::
you're reading
SERBANEKA

seberapa siap

Hidup.. yah hidup yang kita jalani pastinya penuh dengan berbagai hal dan kejadian yang membuat kita tertawa, ceria, gundah, sedih, bahkan menangis. Macam-macam pula reaksi yang kita lakukan ketika menghadapi semua fenomena hidup tersebut. Dan ketika semuanya berujung pada bagaimana kemampuan kita untuk memaknai hidup ini, akankah kita dapat menerima semua itu…?

Mendengar kata “rela” mengandung artian bahwa yang terjadi adalah suatu yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Tidak mungkin ketika kita mendapat hadiah undian kuis atau dinaikkan gajinya terus kita bilang kita harus rela. Iya kan? yang kita ungkapkan biasanya rasa syukur, bukan rela. Coba bandingkan misal “kita rela menerima hadiah” dengan “kita bersyukur karena menerima hadiah”. Pada akhirnya secara umum kata “rela” selalu dikaitkan dengan ungkapan pada sesuatu yang tak pas di hati, yang tak kita ingini.

Mungkin bila ditelisik lebih jauh, rela berdekatan dengan ikhlas kali ya.. hanya saja kadang kita bilang rela tapi sebenarnya tidak ikhlas. Tapi sebaliknya, bila kita ikhlas sudah pasti rela. Secara teori, menjelaskan arti rela mungkin mudah, tapi untuk kebanyakan fenomena yang berhubungan dengan hati maka dalam tataran prakteknya sungguh sangat sulit, seperti halnya sabar, syukur, semangat, jujur, cinta dan aktivitas hati lainnya.

Merelakan kenyataan. Susah memang, jika tiba-tiba kita kehilangan motor kita misalnya, diputusin oleh kekasih kita, kehilangan orang yang kita cintai, gagal mendapat beasiswa studi atau gagal dalam menggapai sesuatu yang kita ingini. Tapi sudah seharusnyalah kita rela, bahkan ikhlas menerima itu semua. Kita anggap saja rela sebagai awal dari rentetan beberapa fenomena yang menakjubkan selanjutnya.

Renungkan saja, bila kita rela dan ikhlas maka yang ada kita menjadi sabar. Setelah kita bisa sabar menghadapi semuanya maka insyaallah kita bisa merasakan syukur atas apa yang ada. Selanjutnya bekerja keras kembali dengan lebih baik untuk mendapatkan apa-apa yang kita inginkan. Dan bila ternyata gagal lagi maka rela, ikhlas, sabar dan syukur serta berjuang kembali. Berputar berjalan menjadi sebuah sinergi yang menjadi inti dari kehidupan, karena hidup itu sendiri adalah perjuangan.. Tergantung seberapa siap kita menikmati perjuangan itu..

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

92 thoughts on “seberapa siap

  1. Selalu berjuang!!!

    Posted by indra1082 | Monday, 30 November 2009, 13:08
  2. Setuju, hidup adalah perjuangan, salam kenal dan sukses selalu

    Posted by ruanghatiberbagi | Monday, 30 November 2009, 14:11
  3. Jujur aku masih sulit utk bisa lakukan ini :)

    Salam :)

    Posted by Aribicara | Monday, 30 November 2009, 14:37
  4. sip. setuju. hidup itu perjuangan. ga mungkin uang dateng sendiri. harus kerja keras & dinikmati..

    Posted by cantigi | Monday, 30 November 2009, 15:01
  5. masih belajar :D

    Posted by inspirasimenulis | Monday, 30 November 2009, 15:02
  6. rela… melepas
    rela menerima
    rela apa adanya..
    rasanya hidup akan tenang

    Posted by elmoudy | Monday, 30 November 2009, 15:17
  7. ikhlas komen di mana-mana

    Posted by komuter | Monday, 30 November 2009, 15:28
  8. Kebanyakan..yg ada itu, bilang rela atau ikhlas..namun sebenarnya dalam hati berkata tidak… Ini masih sering saya alami… Memang lumayan berat utk bisa mencapai tingkatan rela, ikhlas, dan sabar…
    Salam hangat dan damai selalu…

    Posted by Hary4n4 | Monday, 30 November 2009, 15:37
  9. ikhlas dans abar..
    dua sahabat yan9 terus berproses pada diriQ.
    insya Allah.. :)

    Posted by wi3nd | Monday, 30 November 2009, 16:21
  10. yups setuju hidup adalah perjuangan

    Posted by yangputri | Monday, 30 November 2009, 16:54
  11. yupss..intinya adalah IKHLAS dalam arti seutuhnya

    Posted by d-Gadget™ | Monday, 30 November 2009, 17:07
  12. jadi inget kata Paul Tillich (1886-1965), filsuf dan teolog Amerika Serikat kelahiran Jerman “Mereka yang berani mengambil risiko kemudian gagal, itu bisa dimaafkan. Mereka yang tak pernah mengambil risiko dan tak pernah gagal, ini adalah kesalahan manusia sepanjang hidupnya.”
    hehehe nyambung g yah? :smile:

    salam, ^_^

    Posted by Didien® | Monday, 30 November 2009, 17:08
  13. hidup memang perjuangan yg harus di pertanggung jawabkan sampe pada akhirnya…

    Posted by Caride™ | Monday, 30 November 2009, 17:09
  14. selamat sore mas,maap y lama aku ga berkunjung nih.

    setuju sekali mas kalau hidup adalah perjuangan.
    ingat sama simbok saya mas ” sabar niku genggemane manungso ngurip ning alam dunyo” begitu katanya mas.

    salam hangat.

    Posted by Andioka | Monday, 30 November 2009, 17:10
  15. belajar memperbaiki diri ;)
    ***
    howdy, mas?

    Posted by rayyahidayat | Monday, 30 November 2009, 19:27
  16. saya selalu siap kok mas
    tetep semangat aja

    Posted by hellgalicious | Monday, 30 November 2009, 21:22
  17. Ikhlas…?? Kunci utama.
    Sulit banget menerapkannya.
    Makasih bro

    Posted by HumorBendol | Tuesday, 1 December 2009, 01:40
  18. ikhlas itu amalan hati, jadi siapa yang bisa tahu
    Nang ingat kuliah evolusi nggak? Saya ada bukunya tuh, saya pajang

    Posted by sunarnosahlan | Tuesday, 1 December 2009, 08:58
  19. ilmu ikhlas dan sabar adalah du ahal terkait yang memnag tidak mudah

    Posted by nurrahman18 | Tuesday, 1 December 2009, 11:24
  20. sabar…sulit kali utk menerapkannya….tapi bisa bila diusahakan kan….

    Posted by ammadis | Tuesday, 1 December 2009, 12:45
  21. tingal disiapkan
    siap grak

    Posted by suwung | Tuesday, 1 December 2009, 13:09
  22. Memang kuncinya adalah ikhlas.
    Berat tapi asal hati ini mau dibuka sedikit pasti bisa ikhlas.

    Posted by zee | Tuesday, 1 December 2009, 13:15
  23. kesabaran itu memang tak sekedar menerima keadaan begitu saja, tapi lebih padap keihklasan tanpa ada keluh kesah

    Posted by zulhaq | Tuesday, 1 December 2009, 16:04
  24. semuanya harus belajar dari diri sendiri dan kerja keras

    Posted by Hariez | Wednesday, 2 December 2009, 02:32
  25. Assalamu’alaikum,
    Pada dasarnya kita baru benar-benar bisa rela, sabar dan ikhlas, kalau kita menyadari bahwa hidup bukan kita yang punya, bukan kita yang mengendalikan, makanya kadang sering berjalan tidak sesui keinginan kita. Dan segala sesuatu dalam hidup kita ini adalah titipan dari Allah. Kita juga harus bisa mensyukuri segala nikmat yang ada, karena kita tidak akan pernah merasa cukup, bila tidak bisa mensyukuri nikmat yang ada.

    Posted by jalandakwahbersama | Wednesday, 2 December 2009, 11:55
  26. Merelakan dan mengikhlaskan sesuatu yg berharga itu adalah sesuatu yang sulit. tapi kita memang kadang harus belajar untuk ini :)

    Posted by Aribicara | Thursday, 3 December 2009, 08:53
  27. Nice article, u write down about our last discussion. Yup, just like this the real life..

    Posted by anaquadiva | Friday, 4 December 2009, 10:01
  28. mana nih apdetannya

    Posted by komuter | Friday, 4 December 2009, 13:01
  29. Hmm… Bukannya ikhlas lebih merujuk pd perasaan tenang, tentram, aman, imajinasi…
    Klo rela?

    Posted by Ello | Friday, 4 December 2009, 16:40
  30. ikhlas dalam hidup dan penuh kerelaan…

    wah dah jarang ada nih yg punya sifat seperti ini…

    Posted by phonank | Friday, 4 December 2009, 17:26
  31. dan harus ikhlas kan,bang
    salam hangat selalu
    met menikmati akhir pekan y

    Posted by dobleh yang malang | Saturday, 5 December 2009, 20:10
  32. Bahasa Indonesia memang terlalu banyak kata-kata yang mirip. Rela dan ikhlas, sulit dicari perbedaannya, karena dalam P4 sendiri ada istilah “Rela berkorban demi Nusa dan Bangsa” tentunya negara mengharapkan keikhlasan bukan keterpaksaan. Semoga kita bisa selalu menghadirkan keikhlasan dan tentunya keridhoan. Nah…. ada kosakata “Ridho” , artinya apa juga ya mas.

    Posted by nurhayadi | Sunday, 6 December 2009, 06:07
  33. Ikhlas dan rela dua hal yang sangat mirip memang, atauakalau nggak malah sama. Intinya adalah bersikap lapang dada atas segala keputusan yang terjadi dalam hidup.

    Apa kabar Mas. Apakah ambon masih aman damai.

    Posted by masnur | Sunday, 6 December 2009, 14:52
  34. Ikhlas dan bersyukur. Nice posting

    Posted by Faiz Mizu | Sunday, 6 December 2009, 21:15
  35. Nice post :)

    Posted by technomizer | Monday, 7 December 2009, 01:28
  36. selalu siap…,
    untuk kerja keras untuk hidup….,

    Posted by tyan's | Monday, 7 December 2009, 06:52
  37. Perlu terus belajar utk bisa lakukan ini …

    Posted by Aribicara | Monday, 7 December 2009, 10:26
  38. sip!! like this!

    Posted by nisa | Tuesday, 8 December 2009, 22:18
  39. semangat terus :D

    Posted by technomizer | Wednesday, 9 December 2009, 00:07
  40. kalo aku lebih sering denger, Rela lebih deket dengan melakukan, Ikhlas lebih dekat dengan diperlakukan

    Posted by noun | Wednesday, 9 December 2009, 00:52
  41. Masih berjuang nih? :)

    Posted by indra1082 | Wednesday, 9 December 2009, 12:41
  42. Aa Gym juga bilang kita harus siap dalam menghadapi musibah :D

    Posted by Zico Alviandri | Wednesday, 9 December 2009, 15:07
  43. kuq belum apdet neh kang..???

    Posted by Caride™ | Thursday, 10 December 2009, 13:09
  44. keknya sedang sibuk neh yg empunya blog ini..sampe g ada apdetan baru… :mrgreen:

    Posted by Didien® | Thursday, 10 December 2009, 13:10
  45. siap gak siap, harus siap..

    Posted by rama | Thursday, 10 December 2009, 13:26
  46. merasa belum siap, tapi kadang sesuatu hal mendadak menjadikan kita merasa siap…

    Posted by dan | Thursday, 10 December 2009, 20:59
  47. untuk saat ini saya belum siap, tapi kalo pun sisa hidup tinggal 10 menit ke depan saya harus siap.

    Posted by Huang | Saturday, 12 December 2009, 00:21
  48. Buat orang-orang yang nggak sabaran, mungkin rela atau ikhlas adalah hal yang sangat mahal ya…

    Mudah2an rela itu bisa semakin dekat dengan diri kita masing2.

    Amiin.

    Posted by adelays | Saturday, 12 December 2009, 08:00
  49. tidak mudah menjadi ikhlas, rela, berpikiran lapang saat ada cobaan… kita memang harus terus menerus belajar untuk dapat melakukan itu… salam, d.~

    Posted by 'dee | Saturday, 12 December 2009, 20:30
  50. …gagal mendapat beasiswa studi atau gagal dalam menggapai sesuatu yang kita ingini.

    Bismillah, semoga bisa ikhlas ;)

    Posted by rayyahidayat | Sunday, 13 December 2009, 23:30
  51. ayo tetep semangat

    Posted by annosmile | Monday, 14 December 2009, 00:51
  52. datang lagi nih….

    Posted by komuter | Monday, 14 December 2009, 12:57
  53. Assalaamu’alaikum

    SAHABAT
    Walau…
    Langkah tak bertemu
    Tangan tak berjabat (perempuan sahaja ya)
    Ucapan tak terdengar
    Izinkan hati ini memohon maaf
    Atas segala…..
    Sikap dan lisan yang tak terjaga
    Janji yang tak terkota
    Hati yang kerap berprasangka (insya Allah tiada)
    Sepanjang setahun perkenalan kita
    Selama persahabatan kita terjalin di dunia maya
    Terima kasih atas kasih sayang dalam ukhuwwah yang dicerna
    Semoga kita selalu di dalam perlindungan-Nya

    SELAMAT MENYAMBUT MA’AL HIJRAH 1431
    Salam Awal Muharam dan salam manis dari saya di Bangi, Selangor, MALAYSIA.

    SITI FATIMAH AHMAD

    Posted by Siti Fatimah Ahmad | Friday, 18 December 2009, 06:57
  54. Assalamu’alaikum..
    Apa kabar.. lama gak silaturrahim ke rumah Mas muhamaze..

    selamat tahun baru 1431 H..

    Posted by UmuKamilah | Sunday, 20 December 2009, 09:48
  55. Mantab :) Kita ridho (rela) atas semua kehendak Tuhan, dan ikhlas (memurnikan) sholat kita, hidup kita, mati kita, hanya untuk Allah swt. :)

    Posted by Zico Alviandri | Monday, 21 December 2009, 16:39
  56. SELAMAT HARI IBU
    JUST 4 MOM

    Posted by indra1082 | Wednesday, 23 December 2009, 09:59
  57. piye kabare nang? sehat?

    Posted by sunarnosahlan | Thursday, 24 December 2009, 16:10
  58. kayaknya aq balik lgi deh nge-blog

    buat sementara. hahaha
    gmn kbarnya??

    Posted by konohanasakuya | Sunday, 27 December 2009, 21:49
  59. :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

    RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk

    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank

    I Love U fuuuuullllllllllllllllllllllllllllllll

    Posted by KangBoed | Tuesday, 29 December 2009, 11:17
  60. Lama enda mampir mas.. sukses terus nyaaak

    Posted by KangBoed | Tuesday, 29 December 2009, 11:19
  61. mampir lagih

    Posted by komuter | Friday, 1 January 2010, 14:13
  62. tetap semangat!!

    Posted by h-run | Friday, 1 January 2010, 16:42
  63. Assalamu’alaikum,
    Selamat Tahun Baru, semoga ditahun ini, semakin bertambah ketakwaan kita kepada Allah Swt, dan semoga kita bisa lebih sukses dari tahun sebelumnya. Maaf, saya lama absen ngeblog, jadi baru sempat balas kunjungan sekarang. (Dewi Yana)

    Posted by jalandakwahbersama | Saturday, 2 January 2010, 22:00
  64. wah masrur ternyata…he he he semangat untuk selalu mensyukuri hidup ya…
    ehm yang lagi mudik…met kursus ya mung..

    Posted by desnilasari | Sunday, 3 January 2010, 01:06
  65. blue mensuportmu selalu
    salam hangat dari blue

    Posted by bluethunderheart | Monday, 4 January 2010, 00:48
  66. Hello there.. Nice blog :) salam kenal ya, lagi blogie walking neh sambil woro-woro Ada Lumpia 1000 Di Lawang Sewu

    Posted by gambang semarang | Friday, 8 January 2010, 00:05
  67. semangat semangat bang
    salam dalam kehangatan musim

    Posted by kezedot | Saturday, 9 January 2010, 20:54
  68. Begitu TKB sidak untuk ke-2 kalinya nanti, tulisan ini harus sudah berubah lho mas.

    Posted by Wandi thok | Tuesday, 12 January 2010, 00:25
  69. Siap ora siap kudu siap weh :lol: Ayo ndang dihapdet. :lol: :D

    Posted by Wandi thok | Tuesday, 12 January 2010, 00:27
  70. Mariska siap dikunjungi kak. Salam kenal dan sayang dari Mariska di Kendal Jateng ya kak.

    Posted by Mariska Ayu | Tuesday, 12 January 2010, 00:29
  71. weleh… comment e akeh rek…
    tapi kapan update blog maneh iki ???

    Posted by holmes1412 | Friday, 15 January 2010, 18:06
  72. tetep semangat mas…
    persiapkan dirimu

    Posted by annosmile | Sunday, 17 January 2010, 13:00
  73. lama diajeng ga mampir….piye kabare mas… ? :)

    Posted by diajeng | Monday, 18 January 2010, 23:41
  74. Semoga selalu dalam lindungan Alloh SWT..amin… :)

    Posted by diajeng | Monday, 18 January 2010, 23:42
  75. mau gak mau kita harus rela mengerjakan semuanya. coba kalau kita ngeblog tapi gak rela quota internet kita habis, ya gak ngeblog-ngeblog kan? gampangnya sih gitu aja :D

    Posted by diazhandsome | Tuesday, 26 January 2010, 22:32
  76. Tidak mudah menjadi ikhlas…
    Ditunggu postingan berikutnya mas…

    Posted by adelays | Monday, 1 February 2010, 18:51
  77. tetap semangat dan harus selalu siap….

    Posted by endra | Saturday, 6 February 2010, 00:42
  78. silaturrahiim… :)

    Posted by Nisa | Monday, 8 February 2010, 09:21
  79. apdet woi..

    Posted by eMo | Saturday, 20 March 2010, 23:13
  80. iya, kadang sulit untuk merelakan beberapa hal. misalnya sahabat yang meninggal atau apa… padahal jika direlakan, akan membawa kelegaan ya…

    Posted by macangadungan | Wednesday, 24 March 2010, 14:02
  81. sabar aja..merdeka/

    Posted by anto | Thursday, 15 April 2010, 23:57
  82. seberapa siap,, seberapa cepat..

    salam kenal nihh
    sedang blogwalking dan ketemu blog menarik ini.. ditunggu kunjungan baliknya di http://www.ossmed.com

    Posted by ossmed | Thursday, 22 April 2010, 21:05
  83. pekerjaan paling susah..rela dan ikhlas…

    Posted by mel | Friday, 4 June 2010, 14:31
  84. Salam kenal dari Blogger Baron-Nganjuk

    Posted by Miftahur | Wednesday, 23 June 2010, 21:43
  85. hidup adalah perjuangan. dalam perjuangan kita harus selalu siap menerima resiko yang akan datang. baik menyenangkan maupun yang harus menuntut sikap “rela”

    Posted by alief | Wednesday, 21 July 2010, 11:52
  86. syukur, sabar dan iklas itu adalah pekerjaan sederhana yang susah.taai bagaimanapun itu harus siap menerima dan menjalaninya

    Posted by pelintas batas | Wednesday, 21 July 2010, 12:06
  87. terus berjuang bro. semangat!!

    Posted by bonankz | Sunday, 8 August 2010, 13:21
  88. setahun bro,…. ra update

    Posted by holmes1412 | Tuesday, 31 August 2010, 15:46

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: “Ku ingin” ku persembahkan « muhamaze - Wednesday, 6 October 2010

  2. Pingback: berpikir terbalik « muhamaze - Friday, 3 December 2010

  3. Pingback: masih tertatih « banyumas – ambon pp - Tuesday, 22 February 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: