::
you're reading
SERBANEKA

abaikan, teruskan yang baik

Pernah baca yang kayak gini…

“Mah, tlg krm pls 20rb aja ke nmr p2h yg br di 08123456789 skrg ya, pnting bgt kndsi darurat.Papah lg dlm prjlnan ni,mndadak ad tgs kntor ke daerah.Makasih ya mah..”

atau yang ini…

“Selamat,anda memenangkan undian dari poin berhadiah berupa uang tunai 20jt. Ini bukan penipuan,jgn panik,sgra konfirmasi ke 08123456789 utk cara pengambilan hadiah. Hub call centre kami di 021-sekian sekian… Pengirim 777”

atau ini…

“Tgl 9 Sept SBY ulang tahun akan bagi2 pulsa kerjasama dgn operator,kirimkan ke 10 orang yg lain maka pulsa anda akan otomatis terisi 50rb.Beneran tanpa basa basi…”

dan masih banyak lagi yang lain…

Pernah dapat pesan singkat seperti di atas? atau paling nggak gaya-gayanya seperti itu lah.. Pasti kebanyakan jawabannya pernah. Sekarang jamannya hape, setiap orang bahkan yang masih anak2 pun sudah sangat familiar dengan hape. Yah hape sudah seperti alat penting yang wajib dimiliki untuk memudahkan komunikasi. Bahkan sekarang fitur-fitur yang ada di hape semakin canggih saja. Tiap hari mungkin ada keluaran tipe hape baru. Kalo dulu paling dikenal 3 atau 4 merk hape, nah sekarang merk hape segitu banyaknya dan dijual kayak kacang goreng.

Sejalan dengan perkembangan hape, makin banyak pula hal unik yang terjadi seperti modus penipuan, pedekate sama lawan jenis, dan lainnya. Saya ngambil contoh penipuan via sms. Contoh2 di atas adalah sms-sms yang kadang nyangkut di hape saya. Geli aja mbacanya :D kok ada ya orang-orang iseng yang bertujuan menipu. Dan parahnya, ada juga (bahkan banyak) orang yang ketipu dan tergiur dengan pesan singkat yang ia terima.

Sebenarnya gampang saja menilai isi sms, apakah itu bercitarasa penipuan, keisengan atau itu bener2 sungguhan. Kita baca dengan seksama dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Misal nomornya tidak kita kenal dan isinya nggak jelas, mending nggak usah direspon. Misal dia mengatasnamakan seseorang, saudara, kakak, adik, suami atau istri kita, mending kita konfirmasi dulu sebelum melakukan tindakan lanjutan, bila sudah yakin itu bukan mereka, maka abaikan saja. Dan untuk jenis-jenis sms penipuan lainnya,  jangan lupa gunakan logika kita, masuk akal nggak ya isi sms itu. Dan yang tak kalah penting kita sedikit2 harus tahu program2 yang diselenggarakan operator seluler yang kita pakai. Jadi nggak lucu kan kalo ada sms anda memenangkan hadiah undian salah satu operator seluler ternyata program itu sebenarnya nggak ada.

Tapi jangan salah, kadang ada juga sms nyasar yang apabila kita pikir2 bagus dan baik juga bila kita teruskan. Misalnya:

“Menjelang Idul Adha, ajaklah sdra2 qt utk b’qurban n mbntu mrk yg kesusahan. Mdh2an amal qt dirihoi Alloh SWT. Sebarkan sms ini kpd sdra2 muslim yg lain.Mdh2n yg ngirim dpt pahala, amiin”

Apabila ada sms seperti itu dan sejenisnya, yang bernilai kebaikan maka tidak ada salahnya (bahkan lebih baik) bila kita forward dan teruskan ke nomer hape temen2 kita yang lain.

Jadi, mudah saja untuk menilai sebuah pesan singkat, apakah itu kebohongan, penipuan atau itu mengandung suatu kebaikan. Berpikirlah proaktif bukan reaktif. Gunakan hati kita sebagai filter terhadap semua stimulus yang datang dari luar, bukan hanya sms, tapi juga isu-isu yang berkembang di kehidupan kita. Abaikan hal-hal yang menyesatkan, dan teruskan bila itu baik..

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

43 thoughts on “abaikan, teruskan yang baik

  1. Jadi, pintar-pintarlah memilih. :D

    [ siiip.. pilihlah yang baik

    Posted by Asop | Friday, 12 November 2010, 11:05
  2. jk ada sms seperti yg tertulis ditulisan paling atas n sejenisnya saya langsung hapus mending ga usah baca..

    [ bener, hapus dan lupakan.. :)

    Posted by ummurizka | Friday, 12 November 2010, 11:12
  3. jangan cepat tergoda sebuah sms :D

    [ emang apaan tergoda :D

    Posted by ysalma | Friday, 12 November 2010, 11:27
  4. saking banyaknya sms kaya gitu akhirnya saya isengin balik mereka. iseng = marah :D

    [ hehe sama bunda..

    Posted by bundamahes | Friday, 12 November 2010, 12:17
  5. Betul, saya sepakat
    Proaktif bukan reaktif
    Jikalau sekedar reaktif, dah terlalu biasa di negeri ini :)

    [ siip… lanjutkan.. :)

    Posted by achoey | Friday, 12 November 2010, 12:19
  6. aq sering dapet sms apalagi yang mama dan papa itu
    pernah aku bales sekali gini:

    “wah hebat ya sekarang papaku di surga udah pake hape? oh ya btw sejak kapan gw manggil lo papah?”

    :D

    [ hehe orang iseng gak kreatip ya mbak..

    Posted by gerhanacoklat | Friday, 12 November 2010, 12:53
  7. benar…
    kadang beberapa temen ada me-replay sambil mengumpat-umpat tatkala mendapat sms ‘sesat’ seperti 3 contoh di atas. klo dipikir, memang rugi yah ngadepin yang begituan…, rugi pulsa, rugi hati juga, rugi jempol. :smile:
    ABAIKAN, dan TERUSKAN YG BAIK²

    [ bener, yang iseng gak usah diurusin lah… rugi rugi..

    Posted by bagustejo™ | Friday, 12 November 2010, 13:03
  8. makasih sharingnya :D

    [ sama sama..

    Posted by ●●●ЄЯШЇЙ●●● | Friday, 12 November 2010, 14:37
  9. hi hi hi sering banged dapet tuch..

    tentu sajah abaikan dan langsung delete :D

    [ bener banget.. :)

    Posted by wi3nd | Friday, 12 November 2010, 14:56
  10. heheh pernah tuh dapet kiriman sms, yang intinya kalo gak saya sebarin ke 10 orang saya bakal jadi perawan tua seumur hidup.
    heheheh… stress pengirimnya.

    [ abaikan saja yang gituan mah..

    Posted by Tari-ssi | Friday, 12 November 2010, 15:17
  11. hahah… memang banyak sms yang bikin kita mikir2… kadang bikin penasaran aja…. gw juga pernah, tp ya gitu deh…gw dah tau maksud tjuannya… hehe

    [ makanya harus proaktif bila ada sms nyasar..

    Posted by elmoudy | Friday, 12 November 2010, 15:38
  12. BINGUNG NI GIMANA CARANYA??? buat milih2 yang mana yang bagus???

    [ tanyakan pada hatimu kawan.. :D

    Posted by Richie Lanover | Friday, 12 November 2010, 16:24
  13. setuju, memang kudu pinter2 memilah dan memilih, mana yg gak penting berupa penipuan atau memang mengajak pd kebaikan
    salam

    [ siiip bunda.. salam balik jg.. :)

    Posted by bundadontworry | Friday, 12 November 2010, 16:28
  14. model sms spt yg paling bawah itu konon hasil kerja kreatif operator seluler, apalagi klo bukan utk menyedot pulsa konsumen. smkn banyak yg meneruskan ke org lain akan smkn besar pulsa yg didapat
    **bener nggak sih?

    [ mungkin juga, semakin banyak sms, semakin besar keuntungan kali…

    Posted by kyaine | Friday, 12 November 2010, 19:40
  15. Pernah sekali tapi tak abaiin

    [ kalo iseng abaikan saja..

    Posted by Sang Penjelajah Malam | Friday, 12 November 2010, 23:00
  16. Aku sering dapat sms2 kaya gitu, ah……

    Tapi,alhamdulillah nggak pernah tergodah untuk membalas secara serius kecuali mengisengi ha ha ha

    [ abaikan saja itu…

    Posted by Pendar Bintang | Saturday, 13 November 2010, 00:31
  17. sms gak penting yang meramaikan disaat hape sepi…

    [ hehe…

    Posted by Nohara | Saturday, 13 November 2010, 10:09
  18. Hape saya jarang ada pulsanya, kalaupun ada ya.. dipakenya cuma buat menghubungi orang2 penting aja B-)

    Kalau ada sms begituan mah, tugas orang lain kayaknya buat merespon, bukan saya.

    :-”

    [ hehe boleh boleh… :D

    Posted by Lumiere | Saturday, 13 November 2010, 15:07
  19. maklum kang hp ku jadul gitulah hu hu jadi beberapa kiriman sms ‘sebagian teks hilang’…

    [ haha yang hilang itu malah jadi penasaran… :D

    Posted by andioka | Saturday, 13 November 2010, 20:23
  20. Hehe… memang keisengan yang ngirim sms gitu…
    Kalo aku kuabaikan saja, apapun jenisnya. Ngirit pulsa sih… *pelit mode: on*

    [ siiip…. :)

    Posted by Kakaakin | Saturday, 13 November 2010, 20:47
  21. Hhehehe..kalo soal sms yang ngakunya “bapak” atau “ibu”, emang selayaknya gak perlu di respon.
    Atau, kalo mau di respon boleh2 aja, dimaki2 sekalian, wkakkakak….

    [ hajar bleh.. :D

    Posted by Zippy | Saturday, 13 November 2010, 22:57
  22. Aku jg langsung delete SMS SPAM yg kaya gtu,capek ladeninya,dia krm sms dgn operator yg ksh gratis,kita bls pake optr yg b,byr,rugi 2x da.

    [ hehe bener rugi dipulsa kalo ditanggepin bang..

    Posted by Mr.o2n° | Sunday, 14 November 2010, 09:34
  23. logika emang perlu dikedepanin, tapi yang kirim ke 10 dpat pulsa, saudaraku pernah dapat, tapi temennya gak..
    gak ngerti ah n gak ikutan

    [ kalo isinya baik ya teruskan saja…

    Posted by z4nx | Sunday, 14 November 2010, 16:45
  24. jgn pernah tertipu dg sms yg meminta sesuatu atopun indikasi yg akan menguras pulsa kita..

    [ intinya penipuan gitu ya…

    Posted by d-Gadget™ | Sunday, 14 November 2010, 23:10
  25. sudah bbrp kali saya mendapat sms yg meminta pulsa mengatas namakan orang tua maupun sodara lain.
    tapi sampe saat ini alhamdulillah logika saya masih jalan dan tetap aman dari penipuan itu…
    apakabar kawan?

    salam, ^_^

    [ siiip mantab kang.. alhamdulilah kabar baik selalu kang.. :)

    Posted by Didien® | Sunday, 14 November 2010, 23:11
  26. memang kreatip yg bikin sms itu, sayangnya berotak kriminal

    [ bener itu… coba disalurkan hal lain yg positif ya..

    Posted by Caride™ | Sunday, 14 November 2010, 23:16
  27. anehnya adalah mengapa setiap mengaktifkan kartu baru harus registrasi dulu, sementara hal² seperti ini masih tetap saja terjadi.

    [ emang, saya jg gak habis pikir..

    Posted by Kuker | Sunday, 14 November 2010, 23:27
  28. aku ga pernha sms begitu lho om :D

    [ ah yang bener, ayo ngaku….??

    Posted by almascatie | Monday, 15 November 2010, 04:57
  29. proaktif? reaktif? filter? stimulus?

    ah, tak ngerti sayah.

    [ memang tak harus untuk dimengerti, dibaca saja sdh cukup, ato kalo gak diapalin..

    Posted by hamida | Monday, 15 November 2010, 05:27
  30. Denuzz juga sering banget dapat sms model begituan … sayangnya Denuzz bukan anak kecil atau kakek2 pikun yg mudah ditipu … :)

    semoga para penipu cepet insyaf ya …

    Salam BURUNG HANTU

    [ hehehe berarti antara anak kecil dan kakek2 ya..?

    Posted by Denuzz BURUNG HANTU | Monday, 15 November 2010, 10:26
  31. yg baik memang harus diforward terus dong bung :D

    [ siiip… biar berpahala..

    Posted by Red | Monday, 15 November 2010, 14:50
  32. Uhoo~~ Uhoo~~ Ebes saya hampir aja ketipu, dan sayangnya temannya kena tipu :? kasian juga ya sama yg ketipu, ckck. Kecuali kalo pake gratis 1000 sms kaya saya ga pa-pa deh nyebarin sms yg bagus kaya selamat idul adha kaya d atas :D

    [ pokoknya hati2 kalo ada sms nyasar apalagi yg berbau penipuan… oke selamat idul adha jg ya..

    Posted by Deq HAMASah | Monday, 15 November 2010, 16:55
  33. Saya pernah dapat … tapi tidak akan ‘tergoda … :)
    namun sms yg baik tentulah kita se7 meneruskannya pada teman dan sahabat … :)

    [ siiip lah.. :)

    Posted by ~jayaros | Monday, 15 November 2010, 16:55
  34. pengen sekali tahu si pengirim sms-sms nyasar ini

    [ sama, sebenarnya kayak apa orangnya sih.. :)

    Posted by orange float | Monday, 15 November 2010, 19:15
  35. kalo aku dapat gituan ya aku cuekin za brow, kalo dilayani mah itu namanya kurang kerjaan za. ditambah gitu kita ndiri lagi yang rugi,

    [ iya, yang jelek abaikan, apabila sms itu baik teruskan.. :)

    Posted by hudaesce | Monday, 15 November 2010, 23:44
  36. ga habis pikir bagaimana cara kirim pulsa ke nomor dari sms yg dimaksud, maklum gaptek he he

    see, drpd ribet mending ga usah dilayani sms itu :D

    [ tinggal beli di konter aja mas.. :) abaikan saja kao gak jelas..

    Posted by waroeng ubuntu | Tuesday, 16 November 2010, 18:26
  37. hahaha saya baru dapat sms bapa minta pulsa wkwkw :D asem tukang nipu hehe

    [ abaikan saja kang.. :D

    Posted by kangmas ian | Tuesday, 16 November 2010, 18:28
  38. Hati-hati juga dengan yg inihttp://triyantobanyumasan.wordpress.com/2010/11/11/modus-baru-penipuan-uang-dengan-ponsel/

    Nitip sapi sisa kurban Ganhttp://triyantobanyumasan.wordpress.com/2010/11/18/idul-qurban-di-ancol/

    [ hehe sekarang banyak penipuan, ati2 kang… wah cuma dititipin saja nasinya kang.. :D

    Posted by Triyanto Banyumasan | Friday, 19 November 2010, 01:56
  39. kunjungan pada tengah malam …
    apdet..apdet

    [ hehe lagi mikir buat apdet nih kang..

    Posted by Andioka | Friday, 19 November 2010, 02:46
  40. betul om, mari terus berbagi…

    [ siipp.. mari berbagi yg baik2..

    Posted by komuter | Friday, 19 November 2010, 09:22
  41. keren ya smsnya…

    pengarangnya pasti jago banget menghipnotis…

    [ pengarange edan kuwi…

    Posted by ndop | Friday, 19 November 2010, 11:41
  42. sms kayak gitu buat jadi bahan hiburannya saya biasanya..
    hehehe

    btw..
    Beta sekarang di Jogja abang
    kalo abang?

    [ hapus saja fiya.. oh di jogja kuliah kah? beta skrg di ambon..

    Posted by Fiyaa | Saturday, 20 November 2010, 17:17
  43. Wuah, ane seringnya disimpen aja paklek…

    [ waduww menuh2in inbox donk..

    Posted by yak | Tuesday, 23 November 2010, 17:37

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: