUL maka kuacungkan jari “Salatiga…” ya benaaar… pak Guru tersenyum manggut-manggut. Sungguh masih  banyak lagi pengetahuan lain yang bisa didapat dalam RPUL itu.

atlas

Aku juga teringat ketika sangat suka pada Atlas. Melihat peta-peta kepulauan Indonesia, bermain tebak-tebakan dengan kakakku, ibuku dan teman-teman sebayaku mencari lokasi di peta. Di mana Mojokerto, di mana Lhokseumawe, di mana Sumenep dan lokasi-lokasi lainnya, sungguh begitu menantang permainan itu. Efek positif dari semua itu aku jadi terpacu untuk tahu lebih banyak lagi tentang fenomena-fenomena yang ada di seluruh penjuru dunia. Saat kubaca RPUL menyebut Tembok Besar China, maka di Atlas kucari negara Cina, saat RPUL bicara tentang Samudra Atlantik dan Pasifik, maka Atlas menunjukanku kedua samudra itu. Benar-benar suatu paduan yang saling melengkapi. Dan mungkin akan lebih sempurna lagi bila ada Ensiklopedia Dunia, namun sayang saat itu aku belum punya. Namun meskipun begitu, dengan RPUL dan Atlas sungguh sangat membantuku untuk memahami tentang sejarah dan fenomena yang ada baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Harapanku semoga saja aku bisa berkeliling dunia melihat tempat-tempat istimewa yang tergambar dalam RPUL maupun Atlas, suatu saat semoga.

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

71 thoughts on “RPUL & ATLAS

  1. Nostalgia yang bermanfaat dari 1 buah buku anda sudah bisa seperti skrng,dari ATLAS nya mungking wkt kecil dulu aku juga sering tebak2 kan ama teman2.

    “ayoo baca… baca ayooo…”

    Posted by Mr.o2n | Sunday, 12 July 2009, 23:33
  2. *lirik potoh disamping*

    wallpaper kok jadi icon lgoo????
    masak diganti skr iks hahhahahhaha

    “wakakakaka…. gak ada AD/ART pemasangan logo toh..? :lol:

    Posted by almascatie | Monday, 13 July 2009, 00:32
  3. Dan minggu kemarin pas lagi jalan-jalan ke toko buku, tak sengaja aku melihatnya (RPUL) dan langsung membelinya.

    curiga…………… ni buku kemaren di umpetin dimana?? kok pas dibongkar cuman dua buku?? woooo yang ditunjukin cuman yang tentang cium2 doang =)) parah2 ketahuan belangnya nih om Mus =))

    *ngakak pagi2 di net*

    “belinya minggu kemarin, bukan sabtu wooy…
    mulus gini dibilang belang… *nimpuk pake sendal*

    Posted by almascatie | Monday, 13 July 2009, 00:33
  4. Yang terpenting untuk Ilmu Pengetahuan adalah harus rajin-rajin membaca….

    “banyak baca banyak lupa bukan banyak tau heheheh…”

    Posted by indra1082 | Monday, 13 July 2009, 12:21
  5. bener tuh bro… kadang soal ujian banyak juga ditemukan jawabannya di buku RPUL

    “wah ngandalin RPUL juga ya.. sama”

    Posted by Jaya | Monday, 13 July 2009, 12:32
  6. mas aku juga pengemar rpul wah asik loh kalo baca rpul. waktu sd rpul yang tebal bisa aku baca langsung selesai mas. waktu itu seeh.

    “kita sama mas.. bedanya aku gak bisa kebut langsung selesai..”

    Posted by kawanlama95 | Monday, 13 July 2009, 13:03
  7. huhuhuhuh…RPUL, jadi inget pas hang out sama temen, maen quiz2an, yang notabene pertanyaannya ngambil dari RPUL. eh sama satu lagi maz buku wajib punya jaman dulu… BUKU PINTAR-nya Iwan Gayo, yang seri junior warna hitam sama seri senior yang warna merah. wuih…lengkap banget tuh.

    “oya lupa, ada buku pintar Iwan Gayo juga… sip..sip.. semua penuh pengetahuan..”

    Posted by frozzy | Monday, 13 July 2009, 13:55
  8. itu buku yang dulu jadi awal membuka cakrawala…

    “yah begitulah…”

    Posted by grubik | Monday, 13 July 2009, 16:57
  9. kemaren nyari buku RPUL udah gag ada..

    “ah masa, nyarinya dimana mas..? kalo di pasar sayur ya ga ada hehe..”

    Posted by debiSiDudud | Monday, 13 July 2009, 17:13
  10. Kayaknya, setelah inretnet meluas, RUPL sama buku ensiklopedia bakal ditinggalin…. diganti sama bang Google sama om Wikipedia

    “yah semoga saja tidak tergilas jaman.. masalahnya masih banyak daerah yang terpencil tanpa internet..”

    Posted by sef | Monday, 13 July 2009, 18:16
  11. KUNJUNGAN SORE DARI KANG BOED
    SALAM SAYANG

    “makasih kang.. salam hangat…”

    Posted by KangBoed | Monday, 13 July 2009, 18:39
  12. hohohohohoho, kayaknya dulu kalo punya RPUL ma Atlas (kalo bisa sama globe)udah keren banget paklek, tau apa aja, dimana aja…
    jaman sekarang udah ada internet, tinggal nyari di internet dah….

    “yah internet nyebar, tapi rpul dan atlas tetep butuh kali nduk..”

    Posted by yak | Monday, 13 July 2009, 18:43
  13. aq ingetnya main cari bendera di halaman depan n belakang atlas. hehehe

    “yup sama mas..”

    Posted by bayu200687 | Monday, 13 July 2009, 18:45
  14. kenangan masa kecil yah?

    Dulu selain RPUL ada RPAL juga looh :)

    “bener mbak, iya RPUL dan RPAL sama2 membuka cakrawala ilmu..”

    Posted by Eka Situmorang-Sir | Monday, 13 July 2009, 20:56
  15. wah dah lama gak baca RPUL hehe.. kalo RAUL ada gak ya?? *itumahnamapemainbola* =))

    “hahaa raul ntar kalah sama ronaldo+kaka..”

    Posted by AeArc | Monday, 13 July 2009, 21:44
  16. RPUL, disusun oleh: Sugeng HR (kalo ndak salah). Dulu saya memburunya dengan harga Rp. 1.500, lumayan mahal saat itu. Kini, saya bisa membandingkannya dengan DVD encarta atau wikipedia atau INTERNET! terima kasih pak Sugeng. RPAL datang belakangan. Dan Atlas, ah sebuah jendela sekaligus navigasi dunia. Salut untuk penemu Atlas. Hayo siapa yang tahu?

    “yah sekarang banyak versi rpul..
    penemu atlas… orang semarang kali ya.. hehe.. kan kota atlas.. *gak nyambung*

    Posted by masbadar | Monday, 13 July 2009, 21:48
  17. Wah… betul sekali. Saya malah masih mempunyai RPUL karangan Sugeng HR. Dulu buku ini sangat membantu saya dalam mengerjakan pr dan tugas yang diberikan Bapak Ibu guru. Sekarang sih udah jarang saya pakai. Ponakan saya aja lebih suka minjam internet saya buat googling atau buka-buka wikipedia.

    “jaman makin maju, pengetahuan makin mudah didapat, tinggal rajin nggaknya kita..”

    Posted by alamendah | Monday, 13 July 2009, 23:01
  18. visit my blog
    http://jerzz.wordpress.com/
    http://blackersonic.wordpress.com

    “yoi… sudah..”

    Posted by blackersonic | Tuesday, 14 July 2009, 00:12
  19. baru berkunjung lagi nih..
    dah lama gak kesini

    wah, lagi nostalgiaan ternyata..
    hehe, ikutan ah!!

    “iya mas, nostalgia senja hehe.”

    Posted by insan muhamadi | Tuesday, 14 July 2009, 08:50
  20. Di RPUL candi borobudur apa masih masuk 7 keajaiban dunia ya?

    “kayaknya masih lho..”

    Posted by debiSiDudud | Tuesday, 14 July 2009, 10:41
  21. Wahh…. jadi ingat… ^^

    dulu lekat banget sama itu ya… ^^ hihii… pas jaman sebelum SMA.. ada pelajaran IPS…

    hihi… ^^ nostalgiaa…

    “yah ternyata semua bener2 dekat sama yang namanya rpul ya..”

    Posted by Nisa | Tuesday, 14 July 2009, 13:22
  22. terus terang, kita mengalami hal yang sama…. memang menyenangkan mengetahui sesuatu yang orang lain tidak tahu,

    “sama… semuanya.. sungguh menyenangkan..”

    Posted by javanese | Tuesday, 14 July 2009, 13:53
  23. sering pulang duluan waktu SD karena bisa menjawab pertanyaan dari guru…
    yang bisa jawab boleh pulang duluan !

    “hahah bener banget mas.. ya kayak gitu itu…”

    Posted by komuter | Tuesday, 14 July 2009, 13:58
  24. buat anak SD itu dulu sudah kitab mahasakti boss :lol:

    “bener tuh mas, sekarang pun masih sakti…”

    Posted by mas stein | Tuesday, 14 July 2009, 17:25
  25. waaahhh jadi ingat waktu sd neh…hhehhh

    “nostalgia..”

    Posted by buwel | Wednesday, 15 July 2009, 05:14
  26. back to the lovely childhood, huh…
    :mrgreen:

    “yes, right bro..”

    Posted by dion | Wednesday, 15 July 2009, 15:06
  27. Sampai sekarang aku masih favorit mandangi peta dan bersyukur ada google earth jadi kalo pas pengin tinggal klik dan bisa melangang buana lihat rupa bumi. Gunung2 dan lautnya bisa lebih berasa mas dinikmati.

    “weih, jaman semakin maju, sarana pembelajaran semakin langkap, termasuk internet..”

    Posted by mas8nur | Thursday, 16 July 2009, 16:27
  28. Waaakaakakak.. salam buat mas Muhammaza
    Salam Sayang

    “looh.. lohh.. kok lansung ngakak sih kang..”

    Posted by KangBoed | Thursday, 16 July 2009, 17:53
  29. whuaaa, ternyata blogger ngapak ya?
    tukeran link kang. karo blog’e aq sing nang blogspot. sing kiye http://rumahdanmimpi.blogspot.com/

    “haha… yoi salam ngapak kang..
    okeh kita tuker2an link biar bisa saling ngapak hehe..”

    Posted by bayu200687 | Friday, 17 July 2009, 10:33
  30. Kunjungan siang :) sehat kan mas ? lagi seneng baca buku yach ? :)

    “makasih dah berkunjung de, alhamdulilah sehat… yaah sedikit mengingat masa SD :)

    Posted by diajeng | Friday, 17 July 2009, 13:19
  31. nah itu.. dulu suka beli rpul, apalagi ada revisinya.. disuruh diapalin skarang udah lupa.. wkwkwk

    “ya udah klo gitu sekarang diapalain lagi huang… wkwkw”

    Posted by Huang | Friday, 17 July 2009, 13:40
  32. ternyata kita belum tukeran link ya ??
    .
    tukeran yuks

    “iya ya… tuker yuk tukerrrr… “

    Posted by komuter | Friday, 17 July 2009, 14:34
  33. mampir baca2 ..trus mau ajuin proposal tukeran link…gmn? diterima ga proposalnya/

    “oke setuju, kita tukeran hehe..”

    Posted by mel | Friday, 17 July 2009, 16:31
  34. ha ha ha gara RPUL pak guru manggut manggut,… Rasa ingin tahu dari pengetahuan yang kritis. :)

    Posted by Khoirul Huda | Saturday, 18 July 2009, 21:42
  35. iya nih mas.. jadi inget masa kecil dulu… berlomba-lomba bli rpul dan rpal.. hihihi

    Posted by nuzul | Monday, 20 July 2009, 14:13
  36. kok gw lebih seneng pake google maps ya? hehehe…

    (beda ya anak jadul sama jaman sekarang? :D)

    Posted by diazhandsome | Monday, 20 July 2009, 16:56
  37. Yang paling atas itu saya sudah punya di rumah Mas… :)

    Posted by bocahbancar | Tuesday, 21 July 2009, 07:31
  38. jadi inget SD
    kedua buku di atas adalah sesuatu yang teramat penting

    semestinya sekarang juga :)

    Posted by achoey | Tuesday, 21 July 2009, 16:51
  39. waduh dulu jg begitu, waktu masih SD sampe SMA belinya atlas mulu, tp tetep aja ga apal :D

    Posted by nightlovers | Tuesday, 21 July 2009, 17:07
  40. malam sahabata
    wah sewaktu disekolah blue paling senag ngegambarnya hehehe…….seru habez dech
    salam hangat selalu

    pa cabar bang?

    Posted by bluethunderheart | Tuesday, 21 July 2009, 21:08
  41. kalo aku dulu sih suka baca buku pintar,, neliat2 bendera dan mata uang di dunia.. ato gak ngeliat shio ataupun zodiak ,,hehe

    Posted by dika | Tuesday, 21 July 2009, 22:11
  42. kawanku se indonesia kini saatnya kita bersatu mendukung taman nasional pulau komodo sebagai calon new 7 wonders of nature di new7wonders.com!tgl 21 juli sudah ditetapkan 28 nominasinya…

    nb:jangan lupa di forward ke temen2 se indonesia

    matur nuwun!

    Posted by FERRY | Tuesday, 21 July 2009, 23:39
  43. Kok ijik numpak angkot mas?

    Posted by WANDI thok | Wednesday, 22 July 2009, 08:00
  44. #khoirul huda, hehe gak tau juga tuh jangan2 manggut2 karena ngantuk.. :)

    #nuzul, ya itung2 nostalgila haha..

    #diaz, ya bagus kalo gitu asal ada jaringan internet ae… lanjutkan.. :lol:

    #bocahbancar, wah jangan2 belinya di toko yang sama mas..?

    #achoey, ya semoga saja tak tersisihkan oleh komik dan rekan2nya..

    #

    Posted by muhamaze | Wednesday, 22 July 2009, 21:15
  45. #nightlovers, haha.. ya iyalah gak dibaca, malah buat alas bantal tidur haha..

    #blue, nggambar apa blue..?

    #dika, ya anggap saja itu temennya rpul dan rpal hehe..

    #ferry, siap boss…

    #kang wandhi, iya nih malah nyasar huahahahah….

    Posted by muhamaze | Wednesday, 22 July 2009, 21:20
  46. amien,smo9a tercapai..
    aku ju9a mauu doon klilin9 dunia tapi beneran nda lewat bola dunia :D

    aku nda bisa baca aTlas jadi nanya2 ajah ehheh

    Posted by wi3nd | Thursday, 23 July 2009, 13:27
  47. Kunjungan balik. Mohon maaf, saya tak punya waktu untuk membaca tulisan Anda. Mohon dimaklumi. Saya diberi waktu keluar pondok cuma beberapa menit…..

    Posted by Zian X-Fly | Thursday, 23 July 2009, 17:19
  48. hahaha..saya kira yang masa kecil nya bahagia cuma saya doank,,wkwkakawkkakkawkawkawk….canda,,

    iya tuh, dulu saya juga pernah maen tebak2an nama kota ma temen saya..yang gak bisa nebak disuruh beli makanan di kantin..jadi inget masa lalu…>.<

    Posted by Kus Andriadi | Friday, 24 July 2009, 11:26
  49. Waduuuuuh apdeeeeeeeeeeettttttttt

    Posted by KangBoed | Saturday, 25 July 2009, 00:58
  50. sore mas,lama aku gak berkunjung ke sini..

    salam hangat.

    Posted by Andioka | Saturday, 25 July 2009, 18:13
  51. Gak ada tulisan baru ya mas? sibuk kah … :)

    Posted by Rindu | Saturday, 25 July 2009, 18:59
  52. Belum update yawh…….

    Posted by bocahbancar | Saturday, 25 July 2009, 20:47
  53. di hape ada kok google maps. asal ada pulsa aja bisa nyari jalan… hehe

    Posted by diazhandsome | Sunday, 26 July 2009, 13:50
  54. pagi yang cerah
    pa cabar bang
    slam hangat selalu

    Posted by bluethunderheart | Monday, 27 July 2009, 10:40
  55. berkunjung…….
    mari saling kunjung-mengunjungi

    Posted by javanese | Monday, 27 July 2009, 12:57
  56. #wiend, keliling dunia sungguh indah kali ya..

    #zian, gapapa mas, makasih udah berkunjung..

    #mas kus, haha.. moga saja semua punya masa kecil bahagia nyampe tua..

    #kangboed, waduuh belom sempet nih..

    #andioka, yah lama juga aku gak apdet hehe..

    #rindu, belum hehe..

    #bocahbancar, lagi asyik mudik jadinya gak sempet apdet haha

    #diaz, haha hapeku jadul :lol:

    #blue, kabar baek blue, hmm selalu hangat..

    #javanese, silaturahim memang indah…

    Posted by muhamaze | Monday, 27 July 2009, 22:02
  57. pa cabar bang
    salam hangat selalu
    semangat semangat ok

    “alhamdulilah kabar baik… kemaren2 mudik hehe”

    Posted by bluethunderheart | Tuesday, 28 July 2009, 16:50
  58. pa kabarnya mas??

    masih mudikkah ^^

    “kabar baik nis, ni dah kembali dari mudik hehe..”

    Posted by Nisa | Wednesday, 29 July 2009, 09:37
  59. banyak latihan dan membaca pasti hapal isi rpul dan peta buta.
    salam superhangat

    “bener banget.. dan bener2 hangat salamnya, makasih yaa..”

    Posted by cenya95 | Monday, 3 August 2009, 17:05
  60. aku datang yang ke enam puluh asyikkkkkkkk
    salam hangat dalam 2 musimnya blue

    pa cabar?

    “musimmu selalu indah blue… selalu hangat…
    alhamdulilah selalu ceria…”

    Posted by kezedot | Monday, 3 August 2009, 19:08
  61. wah itu juga salah satu kenanganku…
    selamat mengenag masa lalu….

    “mari sama2 bernostalgia..”

    Posted by tuyi | Thursday, 6 August 2009, 09:39
  62. wah dulu aku hapal satu buku ini…., karena gak ada buku lain…..

    “wah keren donk…”

    Posted by antokoe™ | Friday, 7 August 2009, 18:02
  63. berkunjung…..

    “makasih…”

    Posted by javanese | Friday, 7 August 2009, 18:46
  64. Iya..jaman dulu yang serba terbatas..bahkan mungkin untuk mencari RPUL di daerah saya mesti pergi ke kota..kalo sekarang seh informasi gampang di dapat…apalgi di kota yang anak2nya dah kenal internet…..

    “jaman semakin berubah, informasi semakin mudah didapat.. tiada kata berhenti untuk menggali pengetahuan..”

    Posted by Si Gembala | Friday, 7 August 2009, 23:00
  65. met berakhir pekan ya bang nanti malamnya
    salam hangat selalu

    “wah maaf blue, aku baru nongol lagi..
    makasih atas kehangatanmu… :D

    Posted by dobleh yang malang | Saturday, 8 August 2009, 13:10
  66. sapa seeh ?

    “sapa hayooo…”

    Posted by sintayuliani | Saturday, 8 August 2009, 13:25
  67. SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG ‘TUK SAHABATKU TERSAYANG

    I LOVE YOU PHUUUUUUUUUUULLLLLLLLLLLLLLL

    “wah terasa penuh dunia ini dengan salam tersayang dari kangboed..
    makasih kang… i love you phuuulll…”

    Posted by KangBoed | Sunday, 9 August 2009, 02:46
  68. internet?? ada doonngg… (ngegaya nih maksutnyee) hehehehe

    gak di-update bos?

    “ini baru apdet nduk..”

    Posted by diazhandsome | Sunday, 9 August 2009, 22:28
  69. mas muhamaze…. sungguh postingan yg bijak. makanya saya suka blog ini. anda selalu menulis tulisan yang patut dianut.
    selama hidup saya, saya selalu mengingatkan diri saya untuk introspeksi. walau pada akhirnya, saya tidak bisa selalu mengingatkan diri saya untuk introspeksi dan masih sering khilaf…
    tp saya akan terus berusaha :)

    “wah makasih sekali bila tulisan2ku berkenan.. meskipun komennya salah kapling :D tapi gapapa…
    introspeksi tiada henti.. hehe..

    Posted by macangadungan | Friday, 14 August 2009, 19:32
  70. Betul….kalo ilmu kadang dari bungkusan gorengan jajanan pun bermanfaat..apalagi ini buku…..

    “yah semoga kita bisa terus menggali ilmu pengetahuan dari manapun…”

    Posted by Dangstars | Sunday, 16 August 2009, 00:07

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Selat Valentine « muhamaze - Sunday, 23 January 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: