::
you're reading
AMBOINA

Joas, nikmatnya kopi tradisi

Sore-sore begini, apalagi pas hujan udara dingin paling enak ya ngopi. Dan bicara urusan kopi di Ambon, pastinya bukan hal baru. Kopi ibarat sudah jadi tradisi seiring dengan tradisi masyarakat Maluku yang seneng berkumpul dalam suatu komunitas. Istilah Banyumase seneng rubungan. Di mana ada rubungan biasanya di situ ada kopi. Maka tak heran bila di setiap sudut kota, pasti ada yang namanya warung atau kedai kopi. Fenomena ini hampir sama dengan yang ada di Belitong, di sana juga banyak kedai-kedai kopi (kata Bang Andrea Hirata dalam Dwilogi Padang Bulan & Cinta Di Dalam Gelas-nya, dimana kopi bisa juga menunjukkan karakter dan suasana jiwa si peminumnya).

Lalu ada apa dengan Joas..? Sebenarnya aku tak perlu bicara panjang lebar untuk njelasin ini semua bila saja kawan-kawan sudi langsung maen ke Ambon :D. Pasti deh akan ku tunjukin langsung. Yaah mungkin dari melimpahnya warung-warung kopi di Ambon, maka tersebutlah nama Joas sebagai yang terdepan dalam urusan kopi.. *halah*

Joas, nama yang unik dan sangat menjual. Kebetulan pas libur beberapa waktu yang lalu, ngopi-ngopi bareng temen-temen kantor di situ. Lalu Om Joas gabung sama kita ngobrol banyak banget. Mulai dari pengalaman masa kecilnya di Maluku Tenggara sana hingga kini di Ambon, gimana bikin kopinya hingga nunjukin foto-foto orang-orang terkenal mulai dari menteri, politikus, artis, penyanyi dan jajarannya yang pernah mampir ke Joas. Pokoknya uakeh tenan.

Dan kembali ke kopinya, hmm rasanya bener-bener mantep cuy.. Pantesan banyak pegawai-pegawai yang nongkrong buat ngopi padahal masih jam kerja. Misalkan ada Satpol PP ingin merazia pegawai-pegawai yang bolos, dateng aja ke Kopi Joas dijamin dapat banyak korban :lol:

Kopi yang tersedia juga macem-macem, mulai dari yang hitam pahit, pake susu, coklat, kapucino dan lainnya. Tapi yang terkenal ya kopi Joas yang hitam itu. Nikmat lah pokoke, apalagi ditemani dengan cemilan kayak pisang goreng, roti goreng, kripik,  dan jenis-jenis makanan ringan lainnya. Ada juga telur ayam setengah mateng disertai bumbu-bumbu khas Joas. Istilahnya setelah ngopi-ngopi di Joas tak usahlah kita makan besar karena sudah cukup kenyang alias wareg.

Lalu di mana lokasinya..? Jangan takut nyasar sobat. Ambon kotanya kecil saja. Meski kopi Joas punya 3 cabang, tapi yang paling terkenal dan paling rame berada di daerah Pangkalan Taksi sebagai cabang utama. Jadi bagi yang ingin mengunjungi Kopi Tradisi Joas, bilang saja ke sopir atau tukang becak, ojek atau pas ketemu orang suruh anterin ke Kopi Joas, kemungkinan besar semua tahu di mana lokasinya. Kalo masih bingung, telpon, sms, email atau surati aku aja, nanti ta antar, kita ngopi-ngopi ;).

Dan urusan harganya, sayang sekali secara pasti saya kurang tahu, karena pas ngopi eh pas ditraktir temen hehe. Tapi jangan takut, harganya jauh lebih murah dari kopi-kopi di ibukota sana kayak starbak, jiko dan sebangsanya itu deh..

Hayoo gimana, tertarik..? datanglah ke Ambon dan nikmati kopi tradisi Joas…

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

35 thoughts on “Joas, nikmatnya kopi tradisi

  1. kirim tiketnya dong,, biar kita berjoas menikmati secangkir kopi :D

    | tiket kadaluarsa banyak nih mbak… :D

    Posted by ysalma | Friday, 14 January 2011, 17:44
  2. Saya sudah lama dengar Kopi Joas. Ingin juga suatu saat ke sana. Thanks for sharing.

    Btw artikel ini bagus, bro. Kenapa gak sekalian dimuat juga di Portal MBC?! :D

    | hayooo dicoba om.. ditunggu di Ambon.. oya postingann sudah masuk portal..

    Posted by indobrad | Friday, 14 January 2011, 18:21
  3. wah dari ceritanya kayaknya bener2 rame dan enak tuh.. sayang jauh dan saya gak kuat minum kopi hehe..

    | emang rame banget.. jauh gak masalah asal ada niat hahaaha…

    Posted by 'Ne | Friday, 14 January 2011, 22:30
  4. wah kayaknya nikmat ya kopinya..tp sy kurang begitu suka kopi..
    btw suka baca novelnya andrea hirata ya…aku hampir kelar bacan Dwilogi Padang Bulan & Cinta Di Dalam Gelas-nya…

    | kopi nikmat kenapa gak suka..? wah kalo novelnya bang Andrea sudah saya lalap habis cemua :D

    Posted by ummurizka | Friday, 14 January 2011, 22:54
  5. join kopi..yes yes yes ;)

    | asyeeeeeeekkk… :D

    Posted by bri | Friday, 14 January 2011, 23:12
  6. wah, jadi pengen ngerasain kopi joas,,, biasa minum cappucino doank.. :)
    salam kenal:)

    | hayuh ke ambon, nanti aku ajak ke Joas..

    Posted by miss j | Friday, 14 January 2011, 23:30
  7. mantap… di bandung di sebelah mana nih kopinya hehee….
    enak kynya dingin2 nyeruput kopi :)

    | maap om, di bandung belum ada cabangnya hehehe

    Posted by dhedhi | Saturday, 15 January 2011, 00:07
  8. jalan-jalan malam ketempat sahabat, semoga sukses selalu…

    | makasih kang… amiin

    Posted by tengku | Saturday, 15 January 2011, 00:33
  9. hmm saya gak suka ngopi.. hehhee

    | ooh Om arman gak suka tho..?

    Posted by arman | Saturday, 15 January 2011, 02:38
  10. wew … pengen nyobain, apalagi klo harganya dijamin lebih murah daripada harga kopi di ibukota, tapi ongkos ke sananya sapa mo tanggung om? Kan ongkos ke sana bisa buat beli kopi di starbak bercangkir2 mpe muntah2 hahaha …

    | ya kalo sempet saja kesini ya… :D

    Posted by niQue | Saturday, 15 January 2011, 09:53
  11. Joas
    Pasti lezat
    Tapi sayang saya gak suka kopi :)

    Oh ya, jika berkenan silakan mampir lagi. Ada yg anget banget di blogku :)

    | wah ternyata si akang gak suka ngopi.. :)

    Posted by achoey el haris | Saturday, 15 January 2011, 12:03
  12. Jiah…,jadi kepengen ngopi nih, tapi sayang fatwa pak dokter mengatakan kalau saya gak boleh minum kopi terlebih dahulu. :(

    | wah gawat tuh.. kenapa mas..?

    Posted by hudaesce | Saturday, 15 January 2011, 12:27
  13. love coffee…
    pengen nyobain di “JOAS” :mrgreen:

    | datang ke ambon ae…

    Posted by ●●●ЄЯШЇЙ●●● | Saturday, 15 January 2011, 14:31
  14. Hai Mamung, selamat sore.
    Indah hadir menyapa. Wah…ada hidangan kopi di sini. aromanya sampai ke blog Indahkasihku. Sayangnya, Indah tidak minum kopi. Indah lebih memilih minuman coklat.

    | met pagi indah, coklat hangat juga ada kok.. :)

    Posted by indahkasihku | Saturday, 15 January 2011, 17:35
  15. wah, cocok nih buat penggemar kopi. saya juga suka ngopi, tapi kayaknya nggak mungkin ngopi ke sana. hehe…

    | ya sekali kali ke ambon pink.. kita ngopi bareng :)

    Posted by pink | Saturday, 15 January 2011, 19:47
  16. pengen..tp ke ambon? kurang jauh kali ya mas hihi…

    salam sy

    kbr melegakan tlh dirilis http://pedulisausan.blogspot.com/ tetap mhon do’anya

    | haha penginnya kemana wess…?

    Posted by MeyBengkulen | Saturday, 15 January 2011, 22:03
  17. kota ambon manise itu ya….wah jadi ingat tempat kelahiranku… lebih dari 10 tahun sudah ditinggalkan…btw alamat kopi joas dimana…

    | emang tempat kelahirannya di mana..? di ambon juga..?

    Posted by nitnot | Saturday, 15 January 2011, 23:36
  18. wah enak ya…pengen serius…

    | dateng ke ambon mbah.. seriiuss…

    Posted by Mbah Jiwo | Sunday, 16 January 2011, 08:02
  19. Kata orang, kopi pembangkit libido. Kucoba ternyata bener..

    | hahaha mantabs…

    Posted by wajidi | Sunday, 16 January 2011, 11:41
  20. Waduw…kalo urusan kopi, Bapak saya nih yang paling hobi.
    Apalagi kalo udah ngantuk, langsung buat kopi dan langsung di sruput :D
    Pengen rasanya nyobain kopi itu, tapi sayang jauhnya :D

    | ya kita ngopi ngopi di tempat masing-masing saja hehe…

    Posted by Zippy | Sunday, 16 January 2011, 12:34
  21. waaahh…
    saya baru satu kali saja mudik ke ambon waktu masih kuliah dulu. ingin juga kesana lagi… :)

    | kapan mudik lagi mbak..? kita ngupi ya.. :)

    Posted by zee | Sunday, 16 January 2011, 18:27
  22. udah berapa lama ya gak minum kopii… :D

    | hayoo diitung.. :)

    Posted by Nisa | Sunday, 16 January 2011, 21:09
  23. Semoga saya berkesempatan jalan ke Ambon :)

    | saya tunggu kak..

    Posted by Kakaakin | Sunday, 16 January 2011, 22:31
  24. lebih enak butiran kopi yang baru disangrai masih mengepul hangat kriuk-kriuk gitu, hmmmm.. sedapppp!!!

    | nah ini juga iya bund…

    Posted by bundamahes | Monday, 17 January 2011, 10:08
  25. saya pesen extra joas aja mas mamung haha ada g ya

    | wehehehehe ya jelas ada lah… :D

    Posted by kang ian dot com | Monday, 17 January 2011, 13:12
  26. di sana, ada tidak ya… KOPI PANGKU ?
    salam superhangat

    berkunjung… sekedar melepas rindu

    | saya malah baru dengeer kopi pangku..

    Posted by cenya95 | Monday, 17 January 2011, 18:57
  27. uhuuuyyyy,,,, asik, kalo jalan ke Ambon, bakal ditraktir bro mamung di Joas nih,, heheh…

    sip tenan tempatnya ya bro.. :)

    | iya deh nanti saya traktir.. tapi kapan ke ambon mbak..??

    Posted by advertiyha | Monday, 17 January 2011, 20:07
  28. yang punya pak joas yaa.. :D

    namanya lucu..

    selain kopi ada apa ajah mung?
    **yah kopi ajalha namanya juga warung kopie wiend xixixi…..dipentungin mamung..

    | iya saya juga awalnya heran, nama asli tuh.. hahaha *nyiapin pentungan

    Posted by wi3nd | Tuesday, 18 January 2011, 13:16
  29. Joas nama orang ya, kirain tadi nama jenis kopi.
    Indonesia termasuk penghasil kopi dunia, jadi wajar kopi jd minuman utama dihampir semua daerah Indonesia

    | iya nama orang, dan banggalah jadi Indonesia yang kaya kopi haha…

    Posted by Ann | Thursday, 20 January 2011, 12:11
  30. jadi pengen ngopi juga setelah baca ni postingan…. hihihi

    | ayoo ngopi.. :D

    Posted by Richie Lanover | Thursday, 20 January 2011, 14:33
  31. salam, wah enak ya.

    | enak..

    Posted by eddikl | Thursday, 20 January 2011, 15:48
  32. mau donk pesen kopinya.. :)

    | sipppp…

    Posted by rooteye | Sunday, 23 January 2011, 20:14
  33. Paling mantep ngopi sambil di temeni pisang goreng hangat-hangat

    | mantap tenan… :D

    Posted by yusuf | Sunday, 23 January 2011, 20:15
  34. Ooooh, joas… saya pikir kopi jos yang pake arang di Jogja itu… :lol:

    | ada “a” ditengahnya mas.. :lol:

    Posted by Asop | Friday, 4 February 2011, 11:00

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Kopi Joas : Terlena Memanjakan Lidah Pelanggan Lupa Bayar Pajak « anugrha13 - Saturday, 5 February 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: