::
you're reading
SERBANEKA

berpikir terbalik

Membaca buku “Ubah Slogan Jadi Tindakan” sering membuatku manggut-manggut. Salah satunya adalah: ternyata memang sangat banyak cara dan upaya orang-orang di sekitar kita dalam memandang kehidupan ini. Hidup memang sepertinya tidak pernah sempurna, ada saja yang gagal, ada yang berhasil. Semua membuat kita terkadang mengeluh.

gak jelas, baca ato tidur :D

Dan selama kita masih hidup, jangan lelah untuk terus mencari cara agar kehidupan ini menjadi lebih menarik, melihat berbagai hal dangan sudut pandang baru. Berpikir terbalik, ini sebuah gagasan yang terserah kawan-kawan saja, mau diterima atau tidak, terdengar aneh, lucu, sekuler, atau apapun. Sebuah Teori George Carlin.

“Hal yang paling tidak adil tentang kehidupan ini adalah titik akhirnya… Anda berjuang seumur hidupnya untuk mengejar kebahagiaan, tetapi apa yang anda terima setelah itu? Hal ini membuat banyak orang merasa bahwa hidup ini berat dan merupakan sebuah kesia-sian belaka. Agar hidup ini menjadi lebih menarik, daur hidup itu mestinya bergerak ke belakang. Anda memulai siklusnya ketika sesosok mayat bangkit dari kematian. Kemudian berada di panti jompo karena usia tua dan sakit-sakitan. Suatu hari anda dikeluarkan dari sana karena sudah sehat dan terlalu muda untuk menghuni panti itu. Anda berada di masa kejayaan karier anda, bekerja selama 40 tahun sampai anda cukup muda untuk menikmati pensiun. Anda lalu bergembira dan berpesta, lalu bersiap masuk universitas, SMA, SMP, SD, lalu bermain-main di taman kanak-kanak sebelum masuk ke play group karena anda sudah balita. Selanjutnya anda menjadi seorang bayi dan tidak memiliki tanggung jawab. Lalu masuk ke rahim ibu anda, menghabiskan sembilan bulan terakhir dalam hidup anda, berenang-renang di sana… dan anda mengakhiri tahapan hidup dengan orgasme..”

Terdengar ngawur dan konyol yah teorinya. Menurutku sih jangan telan teori secara mentah-mentah tapi pesan yang ada bahwa hidup memang perlu disikapi dengan selalu mencari hal-hal baru, berpikir kreatif dan unik agar hidup lebih berwarna *halah*. Dan justru itulah susahnya.. “thinking outside of the box”. Semangatlah kawan…. :)

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

47 thoughts on “berpikir terbalik

  1. bergegaslah kawan, sambut masa depan, tetap berpegang tangan, saling berpelukan.
    berikan senyuman tuk sebuah perpisahan, tenanglah sahabat kita untuk selamanya……….
    endingnya…….YA SUDAHLAH. ini hidup, susah senang sudah biasa. we have to keep on movin bro:)

    | siip lah… apapun itu pastinya Tuhan punya rencana lain yang lebih baik, amiiin..

    Posted by ana | Friday, 3 December 2010, 14:34
  2. priwe kuwi daur hidup ke belakang om?
    ajari mbok?haghaghag

    om, piye leh masang koyo nggonmu sing neng ngisor tulisan bakudapa karo berani coba karo parade karo gambar muhamazemu sing neng pojok nduwur samping kotak older kuwi??

    ben ketok rame mambrah2 ngono lho blog-ku :D

    | sebenarnya intinya agar kita bisa berpikir kreatif gitu… hehe kalo masalah pernak pernik di blog perlu pembicaraan lebih lanjut :D

    Posted by vindurspila | Friday, 3 December 2010, 14:48
  3. …. terdengar begitu unik. Namun, seiring perjalanan waktu selama menyimak trik tersebut, ini sangat mungkin untuk kita terapkan, ^_^
    Terima kasih for share yaa… :)

    Salam,

    | bener mas, menerapkan untuk berpikir kreatif..

    Posted by My Surya ♥ | Friday, 3 December 2010, 16:15
  4. membaca kutipan diatas agak bingung ya, susah membayangkannya…namun yang perlu selalu diingat Allah tidak pernah melihat hasil namun melihat sejauh mana usaha yang kita lakukan…jika gagal berserah diri dan instrospeksi adalah lebih baik.

    | siiip… tetap berusaha dan berdoa untuk yang terbaik bagi kita..

    Posted by ummurizka | Friday, 3 December 2010, 16:36
  5. sampai-sampai aku membaca cuplikan itu tergugah. Bukan tidak mungkin itu bisa dilakukan. Artinya selalu ada sudut pandang baru dalam menyikapi berbagai kondisi kehidupan.

    | bener kang, sudut pandang yang baru dalam memandang hidup..

    Posted by mandor tempe | Friday, 3 December 2010, 17:17
  6. ya benar berpikir kreatif membuat hidup berwarna…,

    | mantap boss..

    Posted by tyan's | Friday, 3 December 2010, 17:56
  7. jadi ingat film Buck Rogers waktu zaman dulu di TVRI. Ada sebuah bangsa alien yang siklus hidupnya seperti imajinasi di atas. jadi si anak kecil adalah bapaknya, sementara yg dewasa justru anaknya. hehehe.

    thanks for sharing

    | wah saya gak nonton filmnya om, jaman kapan itu ya?

    Posted by indobrad | Friday, 3 December 2010, 18:43
  8. Berbaliik dan berbaliklah kembali untuk lebih baik saat berbalik yang berikutnya…!
    http://triyantobanyumasan.wordpress.com/2010/12/03/beli-1-gratis-1-tiket-dufan-promo-indosat/

    | siiip kang.. kaya kuwe pancen :)

    Posted by Triyanto Banyumasan | Friday, 3 December 2010, 19:53
  9. dan jangan lupa untuk sesekali ‘meletakkan gelasnya’ biar membaca tidak terasa menjadi beban. :uhuk-uhuk:

    | hehe siap pak.. :D

    Posted by baguštejo | Friday, 3 December 2010, 22:17
  10. kok malah jalane k belakang..he2,,,apapun bukunya kita ambil yg positif aja

    | bukan jalane, tapi berpikir dengan cara yang berbeda..

    Posted by noersam | Saturday, 4 December 2010, 00:01
  11. kang baca bukunya tuh ga kebalik kan..?

    | wah kebalik yah..? hehe

    Posted by Andioka | Saturday, 4 December 2010, 00:01
  12. ha ha bisa bisanya Akang ini dalam ‘berpikir terbalik’nya, tapi satu lagi saya dapat renungan malam ini..

    salam hangat

    | lah maunya bagemana..? hehe salam balik kang..

    Posted by Andioka | Saturday, 4 December 2010, 00:22
  13. guwe
    banget
    !!!!!!!!

    | apanya ndop..? :D

    Posted by ndop | Saturday, 4 December 2010, 01:44
  14. berpikir terbalik,, uniq,,
    waktu terbalik itu bisa menemukan puzzle yang yang tidak pada tempatnya, disitu bisa koreksi kedepannya kawan..

    | siiip deh mbak..

    Posted by ysalma | Saturday, 4 December 2010, 03:12
  15. hehe..menarik sob tulisanmu ini…emang konyol, susah mencernanya :lol:

    | jangan dicerna mbak, baca saja :D

    Posted by wien | Saturday, 4 December 2010, 09:02
  16. Ini saya sering juga lakukan.. pikiran kita sering membawa kita ke kondisi negatif yang belum tentu terjadi! jadi berpikirlah terbalik bayangkan semuanya akan berjalan sesuai rencana.. great post sob!

    | oke, berpikir positif dan optimis

    Posted by Keping Hidup | Saturday, 4 December 2010, 10:30
  17. sepertinya saya agak lambat memahami rangkaian kata seperti ini, perlu untuk membaca ulang

    | baca lagi mas.. :D

    Posted by z4nx | Saturday, 4 December 2010, 10:35
  18. Assalaamu’alaikum Muhammad…

    Apa khabar Muhammad ? Gembira dapat menyapa di pagi ini. Semoga sehat dan tenang di penghujung pekan dengan keluarga dan sahabat.

    Bunda senang membaca tulisan di atas. penuh motivasi dan inspirasi. Manusia harus berfikiran kreatif sedemikian agar tidak jadi jumud dan akan bisa mengoreksi diri menjadi lebih baik dari semalam dan akan lebih baik untuk esoknya.

    Semoga kita selalu berubah untuk membaiki diri dan menjadi hamba yang sentiasa bersyukur. Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

    | wa’alaikumsalam bunda..terima kasih bunda, semoga kita menjadi hamba yang lebih baik dari waktu ke waktu.. salam hangat jg untuk bunda..

    Posted by SITI FATIMAH AHMAD | Saturday, 4 December 2010, 10:59
  19. terlalu banyak alasan untuk kita bahagia
    asal cerdas saja kita bersyukur :)

    | mantabs kang… :)

    Posted by achoey | Saturday, 4 December 2010, 11:20
  20. Banyak cara membangkitkan gairah untuk bahagia darui dalam diri kita, mengubah pola pikir sama dengan mengubah hidup…..

    rangakain proses, hrs berani berinnovasi dan kreative utk mencari cara, mengubah keadaan menjadi lebih baik…..

    Salam.

    | siiip, yang penting semangat yaa..

    Posted by Pendar Bintang | Saturday, 4 December 2010, 11:40
  21. Yaps…, setuju banget dah pokokna.

    | oke kawan..

    Posted by hudaesce | Saturday, 4 December 2010, 11:45
  22. dan, apakah membaca bukunya terbalik?

    | alhamdulilah tidak mbah.. :D

    Posted by Mbah Jiwo | Saturday, 4 December 2010, 13:10
  23. Talk Less Do More

    | yes right..

    Posted by Yuan BS | Saturday, 4 December 2010, 13:39
  24. hehhe..
    saya ga ngerti mas maksudnya bergerak ke belakang..bukannya kita harus bergerak kedepan, menoleh sesekali gpp seh, tapi ya tetap harus melangkah kedepan..

    | bukan bergerak ke belakang, tapi berpikir terbalik, memandang dari sudut pandang yang berbeda..

    Posted by chiekebvo | Saturday, 4 December 2010, 18:23
  25. Akang Muhamaze Selamat Atas terpilihnya Weblog “Muhamaze” sebagai Blog dengan pertumbuhan tercepat pada admin wp . ck ck ck salutt.

    | ah yang bener kang..? :lol:

    Posted by andioka | Saturday, 4 December 2010, 19:59
  26. orangnya terbalik ga ya… :mrgreen:

    | wah kalo terbalik bisa bahaya kawan…

    Posted by ●●●ЄЯШЇЙ●●● | Saturday, 4 December 2010, 20:15
  27. Selamat malam sahabat tercinta

    Saya datang untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
    Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

    Dengan bangga saya mengundang anda untuk mengikuti K.U.M.A.T ( Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun ) di BlogCamp. Tali asihnya sih tidak seberapa tetapi sensasinya sungguh ruaaaaaarrrrrrrr biasa.
    Silahkan simak artikel pengantarnya dengan meng-klik.
    http://abdulcholik.com/2010/11/16/kontes-unggulan-muhasabah-akhir-tahun/

    Terima kasih.
    Salam hangat dari Markas BlogCamp Surabaya

    | makasih atas undangannya Pak Dhe, wah kayaknya menarik tuh.. KUMat hehe…

    Posted by Shohibul K.U.M.A.T | Saturday, 4 December 2010, 21:10
  28. hmmm,, so unik :D
    mari berpkir terbalik

    | berpikir lain dari biasanya.. :)

    Posted by edda | Sunday, 5 December 2010, 00:54
  29. wah, tulisan yang mencerahkan, mas muhamaze. semoga kita tergolong orang2 kreatif dan inovatif yang suka tantangan baru.

    | oke pak, amiin.. :)

    Posted by sawali tuhusetya | Sunday, 5 December 2010, 02:02
  30. setuju. dengan berfikir begitu, kita akan punya motivasi u/ mengubah hidup lebih baik lagi

    | mantap caca…

    Posted by hamida | Sunday, 5 December 2010, 09:27
  31. hehehe.. berangkat dan pulang dari jalan yang berbeda.. biar gak bosan :lol:

    | bener banget…

    Posted by 'Ne | Sunday, 5 December 2010, 11:44
  32. teori yang aneh.. tapi bagus juga.. biar kita nggak fokus ke akhir, tapi lebih ke proses.. (mungkin)

    | itu juga bisa :)

    Posted by nymph34 | Sunday, 5 December 2010, 15:49
  33. kayaknya judul bukunya menarik

    | isinya jg lumayan menarik..

    Posted by Kurnia Septa | Sunday, 5 December 2010, 23:16
  34. orang lain ingin bisa hidup di masa depan, mas kita harus balik ke masa lalu :d hehehe

    | wehehe walah :lol:

    Posted by Fir'aun NgebLoG | Monday, 6 December 2010, 15:14
  35. mungkin lebih pas berpikir dan melihat suatu objek dari beberapa sudut,
    demikian
    :)

    | bener bang, berpikir tidak seperti biasanya.. :)

    Posted by warm | Monday, 6 December 2010, 15:40
  36. Mungkin kini saatnya kita berpikir dan bertindak di luar kebiasaan kita… Semoga ada hasil yang luar biasa yang bisa kita peroleh :D

    | mudah mudahan, amiiin…

    Posted by Kakaakin | Monday, 6 December 2010, 16:02
  37. salam kenal kang..rika lg nang ambon apa kie? ngode apa nang kana. Bloge lhah apik temen jan..priwe nggawene..

    | salam kenal jg, iya bener kang kiye neng ambon.. rika nang ndi enggane..?

    Posted by nizar | Monday, 6 December 2010, 17:02
  38. teori ini mungkin semacam Mind Power gitu ya ,Mamung
    krn ada saja pandangan hidup yg lain, yg mampu membuat kita berfikir unik, lain dr yg lain, dan mungkin dgn cara begini, justru kita bisa mencapai kesuksesan hidup dunia akhirat .
    salam

    | bisa juga bunda.. :)

    Posted by bundadontworry | Monday, 6 December 2010, 21:08
  39. out of the box: take action :)

    | oke brader.. :)

    Posted by Online Lifestyle | Monday, 6 December 2010, 23:50
  40. Assalaamu’alaikum Muhammad…

    Hadir untuk mengucapkan Selamat menyambut Maal Hijrah 1432.
    Semoga kehadiran tahun baru Islam akan mengorak langkah penghijrahan yang lebih bermanfaat untuk kejayaan hidup di masa depan.

    Salam keindahan Awal Muharram.
    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

    | wa’alaikumsalam bunda.. wah makasih bun, amiiin ya robbal ‘alamiiin… salam mesra juga dari ambon bunda..

    Posted by SITI FATIMAH AHMAD | Tuesday, 7 December 2010, 08:48
  41. Critical thinking,,,yeah!!!!

    bukunya kayaknya bagus tuh :)

    | kritis dan kreatif :)

    Posted by Mila | Tuesday, 7 December 2010, 14:15
  42. Berfikir terbalik aku fikir ga ada salahnya bila memang itu untuk kebaikan kita ataupun demi perbaikan diri. kalo aku kadang meyebutnya revolusi berfikir dan bertindak

    | siip mantap kawan..

    Posted by kawanlama95 | Tuesday, 7 December 2010, 17:06
  43. Gampaaaaang, nikmatilah hidup ini! :mrgreen:

    | bener nikmati saja dan syukuri yang ada.. :)

    Posted by Asop | Tuesday, 7 December 2010, 22:25
  44. kalau sudah terbalik, kemudian dibalik lagi

    | muter muter donk om.. :D

    Posted by komuter | Wednesday, 8 December 2010, 16:32
  45. Mari kita lanjutkan meski kita lelah.. (penggalan lirik lagu tamasya band)

    | lanjutkan mas…

    Posted by Masbro | Friday, 10 December 2010, 23:03
  46. Memang susah yah berfikir kreatif dan unik…. tapi sebagai manusia harus terus positif dalam berfikir, jadi tetap semangat dalam menjalani hidup…. :D

    | siip tetep semangat… :)

    Posted by endra | Saturday, 11 December 2010, 12:26

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: