::
you're reading
AMBOINA, BANYUMASAN, NOSTALGIA, SERBANEKA

sio mama

Hmm besok tanggal 22 Desember yang katanya itu Hari Ibu. Padahal bagiku, everyday adalah hari ibu, dinane biyunge, yang mana kita harus senantiasa berbakti dan mendoakan ibu kita kapanpun dimanapun, everytime, everywhere.. kapan bae, nang endi bae pokoke..

Oh sio mama… ibuku… beta sekarang jauh dari mama e.. Beta di Ambon sini, ibu di pojokan Banyumas sana. Bukan suatu masalah bila di setiap detik ada doa, harapan dan senyuman ibu memenuhi ruang batin ini, penuh hingga saat pertemuan nanti.

Sio Mama

b’rapa pulu taon lalu, beta masi kacil e..
beta inga tempo itu, sio mama gendong-gendong beta e..

sambil mama bakar sagu, mama manyanyi buju-buju
lah sampai basar bagini, beta tra lupa mama e..

sio mama e.., beta rindu mao pulange..
sio mama e.., mama su lia kurus lawange..

beta balom balas mama, mama pung cape sio dolo e..
sio Tete Manise.., jaga beta pung mama e..

Yah.. memang ibuku tak pernah bakar sagu seperti lagu di atas, tapi gendong-gendong, menyanyi dan apapun telah dilakukan ibuku hanya demi anak-anaknya. Sebaliknya diri ini belum bisa membalas semua kebaikan ibu, sampai kapan pun tak dapat dilunasi karena kabaikan ibu abadi sepanjang masa. Gaji pertama yang kita kasih ke ibu, membelikan ibu gamis saat lebaran, mengantarnya saat kondangan, ke pasar, arisan atau apapun tak akan cukup untuk menebus jerih payah ibu. Tapi aku percaya, seorang ibu pasti tidak berharap demikian, beliau ikhlas demi anak-anaknya. Dan harusnya kita lah yang mesti tahu diri akan kewajiban untuk berbakti mesti hanya sebait doa di tengah hiruk pikuk hidup ini. Ibu, aku rindu senyumanmu, kata-kata lembutmu, semuanya…

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

41 thoughts on “sio mama

  1. semua kelelahan seorang ibu sirna melihat anaknya bahagia, selalu bersyukur dan beroda untuk sang anak menjadi khalifah yang baik..

    | sippp bener banget mbak

    Posted by ysalma | Tuesday, 21 December 2010, 13:51
  2. Oh Ibu, sungguh Mulianya dirimu.
    Terimakasih atas segala ketulusanmu dalam merawat dan membesarkan anak2mu.

    | terima kasih Ibu…

    Posted by hudaesce | Tuesday, 21 December 2010, 14:08
  3. selamat dinane biyunge…hehehe…ambon – banyumas jauh banget ya…pasti kangen banget nih sama ibu :)

    | iya wien, kangen begitu berat…

    Posted by wien | Tuesday, 21 December 2010, 14:22
  4. Selamat merayakan Hari Ibu :D

    | terima kasih, sama-sama :D

    Posted by indobrad | Tuesday, 21 December 2010, 15:12
  5. jauh banget ninggalin mama ..

    | suatu saat aku kembali…

    Posted by fitr4y | Tuesday, 21 December 2010, 15:24
  6. hati dan mataku banjir membaca postingan ini. aku yang seminggu atau 2 minggu sekali br bisa jumpa ibu saja,kadang2 sesak menahan rindu pada sosok malaikat itu.

    | makanya selalu sayangi ibu selagi masih bersama…

    Posted by hamida | Tuesday, 21 December 2010, 15:58
  7. “everyday adalah hari ibu, dinane biyunge, yang mana kita harus senantiasa berbakti dan mendoakan ibu kita kapanpun dimanapun, everytime, everywhere.. kapan bae, nang endi bae pokoke..” setujuuuu bangeett!!
    huwaaa..terharuuuu, jadi kangeeennnn amaa ibuu,hikkkssss.. :)

    | siiip… ibu is the best lah pokoke.. :)

    Posted by febe fernita | Tuesday, 21 December 2010, 16:30
  8. I love my mom…
    Happy mother day… :D

    Mari kita selalu mengingat kasih sayang seorang ibu dan mencium tangannya setiap saat bertemu… :D

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

    | mari bersama sayangi ibu kita…

    Posted by Denuzz BURUNG HANTU | Tuesday, 21 December 2010, 17:21
  9. ibu memang luar biasa, kasihnya tak tergantikan..saya juga selalu rindu ibu..(jadi terharu ni )

    | maaf bila membuat ummu terharu..

    Posted by ummurizka | Tuesday, 21 December 2010, 17:45
  10. Doh, hari ibu ya besok, sampek lupa diriku ini.
    Ibu adalah manusia paling terhormat dalam hidup setiap orang

    | bener kang..

    Posted by mandor tempe | Tuesday, 21 December 2010, 18:17
  11. photo mama di lukis ya…jago jga neh…

    | gak kok, diedit saja..

    Posted by situsonline | Tuesday, 21 December 2010, 18:54
  12. Sepakat saya dengan ‘dinane biyunge iku everiday’
    Tulisan itu sampai saya tulis di kolom komentar acacicu, haha.. Salam hangat;

    | hehe harus gitu mas, tiap hari adalah harinya ibu..

    Posted by Masbro | Tuesday, 21 December 2010, 21:28
  13. selalu saja , aku menitikkan air mata bila membaca postingan ttg hari ibu.
    Seorang wanita mulia, yg menjadi wakil Tuhan dimuka bumi utk selalu menjaga kita dgn kasih sayang dan doanya .
    salam

    | ibu memang luar biiasa.. salam bunda

    Posted by bundadontworry | Tuesday, 21 December 2010, 23:10
  14. sio Mboke, dinane Mboke, mamake, beyunge…

    | hehehe

    Posted by Triyanto Banyumasan | Wednesday, 22 December 2010, 00:50
  15. kasih ibu sepanjang jalan, sepanjang masa.
    Ibu, tak’kan pernah terbalaskan rasa sayangmu.
    Nice posting :)

    | bener banget mbak… makasih

    Posted by IndahJuli | Wednesday, 22 December 2010, 02:23
  16. Selamat hari ibu :)

    | sama sama..

    Posted by jade | Wednesday, 22 December 2010, 03:12
  17. selamat hari ibu :)

    | sama sama

    Posted by sakti | Wednesday, 22 December 2010, 08:42
  18. Selamat hari ibu. Salam kenal Ya

    | sama sama, salam kenal juga

    Posted by belajar dan berbagi informasi | Wednesday, 22 December 2010, 15:41
  19. hari ibu ga cuma 1 hari ini saja, tapi paling ga kita diingatkan akan perjuangan dan kasih sayang ibu :)

    | bener kang, perjuangan ibu memang luar biasa

    Posted by didien | Wednesday, 22 December 2010, 22:37
  20. Salam ta’jim tuk ibundamu ya! :)

    | makasih kang… insyaalloh saya sampaikan

    Posted by achoey el haris | Thursday, 23 December 2010, 13:12
  21. tuh kan foto emak2…he he he

    | gimana mbah, cantik kan..?

    Posted by Mbah Jiwo | Thursday, 23 December 2010, 14:19
  22. Uho~ Uho~ yup benar, kalo perlu tiap hari adalah hari untuk ortu kita :D betewe, saya agak-ingat-ingat-lupa sama lagu :?

    | harusnya demikian memang..

    Posted by Deq HAMASah | Thursday, 23 December 2010, 16:33
  23. mama sll dihati ya kan sob?

    | bener banget kang..

    Posted by MENONE | Friday, 24 December 2010, 08:51
  24. selamat hari ibu…
    semoga ibu kita semua selalu baik-baik selalu…sehat lahir batin….dan mendapat kasih sayangNya Allah

    | amiiiiiin ya Allah..

    Posted by elmoudy | Friday, 24 December 2010, 11:04
  25. dahsyat sekali hati ibu kita…belum bisa balas jasanya :(

    | bener banget kang… tapi kita harus selalu berusaha

    Posted by Ade Truna | Friday, 24 December 2010, 11:14
  26. wow..
    met happy mommy.. ;)

    | thanks gan..

    Posted by Indonesia bisa! | Friday, 24 December 2010, 17:54
  27. ibumu pasti bahagai memiliki seorang seperti mu :)

    | mudah-mudahan, amiin..

    Posted by orange float | Saturday, 25 December 2010, 19:11
  28. Assalaamu’alaikum Muhammad…

    Selamat Hari Ibu buat Ibumu dan buat ibu2 di Indonesia.

    Terharu membaca tulisan seorang anak yang merindui ibunya di kampung, jauh dari mata namun dekat di hati.

    Benar tu, hari Ibu adalah setiap hari bukan hanya hari tertentu kerana bagi Ibu, anak2nya adalah piala hatinya yang ditatang setiap waktu tanpa mengenal penat lelah.

    Semoga ibumu bahagia dalam rahmat Allah. berbaktilah kepada ibu selagi hayat dikandung badan.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak. :D

    | bener banget bunda, amiin ya robbal’alamiin.. makasih bunda.. salam dari ambon :)

    Posted by SITI FATIMAH AHMAD | Saturday, 25 December 2010, 20:46
  29. yups. ibu itu pahlawan kita semua

    | sip, oke deh.. :)

    Posted by igas | Sunday, 26 December 2010, 00:12
  30. Ha Ha Ha si Abang yang satu ini bisa sentimentil juga, kangen bari simbok? podo wae kang, unggal dina, ojo mung 21 desember wae..setuju ! Simbok adalah keramat yang paling ampuh dunia ini…(ssst itu kata bang Haji Rhoma he he )

    salam

    | hahaha ngefans juga sama bang haji kang..?

    Posted by andioka | Sunday, 26 December 2010, 00:20
  31. Hmm… Jadi inget emak di rumah…

    | paklek juga lagi kangen nih nduk…

    Posted by yak | Monday, 27 December 2010, 17:35
  32. Kalo ditambahi video clipnya komplit deh :)
    seneng baca ini, seneng banyak yang sayang ibundanya

    | harusnya ada videonya ya.. gak sempat bikin hehe

    Posted by Ceritaeka | Wednesday, 29 December 2010, 17:33
  33. met hari ibu

    selalu sayang ibu yah :

    | sama-sama, mari sayangi ibu kita

    Posted by Mila | Thursday, 30 December 2010, 15:46
  34. slamat hari ibu :)

    | makasih pak..

    Posted by hmcahyo | Thursday, 30 December 2010, 18:52
  35. happy mother’s day sob…
    gapap ya meskipun telat?hehe

    | makasih Om…

    Posted by Kuker | Thursday, 30 December 2010, 22:35
  36. tiba – tiba jadi inget adek saya yang pernah tergila – gila sangat sama lagu ini..

    | wah tau juga lagu itu, kapan2 nyanyi bareng :D

    Posted by ais ariani | Friday, 31 December 2010, 01:50
  37. pulang dong kalo rindu.. hehe..
    jauh jg tapi banyumas-ambon..

    | suatu saat aku pulaaaaaaang…. :)

    Posted by nymph34 | Friday, 31 December 2010, 14:04
  38. aaapppdeettt he he

    | siiiiiiiiiiiip… lah sampeyane..???

    Posted by andioka | Saturday, 1 January 2011, 21:57
  39. Selamat tahun baru semoga tambah sukses selalu

    | makasih om…

    Posted by salesman jogja | Sunday, 2 January 2011, 13:08
  40. Itu lagu favorit kami sekeluarga. Kalau ada acara kumpul2…. sodara2 batak saya selalu nyanyi lagu itu karena ada mami saya yang orang ambon to, biar katong semua serasa satu keluarga :).

    Papi saya, abang saya, semua suka lagu itu. Dari saya kecil sudah kenal lagu itu… Ah betapa lagu itu luar biasa mengharu biru setiap dinyanyikan.

    | ooh gitu ya mbak, asyik ya.. kapan-kapan nyanyi bareng hehehe saya juga lagi belajar nyanyi lagu ini.. maknanya saya suka.. :)

    Posted by zee | Wednesday, 5 January 2011, 17:38
  41. Ibu adalah cinta sejatiku…

    | ibu emang keren..

    Posted by ●●●ЄЯШЇЙ●●● | Sunday, 9 January 2011, 18:49

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: