::
you're reading
SERBANEKA

sampahmu masalahku

Sedikit fakta mengenai sampah:

  • Sebetulnya tidak ada orang yang bebas dari status sebagai produsen sampah. Setiap individu diperkirakan ”menghasilkan” 1-2 kilogram sampah per hari [http://koran.kompas.com/]
  • Jakarta pada tahun 1985 menghasilkan sampah sejumlah 18.500 m3 per hari dan pada tahun 2000 meningkat menjadi 25.700 m3 per hari.  Jika dihitung dalam setahun, maka volume sampah tahun 2000 mencapai 170 kali besar Candi Borobudur (volume Candi Borobudur adalah 55.000 meter kubik) [http://www.koranbekasi.com/]
  • Jakarta pada Juli 2007 menunjukkan bahwa timbulan sampah per hari mencapai 26.945 meter kubik. Jumlah sampah yang setara dengan 6.736 ton itu bukanlah perkara kecil. Hanya sekitar 6.000 ton yang tertanggulangi. Sisanya tersebar di sembarang tempat, di mana saja [http://koran.kompas.com/]
  • Jumlah sampah plastik yang kian berkibar-kibar mengotori lingkungan, tampaknya akan segera menjelma menjadi investasi bencana di masa mendatang [http://www.d-infokom-jatim.go.id/]
  • Sampah di sungai Jakarta dalam sehari jumlahnya mencapai 768 meter kubik per hari atau setara 192 truk Fuso [http://metro.vivanews.com/news/]
  • Sampah adalah barang sisa yang oleh warga sering hanya sekadar dijauhkan dari dirinya [http://koran.kompas.com/]

Ketika sampah semakin menjadi masalah, dibutuhkan sungguh suatu kesadaran pribadi masing-masing orang untuk tidak beranggapan bahwa Sampahmu Masalahku atau Sampahku Masalahmu tetapi memahami bahwa Sampah adalah Masalah Kita Bersama.

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

63 thoughts on “sampahmu masalahku

  1. iya nih aku masih kesusahan untuk membuang sampah-sampahku…
    soalnya tempat sampah umum kok ga ada ya..??
    kalau sampah organik masih mungkin di timbun dalam tanah supaya subur, lha kalo sampah anorganik mau dikemanain?
    mau dibakar bisa menimbulkan polusi dunk…
    lalu???

    “mari sama2 berpikir tentang apa yang harus dilakukan untuk sampah hehe…”

    Posted by Dharma | Tuesday, 18 August 2009, 16:01
  2. hehehehe…jadi pertamax nih….

    “keduax juga…”

    Posted by Dharma | Tuesday, 18 August 2009, 16:02
  3. hehehe…iya betul tuch. coba kita semua sadar diri, paling tidak (contoh gampangnya) adalah tidak membuang bungkus permen ke sembarang tempat, kan gak susah klo emang gak nemu tempat sampah terdekat, masukin tuh bungkus permen ke dalam tas kita/saku baju/celana kita, trus nti pas lewat tempat sampah tinggal diambil n “plung” masuk deh ke tempat yg bener.
    andaikan semua manusia bisa begitu…

    hal yang besar kan dimulai dari sesuatu yang sederhana yang awalnya terlihat sepele.
    ya khannnnnn…..

    “waah waah… wise bener ni, dan aku selalu begitu untuk bungkus permen hehe..”

    Posted by ana | Tuesday, 18 August 2009, 16:14
  4. wah kalo kiat masih gampang buang sampah. sebab tempat sampah di yempatku banyak tingal pilih. Sore

    “yah kalo bisa jangan sering2 nyampah juga kawan…”

    Posted by kawanlama95 | Tuesday, 18 August 2009, 17:27
  5. masalah sampah emang susah mas, hal kecilpun jika orang disuruh bayar buat iuran sampah yang nilainya senilai sebungkus rokok sangat susah mas, nah dari sini terlihat banget sebetulanya sampah jika eksaran masing-masign jalan itu bisa diantisipasi cuman masalahnya sekarang masyarakat antipati utnuk urusan beginian dan baru nyadar kalau dah terjadi bencana….

    “emoga saja semua orang sadar akan masalah sampah ini, bener2 sampah seperti bom waktu yang bisa meledak kapan saja..”

    Posted by omiyan | Tuesday, 18 August 2009, 18:03
  6. sampah adalah masalah global, bukan hanya menjadi masalah bangsa kita, mari kita bersama merpartisipasi dengan cara mengunakan produk yang bisa di daur ulang, agar volume sampah berkurang

    Salam

    “bener banget, daur ulang… reuse- recycle dll… mantabs bro..”

    Posted by Septa | Tuesday, 18 August 2009, 19:32
  7. Sampah ni engga di kota ngga di dusun sama saja,saya sering kesal ni gara2 sampah,masa saluran air ke sawah gua di jadikan tempat sampah,ampe gua sumpahin tuh org kesel bget pokoknya. :( eh kok aku jadi curhat ya :D

    “sampah gak kenal lokasi, kewajiban kitalah untuk menempatkannya dengan benar..
    hehe curhat gak masalah om, yang penting bisa plong.. :lol:

    Posted by Mr.o2n | Tuesday, 18 August 2009, 19:49
  8. Karena sampah adalah masalah kita bersama, pengurusannya bisa dikoordinasikan bersama juga.
    Masing2 sadar diri.

    “mari sama-sama peduli sampah..”

    Posted by Eka Situmorang - Sir | Tuesday, 18 August 2009, 21:34
  9. wuiiihh detail amat bang
    sampah itu emang merugikan bang

    “pengin lebih detail, tanya dinas kebersihan hehehe…”

    Posted by hellgalicious | Tuesday, 18 August 2009, 22:37
  10. hmmm…. sampah agaknya masih menjadi masalah sosial yang tak gampang diselesaikan. butuh kesadaran dari diri kita2 masing utk peduli pada masalah sampah, hingga akhirnya menjadi kesadaran kolektif senegap warga bangsa.

    “saatnya kita peduli terhadap sampah di sekeliling kita….”

    Posted by Sawali Tuhusetya | Wednesday, 19 August 2009, 01:58
  11. sampah, merupakan budaya untuk mengatasinya :D

    http://nurrahmanarif.wordpress.com/2009/06/20/sampah/

    “budayakan untuk mengatasinya… mantab bang..”

    Posted by nurrahman18 | Wednesday, 19 August 2009, 02:49
  12. Hhmm…sampah…
    Memang harus benar2 ditangani dengan seksama Mas…

    “sangat seksama….”

    Posted by bocahbancar | Wednesday, 19 August 2009, 04:24
  13. sampah harusnya telah menjadi perhatian yang seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

    “hehe kayak teks proklamasi sahaja…”

    Posted by alamendah | Wednesday, 19 August 2009, 08:21
  14. Saya rasa semua orang sadar “tidak baik membuang sampah sembarangan“. Tapi mengapa masih ada yang buang sampah sembarangan?
    Ternyata kita masih butuh lagi sedikit tenaga ekstra untuk berjalan menuju tempat sampah dan membuang sampah di sana.

    “kalo liat di teluk ambon daerah mardika.. hiiii sampah buanyak di laut… parahh..”

    Posted by Semmy | Wednesday, 19 August 2009, 10:25
  15. kadang-kadang kita lupa kalo sampah itu masih tetap ada di bumi ini ya..

    “sampah kan selalu ada, dan itu tanggung jawab kita bersama…”

    Posted by Yessi | Wednesday, 19 August 2009, 11:27
  16. bener bengetz. sampah itu masalah. sedikit yg saya lakukan, mencoba selalu membawa plastik dari rumah pas mau belanja. ya, minimal mengurangi sampah plastik lah…

    “dari hal kecil kita bisa menanggulangi sampah…”

    Posted by Rigih | Wednesday, 19 August 2009, 11:57
  17. saya rasa kita harus membunuh setiap orang yang buang sampah sembarangan

    “setuju… :lol:

    Posted by didta | Wednesday, 19 August 2009, 12:27
  18. Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh..

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    “selamat bersiap menjalankan puasa juga buat kangboed, mohon maaf lahir bathin..
    salam sayang selalu tak terhingga tiada tara….”

    Posted by KangBoed | Wednesday, 19 August 2009, 19:22
  19. @didta
    wahahaha…sadis banget. lebih baik mencegah dong. kita bunuh aja semua orang, biar nggak ada yang buang sampah lagi hehehehe…

    ah sampah, kecil jadi besar…

    “hahaha… lebih ngeri lagi ni gerilyawan..”

    Posted by geRrilyawan | Wednesday, 19 August 2009, 19:24
  20. soal sampah ribet bener,
    apalagi di kampung saya masih ada aja yang nganggap dimana-mana ya kayak tempat sampah saja, jadi ngebuang sekehendaknya :(
    tapi skarang lumayan kok, udah banyak penampungan sampah disediain, walopun belum dipilah antara yg basah dan yg kering..

    “ya memang sangat butuh kesadaran dari seluruh lapisan masayarakat tentang sampah ini…”

    Posted by warm | Wednesday, 19 August 2009, 21:33
  21. maslah sampah di indonesia memang tidak pernah habis..lha wong masyarakatnya aja kurang peduli…
    salam kenal,

    “Indonesia bergunung-gunung sampahnya.. “

    Posted by Caride™ | Wednesday, 19 August 2009, 21:51
  22. di Indonesia memang terlalu banyak sampah.. mulai dari kertas, plastik dan sampah masy*****

    salam, ^_^

    “semua sampah masuk Indonesia…”

    Posted by Didien® | Wednesday, 19 August 2009, 21:52
  23. wuih, nambah lagi nominasi untuk kategori pahlawan tanpa tanda jasa, petugas kebersihan.
    yg bisa ane lakuin baru buang sampah ditempat sampah, yg lain pasti nyusul.

    “mantabs nduk.. mari biasakan membuang sampah pada tempatnya… bantu para petugas kebersihan, sungguh tugas yang mulia..”

    Posted by yak | Thursday, 20 August 2009, 09:11
  24. sudah banyak yang menjadikan ini peluang bisnis yang sangat menjajikan

    “ide yang cemerlang… daur ulang sampah..”

    Posted by boyin | Thursday, 20 August 2009, 11:25
  25. butuh kesadaran untuk menjaga lingkungan agar sampah bisa terkelola dengan baik..
    :D

    kebetulan bener saya juga ngepost soal susahnya orang2 utk membuang sampah sembarangan.. what a coincidence..

    “wah bener banget mas.. smua harus nyadar..”

    Posted by morishige | Thursday, 20 August 2009, 13:45
  26. Setiap individu 1-2 kg perhari? Gak juga kali… tergantung individunya :D …

    “ya itu khan perkiraan mas.. bisa aja malah 5 kilo haha…”

    Posted by Fariskhi | Thursday, 20 August 2009, 17:48
  27. apakah komentar saya ini termasuk sampah?

    saya akui saya sehari bisa buang sampah lebih dari 2 kilograms. habis mau bagaimana lagi.

    “jelas bukan donk.. wah2 perlu dikurangi tuh mas nyampahnya..”

    Posted by ampun deh | Thursday, 20 August 2009, 18:52
  28. maaf sampah tulisan inì nyangkut dsini.

    *masukin kantong kresek* :D

    Posted by oyot | Thursday, 20 August 2009, 20:10
  29. jadi ingat peraturan di sekolah saya dulu. Setiap siswa wajib buang sampah pada tempatnya, eh jarang ada yg melakukannya dengan alasan yang beragam. Dari malas, gengsi,dan minimnya bak sampah. Padahal bak sampah ada disetiap sudut sekolah. :(
    Nice post Mas

    “emang masalah sampah harus disadarkan sejak dini…”

    Posted by Fris | Thursday, 20 August 2009, 21:00
  30. salam kenal ajah

    “salam kenal juga mas..”

    Posted by noersam | Friday, 21 August 2009, 04:07
  31. bener bro, ini masalah bersama..

    “mari sadar bersama…”

    Posted by cantigi | Friday, 21 August 2009, 10:28
  32. mau puasa nich bang
    maafkan blue ya bang kalau ada salah
    blue pamit sebentar yah…..doakan biar puasa blue afdol
    salam hangat selalu

    “sama-sama ya blue, aku juga minta maaf jika ada salah2 kata…
    amiin semoga amal kita semua diridhoi Alloh SWT..”

    Posted by bluethunderheart | Friday, 21 August 2009, 11:55
  33. Hilangkan sampah dosa ya…
    Dalam menghadapi bulan penuh ampunan…
    salam dari Brebes…

    “bener banget kang.. semoga jiwa kita bersih laksana bayi baru lahir…
    salam balik dari ambon…”

    Posted by tuyi | Friday, 21 August 2009, 12:16
  34. berkunjung…..
    selamat berpuasa, mohon maaf lahir batin

    “makasih, sama2 mohon maaf lahir batin juga..”

    Posted by javanese | Friday, 21 August 2009, 12:45
  35. kok sampahnya di Jakarta semua, yang di maluku ada ga’ ??
    .
    maafkan daku untuk semua khilaf yang telah diperbuat.

    “siapa bilang om, disini juga berjubel sampah, apalagi yang di laut behhh….
    maafkan beta juga om… met berpuasa..”

    Posted by komuter | Friday, 21 August 2009, 12:56
  36. aji selalu berusaha untuk membuang sampah pada tempatnya, diajarin papie sih

    “siapa dulu dong papinya… lanjutkan… :lol:

    Posted by aji | Friday, 21 August 2009, 13:10
  37. setuju sama alinea ke-7. sampah itu dibuang hanya sekedar dijauhkan dari kita. pas banget sama kita-kita ini.

    kadang gw gak sadar buang sampah sembarangan. tapi lebih sering buang sampah ke tempat sampah siihh :D

    “kalo pengin dibilang handsome harus tetep buang sampah di tempat sampah ya.. :D

    Posted by diazhandsome | Friday, 21 August 2009, 16:16
  38. wadduuuh… sampah lagi sampah lagi..

    maklum, penduduknya banyak, jadi sampahnya juga banyak… hohoho.. mau giama lagi??

    mungkin sarjana teknik lingkungan perlu bekerja giat nih…

    “lhoo bukan hanya tanggung jawab sarjana teknik, tapi tanggung jawab kita bersama… :D

    Posted by ndop | Friday, 21 August 2009, 17:36
  39. sampah adalah masalah kita semua.
    makanya sampah selalu saja menjadi masalah.
    coba kalo sampah adalah rejeki kita semua, maka semua orang akan berperan dalam solusi persampahan :lol:
    salam…

    “bener banget mas..”

    Posted by ~noe~ | Friday, 21 August 2009, 19:21
  40. Selamat berpuasa….. semoga amal ibadah kita di terima ALLAH.SWT, n mau minta maaf juga

    “selamat berpuasa juga.. amiiin ya robbal ‘alamiin…
    saya mohon maaf juga lahir dan batin..”

    Posted by bohaay | Friday, 21 August 2009, 21:53
  41. Hrs ad cara2 jitu bwt d daur ulang, biar bisa brmanfaat lg.

    “bener banget, mari pikirkan bersama-sama..”

    Posted by Aspirasiputih | Saturday, 22 August 2009, 04:07
  42. wah selamat ya. jadi salah satu pemenang kontes review alnect computer. meskipun belum mendapatkan hadiah sesuai harapan setidaknya dari kemenangan ini bisa menjadi penyemangat, menjadi pembakar, menjadi cambuk untuk meningkatkan kreatifitas dan kualitas tulisan/review. untuk menghadapi kontes alnect ke2 atau kontes review lainnya. tetap semangat ya.. jangan pernah putus asa..

    ditunggu komentar berkualitasnya dalam tulisan ‘Rumah Impian…’.cheers..

    “iya nih lumayan lah bisa buat nyimpen2 data hehe..
    oke segera meluncur ke tkp..”

    Posted by Rumah Impian Eros | Saturday, 22 August 2009, 16:45
  43. Di beberapa tempat..tempat pembungan sampah tidak tersedia..sementara pengangkut sampah juga tidak sampai tempat itu….akhirnya pembuangan sampah cenderung sembarangan….

    “memang harusnya sarana pembuangan sampah diperbanyak biar sampah bisa dikelola dengan baik..”

    Posted by Si Gembala | Saturday, 22 August 2009, 17:29
  44. Susah bt menyadarkan masyarakat akan menjaga lingkungannya sendiri, seperti membuang sampah yg sjatinya hanya masalah sepele, tp itu malah di entengkan sama msyarakat..mrk bru nyadar kalo sudah ada bencana, banjir misalnya. :-(…face of indonesia…

    “sampah.. bener banget rasanya sepele padahal suatu saat akibatnya bisa fatal layaknya bom waktu yang bisa meledak tiap waktu..”

    Posted by Prasetya Yudha | Saturday, 22 August 2009, 18:09
  45. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fulllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

    “makasih kangboed… i love U fullllllllllllll juga… :D

    Posted by KangBoed | Saturday, 22 August 2009, 18:32
  46. Waaah masalah sampah ini pernah mambuat bandung lumpuh bandung lautan sampah

    “berarti bandung banyak yang nyampah, berapa kilo per hari tuh..?”

    Posted by KangBoed | Saturday, 22 August 2009, 18:33
  47. masih sedikit ambigu di pikiranku bagaimana aku bisa mengelola sampahku dan sampahmu….menjadi sampah bersama, aku ga mau bersihin eekmu soalna

    ^tolol mode on^

    “mari mencoba membuka lebar arti sampah yang memang sangat luas, bukan sekedar itu itu saja.. *halah…*

    Posted by indomielezat | Tuesday, 25 August 2009, 12:17
  48. sampah..sampah..sampah…

    sampai pusing bagaimana harus bersikap. kita sendiri sudah sadar sampah, tapi kalau orang di sekitar kita nyampah sembarangan, di laut, di jalan, seenaknya buka jendela mobil dan buang sampah sesukanya. selama ini yang bisa dilakukan kalo liat, ya hanya tarik napas panjang. entah apa lagi yang bisa dilakukan

    “intinya kita menjaga diri kita dulu agar tidak buang sampah sembarangan… selanjutnya nyadarkan orang di sekitar kita. ^mungkin gitu^

    Posted by Eby | Tuesday, 25 August 2009, 16:16
  49. Benar bgt, masalah sampah adalah masalah kita bersama. Maka dari itu, kita harus bersatu melawan sampah. :D

    “mari…lanjutgan… :lol:

    Posted by Tongkonan | Tuesday, 25 August 2009, 22:58
  50. bersihkan sampahmu sendiri

    “baru bersihkan sampah orang lain hehehe…”

    Posted by komuter | Wednesday, 26 August 2009, 14:59
  51. iyalah. gw mah hampir selalu buang sampah di tempatnya. kalo gak ada tempat sampah, gw kantongin dulu.

    serius!

    “wah serius niiiiih… belum liat langsung hehe..”

    Posted by diazhandsome | Wednesday, 26 August 2009, 21:28
  52. karena labelnya sampah, orang jadi nda mo ngurusi mas. butuh kesadaran tingkat tinggi. saya sendiri masih sering lupa untuk memisahkan sampah organik dan non-organik. maklum, di kosan tempat sampahnya hanya satu mas… hehehehe

    “bikin tempat sampah lagi mbak hehe..”

    Posted by frozzy | Friday, 28 August 2009, 15:51
  53. kangen akhirnya blue mampir dech
    met berpuasa yah
    salam hangat selalu

    “wah ternyata bukan aku saja yang kangen..
    met puasa juga blue.. salam2mu selalu ku tunggu..”

    Posted by bluethunderheart | Saturday, 29 August 2009, 13:48
  54. mana update barunya

    “udah apdet tuh… hehe..”

    Posted by ampun deh | Sunday, 30 August 2009, 02:35
  55. SAHABATKU RAIH FITRAH DIRI menjadi MANUSIA SEUTUHNYA UNTUK MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    “amiiiiiiiiiin……. makasih kangboed, semoga kita semua menjadi pribadi2 yang memiliki jatidiri.. amiiiiiiiiiin…”

    Posted by KangBoed | Monday, 31 August 2009, 04:45
  56. apdeeeeeeeeeeeeettttttttttt

    “hahaha… :lol:

    Posted by KangBoed | Monday, 31 August 2009, 04:46
  57. mudah mudahan kedatangan blue bukannya sampah ya,bang
    salam hangat selalu

    “tenang saja blue, kupastikan dirimu selalu berharga… sungguh.”

    Posted by bluethunderheart | Tuesday, 1 September 2009, 12:17
  58. buanglah sampah pada tempatnya.
    mari… :-)

    “mari jo….”

    Posted by endra | Wednesday, 2 September 2009, 23:40
  59. kalau denda dari pelanggaran buang sampah sembarangan di DKI berjalan, dijamin pemerintah DKI akan kaya mendadak, soalnya banyak warga DKI yang suka buang sampah sembarangan… hhee..

    *tukeran blogroll dong..

    “harusnya demikian ya.. biar lingkungan kita bersih, semuanya harus dipaksa untuk tidak sembarangan buang sampah…

    oke mas, kita tukeran..”

    Posted by madi | Saturday, 5 September 2009, 08:05
  60. sampah harusnya mendapat perhatian khusus dan utama dari pemerintah….jangan sampe malah jadi penyakit untuk rakyatnya uuhh…
    daur ulang yukk…
    klo sampah masyarakat gimna ya?? heee…

    “perhatian pemerintah dan kita semua tentunya..
    hmm kalo sampah masyarakat ya serahkan ke masyarakat saja hehe.”

    Posted by mahardhika | Saturday, 5 September 2009, 12:56
  61. T_T

    miris..

    “sampah memang tragis..”

    Posted by Nisa | Saturday, 5 September 2009, 14:11
  62. pengen comment pake pantun juga tapi…
    i’m not good on it

    “haha salah kapling, but it’s OK..”

    Posted by senny | Sunday, 6 September 2009, 04:55

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: