::
you're reading
SERBANEKA

mulat sarira angrasa wani

fingerSemut di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak. Saya yakin semua pernah dengar peribahasa ini dan mengetahui maksudnya, sehingga tak perlu lagi dijelaskan. Lebih jelas lagi karena fenomena ini sangat banyak terjadi di lingkungan kita. Ketika kita begitu mudahnya melihat kesalahan atau aib orang lain yang meskipun sangat kecil hingga lupa bahwa ternyata aib dan kesalahan kita lebih banyak dan lebih besar dari orang itu. Begitu mudahnya kita mengacungkan telunjuk kita, menuduh kesalahan pada sesama padahal bila dilihat lebih cermat ketika kita menunjuk orang maka ada lebih banyak lagi jari lainnya yang menunjuk pada diri kita.

Itu adalah gambaran betapa kita sering melupakan bahwa kita tidak menyadari misalnya ada suatu kejadian, kita mudah sekali untuk menyalahkan orang lain padahal sebenenarnya kesalahan yang ada pada diri kita jauh lebih besar. (Lho.. kok mblibed gini ya..). Saya tidak memberi contoh disini, biarlah teman-teman mencari contoh sendiri dan lebih memahami dan mungkin menyadari entah kapan, atau pernahkan kita melakukan yang demikian dan yang jelas saya percaya pasti banyak yang melakukan hal demikian.

Beruntunglah orang-orang yang selalu melihat diri sendiri (introspeksi) terhadap apa yang telah ia perbuat. Lebih banyak menghabiskan waktu untuk mencari-cari kesalahan diri sendiri, dan selanjutnya berupaya untuk memperbaikinya di waktu yang akan datang. Tiap malam sebelum tidur memikirkan apakah di siang harinya berbuat kesalahan kepada saudaranya yang lain, apa yang telah diperbuat sepanjang hari itu. Sungguh sangat jarang yang demikian. Muhasabah terhadap diri sendiri…

Memang, kita lebih mudah untuk menilai orang lain tetapi begitu sulit untuk melihat diri sendiri (introspeksi). Saya sangat menyadari hal itu, begitu sulitnya untuk melihat kesalahan yang ada pada diri saya. Makanya saya mencoba membagi kegundahan ini pada teman-teman semua. Sembari berharap lambat laun kita bisa menjadi pribadi yang bisa mulat sarira angrasa wani, pribadi yang berani melihat dirinya sendiri dan tidak menyibukkan diri untuk memikirkan kesalahan-kesalahan apa yang telah diperbuat orang lain.

Kiranya seperti apakah diri kita ini…?

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

43 thoughts on “mulat sarira angrasa wani

  1. benar……aku suka dengan kalimat kita mesti melihat kesalaghan diri sendiri ………..disinilah sering blue aga egois dengan kehendak emosi blue sendiri apalagi sama supir yang selalu menemani blue……….maafkan saya ya pak supir terbaikku……i love u
    salam hangat selalu

    mantab postingannya bang

    “sungguh sangat manusiawi yang demikian, namun kita bisa untuk merubah cara pandang kita…
    semoga..”

    Posted by bluethunderheart | Friday, 14 August 2009, 15:42
  2. wah benarkah blue yang pertamaxxxxxxxxxxxx?
    besok makan kbakso ach semangkok tuk ngerayaan sat saat jadi yang pertamaxxxxx ehhehehee
    salam hangat selalu

    “hehe nyindir neh… harusnya aku yang traktir bakso ya blue…
    suatu saat kalo ketemu kan ku hidangkan semangkok bakso untukmu blue… dengan penuh kehangatan tentunya..”

    Posted by bluethunderheart | Friday, 14 August 2009, 15:43
  3. Lihat judulnya aku jadi wedi mas, kayak garang gitu.. :D

    ^^ waduh… nice introspeksi mas.. hiya ya… T_T aku ini…

    “haha kayak mantra mantra ya nis…
    yah mantra untuk selalu introspeksi… oke nis..”

    Posted by Nisa | Friday, 14 August 2009, 16:40
  4. blogwalking, salam kenal (_ _)

    “salam kenal juga ya…didt..”

    Posted by didta | Friday, 14 August 2009, 17:51
  5. Kalimat lengkapnya mulat sarira angrasa wani, rumangsa melu andarbeni, wajib melu angrungkebi artinya berani mawas diri, merasa ikut memiliki, wajib ikut menjaga.

    Kalimat di atas adalah semboyan Pangeran Mangkunagara III, dan falsafah ini benar2 dihayati oleh Presiden Soeharto.

    *sekedar ralat : bukan saliro tp sariro (klo ejaan pake o) :)

    “oh gitu ya.. makasih ya mas gus, ntar ta ralat tulisannya… :)

    Posted by guskar | Friday, 14 August 2009, 18:25
  6. ya saya sering begitu,
    sok ngasih tau orang kadang malah
    padahal diri sendiri banyak salahnya..
    ..
    tapi. smoga bis slalu mengoreksi diri sendiri, dan belajar memperbakinya dimanapun dan sama siapapun,
    makasih udah ngingetin
    salam !

    “yah ingetin aku juga jika aku terlupa ya…
    makasih sudah berkunjung..”

    Posted by warm | Friday, 14 August 2009, 20:12
  7. Sing biasa ngunu kui, nek nurut Ustadz Danu (TPI minggu pagi jam 5 WIB) bisa ndadekake penyakit DIABETES mas, intine gunemanku kudu digugu, pendapatku kudu dienggo, omonganku kudu di rungokkan, pokoke sing ngganggo ngudokke kui biasane sukmbening tembe ganjarane kencing manis. :roll: Iki wis okeh buktine, nek kurang bukti coba sampean amati sing wis kena penyakit kui, apa dheweke nduwe kebiasaan kaya ngunu mau.

    Nek mung urusan ndonya mas, aku wis sue ora nganggo ngudokne, ning nek urusan ngakerat, mimang ijik angel ngilangi. :roll:

    “wah bener gak kuwi, ntar ta coba nyari wong yang manis2 eh yang kencing manis maksude.. hehehe.. *jayus mode on*

    Posted by Wandi thok | Friday, 14 August 2009, 21:56
  8. Sebenarnya masalahnya adalah jarangnya kita instropeksi, sehingga merasa diri selalu lebih baik sehingga kesalahan orang lain jadi lebih menonjol. Jadi intinyasering-sering saja mengaca diri sehingga nggak sibuk2 neropong orang lain.

    “bener banget mas, sesering mungkin kita harus introspeksi..”

    Posted by mas8nur | Friday, 14 August 2009, 23:53
  9. itu arti judulnya apa bos??

    yayaya, muhasabah diri. nanti pas pesantren kilat gw ada muhasabah… time to muhasabah yaakk :D

    “weeh.. muhasabah harusnya tiap hari, kenapa harus nunggu pesantren kilat..? *geleng-geleng*

    Posted by diazhandsome | Saturday, 15 August 2009, 00:51
  10. Susah untuk difahami tajuknya…he..he..Namun, postingannya amat bagus dan menarik. saya sukakan ayat ini…

    “kita mudah sekali untuk menyalahkan orang lain padahal sebenarnya kesalahan yang ada pada diri kita jauh lebih besar.”

    sungguh mengesankan..agar kita tidak menyalahkan orang lain atas apa yang kita telah lakukan. salam sahabat. Terima kasih atas kunjungannya. Salam mesra dan hormat selalu dari Malaysia.

    “meskipun tajuk susah dipahami semoga intinya bisa diambil ya bu…
    makasih sudah datang jauh2 dari malaysia.. salam hormat dan mesra juga..”

    Posted by Siti Fatimah Ahmad | Saturday, 15 August 2009, 01:32
  11. wah ngertine aku mung sri mulat je… :)

    “sri mulat wis bubar durung ya..?”

    Posted by adis | Saturday, 15 August 2009, 01:38
  12. dapet wangsit dari mana bos?

    “diimpeni semalem bos.. :lol:

    Posted by dharma | Saturday, 15 August 2009, 08:17
  13. langsung ke cermin, lihat orang yang di depanku ini…

    “gimana, ganteng gak..? :D

    Posted by Huang | Saturday, 15 August 2009, 12:52
  14. sudah baca, tapi belum comment…

    “baca lagi terus komen ya bay…”

    Posted by Eby | Saturday, 15 August 2009, 14:58
  15. wuih paklek….
    iya nih, gampang bener dah nunjuk kesalahan orang, tapi kesalahan sendiri suka ga keliatan,,,,
    heheeh, kudu sering ngaca nih…

    p.s : paklek, ada yang ngasih hadiah tuh, ambil ya…..
    makasih… :D

    “makanya introspeksi dan muhasabah itu wajib nduk..

    wah makasih hadiahnya, kapan2 insyaalloh paklek ambil…”

    Posted by yak | Saturday, 15 August 2009, 16:22
  16. wuihh…benar mas kita sulit melihat kesalah diri sendiri (sebenarnya tahu tapi pura2 ndak tahu y mas) . n katanya kalo mau bahwa kita salah apa nggak tanyalah pada kawan setia kita mas..bener ga yahh ?

    salam hangat.

    “sungguh aku ingin bertanya padamu kawan, biar kutahu siapa dan gimana diriku ini..
    salam hangat juga.. makasih ya..”

    Posted by Andioka | Saturday, 15 August 2009, 17:10
  17. Jaman sekarang rata2 orang banyak yang sibuk memikirkan aib orang lain buat di jadikan bahan gosip salah satu contohnya,yang di tv tu

    “bener banget om.. semoga semuanya biasa introspeksi diri…”

    Posted by Mr.o2n | Saturday, 15 August 2009, 22:16
  18. Walking aja dulu ni nanti dipostingan berikutnya baru kasih koment

    “yah selamat walking walking hehe..”

    Posted by Um4r | Saturday, 15 August 2009, 22:18
  19. mengingatkan saya untuk ber-muhasabah malam ini… terima kasih ya…

    “yah kita sama2 saling mengingatkan mbak…”

    Posted by kidungjingga | Sunday, 16 August 2009, 00:03
  20. Terimakasih telah berbagi..

    Saya telah baca posting ini,,semoga bisa menyadarkan dan mengingatkan saya untuk lebih baik..

    kunjungan pertama saya..semoga berkenan

    “seperti yang lainnya, kita saling mengingatkan untuk kebaikan… makasih juga telah sudi berkunjung ya mas…”

    Posted by Dangstars | Sunday, 16 August 2009, 00:04
  21. salam kenal ya….,

    “salam kenal balik…”

    Posted by cahjoker | Sunday, 16 August 2009, 00:07
  22. yah padahal kita sendiri lebih banyak salah dari orang lain tapi pura-pura tidak mengetahuinya dan malah lebih banyak membicarakan orang lain.

    “yah semoga kita bisa mengurangi kebiasaan itu, kalo bisa malah melenyapkannya..”

    Posted by pututik | Sunday, 16 August 2009, 01:42
  23. maleess… mendingan muhasabah bareng-bareng. hehehe

    “halah…”

    Posted by diazhandsome | Sunday, 16 August 2009, 02:10
  24. Mari sambut kemerdekaan RI dengan..Berbakti pada Bangsa

    “merdeka… :)

    Posted by Dangstars | Sunday, 16 August 2009, 09:20
  25. Bercermin diri..itu lebih baik yaa mas… Dari pada selalu tunjuk2 hidung orang lain…hehe
    Makasih mas..udah mampir ke tempatku..
    Salam hangat.. Salam damai selalu…

    “mari kita selalu introspeksi diri…
    makasih juga sudah berkunjung..
    salam hangat dan damai untuk kita semua..”

    Posted by Hary4n4 | Sunday, 16 August 2009, 17:29
  26. sebenarnya jari yang kearah sendiri lebih banyak, tapi tak disadari ketika menunjuk orang lain itu.
    Ah, opo sih!
    Sore nang, lagi dolan-dolan wae, sasi wingi aku maring Purwokerto!

    “haha… ah mesti kang narno tau maksudnya…
    wah meng Purwokerto..? aku esih nang ambon kang..”

    Posted by sunarnosahlan | Sunday, 16 August 2009, 18:01
  27. berkunjung…
    indah sekali jika setiap manusia bisa menempatkan diri. antara satu dan yg lain, pasti ada perbedaan, ada kesamaan. yang beda tak berarti musti adu kepala. yang sama sebisa mungkin jangan dibeda2kn.
    mawas diri, seringkali kita kurang mawas diri ketika kita sudah di atas.
    kira2 seperti ini waktu jaman MOS SMA :
    1. kakak tidak pernah salah
    2. klo kakak salah, liat peraturan no 1
    3. tidak boleh protes

    “wahwahwah… ni pasti pengalaman ngospek ya..? eh MOS ya..?”

    Posted by Rigih | Sunday, 16 August 2009, 19:09
  28. Assalamu’alaikum,
    Subhaanallah, tema tulisan kita kali ini hampir sama ya Pak, hanya berbeda isi dan cara penyampaiannya saja. Mari kita sama-sama muhasabah diri.
    (Dewi Yana)

    “wa’alaikumsalam… kemarin pas baca aku juga mikir gitu..
    ya mari muhasabah…”

    Posted by jalandakwahbersama | Sunday, 16 August 2009, 19:34
  29. umm… kata-kata itu dari bahasa daerah mana??

    keren. ;)

    “itu basa jawa mbak… emangnya mbaknya dari mana asalnya..?”

    Posted by Fadhilatul Muharram | Sunday, 16 August 2009, 20:29
  30. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fulllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

    “waaaaah makasih kangboed, salamnya memenuhi ruanganku nih… jadi suenengg… :D

    Posted by KangBoed | Sunday, 16 August 2009, 21:09
  31. agama adalah ageming aji.. jalan hidup.. menata diri menuju ILLAHI

    “wess… keren kangboed..”

    Posted by KangBoed | Sunday, 16 August 2009, 21:10
  32. Mari kita sambut peringatan 17an taon ini dgn slg instropeksi diri….sbntr lg kn puasa…kta musti jaga hati jgn ska menyalahkan org laen apalagi yg blm tentu salah.. :)

    “bener banget mas.. mari sama2 perbaiki diri menuju pribadi yang lebih baik..”

    Posted by Irawan | Monday, 17 August 2009, 06:03
  33. haduuu… memang melihat kesalahan org kok gampang bngt ya?? hmmm… harus sering2 muhasabah diri nih… trimaksi infonya ya mas..

    “maka dari itu sangat penting sekali untuk selalu muhasabah…
    saling mengingatkan ya mbak…”

    Posted by mahardhikadewi | Monday, 17 August 2009, 08:41
  34. Saya pribadi juga berharap demikian. Menjadi pribadi yg matang dan dapat melihat dirinya sendiri, tanpa banyak menyalahkan orang lain…
    Mudah2an bisa seterusnya begitu.

    “mentabs mbak.. mudah2an seterusnya….”

    Posted by zee | Monday, 17 August 2009, 20:33
  35. pagi yang hangat
    berikan blue fb abang
    berikan blue no hp abang
    nanti biar blue yang mengunjungi abang
    salam hangat selalu

    “siang yang dingin karena dibawah AC hehe..
    bener nih mau mengunjungiku blue..?

    Posted by dobleh yang malang | Tuesday, 18 August 2009, 10:55
  36. Itulah manusia…. :)

    Salam KBM

    “manusia.. manusia…
    eh salam KBM apaan ya..? :lol:

    Posted by indra1082 | Tuesday, 18 August 2009, 11:27
  37. jadi intinya introspeksi ya..

    “siiip…”

    Posted by cantigi™ | Tuesday, 18 August 2009, 13:08
  38. Introspeksi yah…
    Thank u udh diingetin lagi..
    seyogyanya kita lebih melihat kedalam ya…
    sebelum berkoar2 diluar…

    “kadang kita lupa yang demikian itu.. ya saling mengingatkan ya mbak..”

    Posted by Eka Situmorang - Sir | Tuesday, 18 August 2009, 21:36
  39. makasih dah berkunjung… jangan bosan…
    salam persahabatan selalu :-)

    “makasih juga mas…
    semoga persahabatan ini indah…”

    Posted by endra | Thursday, 20 August 2009, 00:03
  40. mirip “jarkoni” ya Mas…
    semoga kita selalu menuju ke arah kebaikan terus, teriring salam persahabatan, sukses selalu untuk panjenengan…

    “ya esih sedulur mas..hehe.. makasih doanya.. sukses juga buat panjenengan mas..”

    Posted by masjaliteng | Saturday, 22 August 2009, 15:38
  41. embaca tulisan om musa ini, saya teringat entah hadits atau apa, dan saya pun lupa bagaimana redaksionalnya. tapi intinya begini, bahwa dalam Islam pun kita telah diingatkan untuk bersikap ketika melihat orang lain. jika melihat yang lebih tua, berkatalah pada diri “saya tak lebih banyak amalnya dari beliau”. dan jika melihat yang lebih muda, berkatalah “dosa dia lebih sedikit dari saya”. dengan begitu, kita akan selalu merasa kurang dan kurang lalu sibuk memperbaiki diri sehingga lupa untuk mencari kesalahan atau aib orang lain.

    Terimakasih om atas tulisannya. saya belajar sesuatu.

    *nyari-nyari buku hadits* bener banget bay.. sungguh selalu introspeksi dan muhasabah pasti banyak manfaatnya, dunia akhirat insyaalloh..”

    Posted by eby | Tuesday, 25 August 2009, 16:37
  42. Setuju banget!
    jadi mari kita sama-sama bersihkan sampah

    “mari bersihkan…”

    Posted by senny | Sunday, 30 August 2009, 02:10
  43. eh qo comment soal sampah malah masuk sini yah?

    btw, postingan ini rada bersahabat sama postingan wasit goblog gue yah

    “haha gapapa mas..
    yah khan emang aku juga komen disitu :lol:

    Posted by senny | Sunday, 30 August 2009, 02:12

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: