::
you're reading
KOMPETISI

Darat – Laut, Safety Riding Sama Pentingnya

Berbicara mengenai safety riding kebanyakan orang pasti tertuju pada penggunaan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, bagaimana sebisa mungkin terhindar dari kecelakaan lalu-lintas. Padahal jika dicermati, masih banyak alat transportasi lain yang perlu mendapat perhatian terkait keselamatan para penggunanya.

Di sini saya hanya mencoba melebarkan cara pandang mengenai safety riding. Jika mungkin sebelumnya anggapan kita mengenai safety riding hanya tertuju pada upaya menghindari kecelakaan lalu-lintas kendaraan bermotor di darat saja, nah mulai sekarang perluaskan cakupannya hingga ke laut. Hal tersebut berdasarkan kondisi yang ada tempat saya sekarang tinggal yaitu Maluku.

Seperti teman-teman ketahui, wilayah Maluku sebagian besar terdiri dari perairan laut, bahkan mencapai 90 persen dari total wilayahnya adalah laut. Bisa dibanyangkan betapa pentingnya laut bagi masyarakat Maluku. Hal yang berlaku juga bagi propinsi-propinsi kepulauan lainnya. Armada atau kendaraan laut memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung aktivitas masyarakat di berbagai sektor terutama ekonomi. Mulai dari perahu kecil, kapal motor, kapal feri hingga kapal antar propinsi yang lebih besar. Semua itu membutuhkan pemahaman mengenai safety riding demi keamanan dan menghindari kecelakaan laut.

Kapal Ferry, contoh transportasi laut

Berdasarkan data dari KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) Departemen Perhubungan, kecelakan di laut tahun 2010 mencapai 128 kasus atau naik 5 persen dari tahun 2009, namun itu belum termasuk kasus-kasus yang tidak tertangani maupun terinvestigasi. Kecelakaan laut paling banyak di Laut Jawa, Selat Malaka, Selat Makasar dan Laut Banda.

Penumpang naik di atas kapal motor

Bila dicermati kembali, banyaknya kecelakaan di laut umumnya disebabkan oleh faktor kelalaian manusia. Dalam kasus kapal tenggelam misalnya, banyak dikarenakan kapal tersebut kelebihan muatan. Banyak operator kapal hanya mengejar target muatan namun mengabaikan keselamatan penumpang. Selain itu, perilaku perilaku penumpang yang tidak mengindahkan aturan juga dapat berakibat terjadinya kecelakaan. Di Maluku sendiri, misalnya pada jalur-jalur dekat menggunakan kapal motor kecil, maka ada beberapa penumpang yang lebih enak untuk duduk di atas kapal tanpa mengindahkan faktor keselamatan.

Faktor lainnya adalah kurangnya kelengkapan dalam kapal seperti life jacket, pelampung dan alat-alat lain yang dibutuhkan dalam kondisi darurat. Bahkan misalkan tersedia, perlengkapan itupun tidak dapat digunakan secara optimal karena tidak didukung dengan pengecekan alat secara rutin. Pada akhirnya alat tersebut rusak dan hanya sebagai asesoris kapal tanpa ada fungsinya.

Harusnya tidak demikian

Menyikapi kondisi demikian, maka sudah seharusnya pihak pengelola angkutan laut memiliki aturan yang jelas. Pengecekan terhadap kondisi kapal dan kelengkapannya harus dilakukan secara rutin dan kontinyu, tidak sekedar formalitas belaka. Dan yang lebih penting adalah kesadaran dari para pengguna transportasi laut itu sendiri. Beberapa upaya yang dapat kita lakukan sebagai tindakan preventif antara lain:

  • Melihat kondisi fisik perahu, kapal atau jenis kendaraan angkutan laut lainnya apakah masih layak pakai atau tidak. Apabila kita anggap kurang layak, lebih baik mencari alternatif lain.
  • Melihat kelengkapan untuk keselamatan yang ada di kapal, seperti pelampung, perahu karet atau skoci, tabung pemadam kebakaran dan perlengkapan keselamatan lainnya. Dan jangan segan untuk menanyakan kondisinya pada petugas yang ada di kapal.
  • Ikut memberi pengarahan kepada penumpang lainnya apabila mereka melakukan tindakan yang membahayakan dirinya maupun orang lain selama perjalanan di laut.
  • Tidak membawa barang bawaan yang berat-berat dan berlebihan saat akan melakukan perjalanan laut, untuk mencegah terjadinya kelebihan muatan di kapal.
  • Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mengetahui kondisi cuaca atau musim sebelum melakukan perjalanan laut. Seperti sekarang sedang terjadi musim ombak di laut-laut sekitar Maluku, jadi lebih baik tidak melakukan perjalanan laut.

Dan yang tidak kalah pentingnya bahkan menjadi hal yang paling utama, yakni berdoa setiap saat untuk keselamatan ketika melakukan perjalanan laut.

Semua hal tersebut di atas hanya sebagian kecil upaya yang dapat dilakukan dalam rangka safety riding di laut. Sebenarnya masih banyak lagi tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi kecelakaan lalu-lintas laut. Upaya preventif dan proaktif dilandasi oleh kesadaran dan keseriusan berbagai pihak tentunya sangat diperlukan untuk mengurangi jumlah kecelakaan di laut.

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

39 thoughts on “Darat – Laut, Safety Riding Sama Pentingnya

  1. Wah, faktor ketersediaan jaket penyelamat itu yang selalu membuat saya ragu-ragu kalo travel naik kapal. sebenarnya gimana dengan standar keselamatan kapal perintis bro?? tebakan saya sih: seadanya ya. hehehe

    | selama ini standar keselamatan sangat tidak diperhatikan om, apalagi kapal perintis…

    Posted by indobrad | Tuesday, 18 January 2011, 00:26
  2. wah sampai perairan, safety riding, bener ga kepikir kuwe, tek akoni…
    Tp jarang naik kendaraan air je

    | sekali kali jajal naik kapal meng ngendi kwe kang… :)

    Posted by Triyanto Banyumasan | Tuesday, 18 January 2011, 00:30
  3. bagus sekali postingan ini… krn melihat safety riding dari transportasi laut.. mgkn ini satu2nya tulisan yg melht dr sudut pandang itu… pasti sgt bermanfaat… selamat yah smoga sukses di kontes blognya…
    ditunggu kunjungan baliknya… thx ;-)

    | makasih mas atas tanggapannya, saya hanya ingin berbagi info saja bahwa di laut masih butuh perhatian tentang safety riding…

    Posted by m_thohir | Tuesday, 18 January 2011, 08:11
  4. Biasanya di kapal feri itu ada batasan berapa jumlah penumpang yang boleh diangkut. Tapi kalo seperti foto di atas, itu mah udah bahaya namanya. Untung mereka nggak kenapa-kenapa. Coba kondisi cuaca lagi buruk… Beh… Nggak tau deh apa yang akan terjadi.

    Itu menurut pemikiran saya pribadi lho… Maaf kalo sotoy. Hehe…

    | bener kayak gitu, kebanyakan pengelola kapal hanya ngejar setoran tanpa memperhatikan keselamatan penumpang..

    Posted by pink | Tuesday, 18 January 2011, 11:10
  5. setuju Kang mamung
    keselamatan berkendaraan hendaknya di semua moda
    terbang ya selamat, berlayar juga selamat
    naik motor selamat, yang jalan kaki juga selamat
    salam kenal kang… salam sukses..

    sedj

    | siiiippp.. darat, laut, udara kita aman dan selamat..

    Posted by sedjatee | Tuesday, 18 January 2011, 12:19
  6. harus lengkap semua peralatan kendaraan, darat laut udara ..

    salam sukses :)

    | itu juga… :)

    Posted by fitr4y | Tuesday, 18 January 2011, 12:29
  7. stuja mung,dimanapun,darat,alut,udara,safety reading sangad penting..

    bahaya juga jika ada yang tak indahkan salah satu peraturannya..

    good Luck yaaa….

    | semuanya penting, semua demi keselamatan bersama… makasih ya..

    Posted by wi3nd | Tuesday, 18 January 2011, 12:59
  8. Wahhh belum ada yg posting safety riding untuk transportasi laut ya:)
    Nice, moga menang ya, dan memang bener riding di laut udara maupun darat harus ikut standar peraturan agar tak terjadi kecelakaan

    | darat, laut, sama saja.. keselamatan wajib diutamakan..

    Posted by anny | Tuesday, 18 January 2011, 14:08
  9. safety riding untuk semua moda transportasi harus dilakukan ya om agar nyaman dan selamat dalam perjalanan…nice post om..

    | bener banget mbak..

    Posted by ummurizka | Tuesday, 18 January 2011, 14:56
  10. duh banyak banget mbacanya *numpang koment dulu*

    | hahaha… tapi lain kali harus baca lho…

    Posted by indomielezat | Tuesday, 18 January 2011, 15:18
  11. dimulai dr kesadaran diri sendiri akan pentingnya safety riding… :D

    | siiip…. :)

    Posted by ●●●ЄЯШЇЙ●●● | Tuesday, 18 January 2011, 15:39
  12. Yup, keamanan itu gak mengenal waktu dan lokasi.
    Dimanapun kita berada, harus memperhatikan yang namanya safety riding.
    Sukses buat lombanya :)

    | bener banget… makasih zippy.

    Posted by Zippy | Tuesday, 18 January 2011, 16:42
  13. makin terbukti, betapa pentingnya safety riding itu, mas, baik di darat, laut, maupun udara. namun, ternyata bukan hal yang gampang utk mebudayakan sikap disiplin dalam bertransportasi sehingga hampir setiap saat kita menyaksikan nyawa melayang menjadi korban.

    | semuanya kembali pada kesadaran kita masing-masing pak, dan ketegasan dalam menjalannkan aturan…

    Posted by sawali tuhusetya | Tuesday, 18 January 2011, 16:50
  14. top markotop kang, mugi-mugi menang… ciao…

    | amiiiin….. ;)

    Posted by sakti | Tuesday, 18 January 2011, 22:03
  15. Tulisannya ini lebih komplit nih, semoga sukses ya kang. :)

    | makasih mas..

    Posted by hudaesce | Tuesday, 18 January 2011, 23:49
  16. Masalah safety riding itu tidak akan ada habisnya kalau kita bahas, dan melalui moment ini marilah kita jadkan diri ini senagai duta safety riding di lingkungan kita.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    | mantap pak, mari kita ber-safety riding di mana saja..

    Posted by Sugeng | Wednesday, 19 January 2011, 07:35
  17. safety riding tak kira dijalan raya eh di laut, Maluku, ya? Saya stuju dg bbrp komentar diatas, tdk hanya dijalan raya(darat), dimanapun slamat berkendara penting, di udara skalipun… *foto2nya bagus

    | makasih kang tanggapannya..

    Posted by adetruna | Wednesday, 19 January 2011, 08:20
  18. saya baru sekali naik kapal, dan bentuknya mirip digambar diatas.. hehe
    ngga pake safety dan ditengah jalan sempat ngadat :(

    | wah bisa bahaya tuh.. dan kebanyakan kapal emang gitu..

    Posted by kodokz | Wednesday, 19 January 2011, 09:35
  19. Nice info nich.. :)

    tapi benar jg,masih banyak dari kita yang tdk memperdulikan keselamatan, bahkan banyak yg tidak faham pentingnya safety riding. Setuju bgt berdoa jg penting

    Maluku sangat indah ya kak.. :)

    | makasih radesya, Maluku indah lautnya.. ayo ke sini.. :)

    Posted by radesya | Wednesday, 19 January 2011, 11:47
  20. horeee mamung ikutan lomba juga
    semoga menang ya mung
    kapan donk kita kopdaran? :D

    | hehe makasih mbak julie… iya ya kapan kita kopdar??

    Posted by gerhanacoklat | Wednesday, 19 January 2011, 13:17
  21. sepakat sekali dgnmu ,Mamaung
    inginnya kita selamat dlm bermacam moda transportasi yg digunakan, baik, darat, laut maupun udara.
    kuncinya memang kedisiplinan para pengguna dan operatornya.

    Semoga beruntung dlm kontes safety riding ini ,Mamung
    salam

    | bener bunda, keselamatan yng kita inginkan… makasih bunda..

    Posted by bundadontworry | Wednesday, 19 January 2011, 14:01
  22. wah,…wah…bagus tu..
    Pada saat semuanya pada posting bercerita tentang motor atau mobil malah cerita tentang kendaraan laut. Gagasan yang bagus tu…

    http://thimits.blogspot.com/2011/01/tips-berkendara.html

    Salam kenal dan semoga sukses selalu

    | hehehe melihat dari sisi yang lain… salam kenal juga ya.. :D

    Posted by hafsari | Wednesday, 19 January 2011, 15:40
  23. saya belum pernah naek kapal laut..takut..hee..
    semoga sukses kontesnya sob :)

    | harus dicoba wien.. :)

    Posted by wien | Wednesday, 19 January 2011, 19:00
  24. Bekunjung :)

    maaf baru sempat mampir

    | hehehe…..

    Posted by Mila | Wednesday, 19 January 2011, 19:13
  25. Karena merasa pada jago berenang jadi pada seenaknya deh :(
    OOT : Bila Sahabat memiliki pengalaman berkesan yang berkaitan dengan masalah kesehatan, silakan ikuti Kontes Aku Ingin Sehat, hanya di Try2bcoolnsmart.

    | iya, masa pada nggantung di luar kapal… baik kakaakin, saya akan buat postingannya.. :)

    Posted by Kakaakin | Thursday, 20 January 2011, 08:39
  26. nah itu foto yg terakhir tuh bisa bahaya bgt..harusnya jgn begitu

    | iya tuh bahaya, makanya saya posting biar pada tau hehe

    Posted by julicavero | Thursday, 20 January 2011, 10:41
  27. Yang lebih penting adalah Ber do’a sebelum bepergian.

    | bener banget…

    Posted by yusuf | Thursday, 20 January 2011, 12:35
  28. betul….betul….dimanapun kita harus safety

    | siiiip… :D

    Posted by tuyi | Thursday, 20 January 2011, 13:15
  29. Lama tak ngeblog nih saya :D

    Kau benar kawan
    Moga menang ya!

    | tengkyu kang… :)

    Posted by achoey el haris | Thursday, 20 January 2011, 14:20
  30. tambahan lagi di udara dan bawah tanah

    | hehe bisa juga tuh…

    Posted by komuter | Thursday, 20 January 2011, 15:25
  31. waduhh… saya kalo balik naik kapal laut nihh.. baru terpikir akan keamanannya.. :-/

    | wah kudu ati-ati ya…

    Posted by nymph34 | Thursday, 20 January 2011, 16:31
  32. harusnya ada foto pas kita naik motor laut ke buano dan memilih duduk di atas untuk liat liat pemandangan. termasuk dirimu mas mamung,paling depan pula. waktu itu pasti lupa sama safety ridingnya

    | iya ya, tambahin dong… dan ingatkan ya biar safety riding.. :)

    Posted by hamida | Thursday, 20 January 2011, 18:19
  33. game outdoor juga tuh, savety harus 90% minimal…kadang remeh…

    | bener, agar tidak terjadi cedera..

    Posted by Mbah Jiwo | Friday, 21 January 2011, 11:50
  34. jaket penyelamat.. errr…
    Kadang jd pertanyaan… cukup gak siy ketersediannya?

    | kayaknya gak cukup lho, jadi harus bawa sendiri :D

    Posted by Ceritaeka | Friday, 21 January 2011, 14:28
  35. Wogh masuk dalam Nominator ya. Hebat. Semoga menang :)

    | makasih om, amiiin…

    Posted by indobrad | Friday, 21 January 2011, 22:49
  36. ah kapal laut,
    dulu saya biasa pulang ke kampung saya naik ferry itu
    20 jam baru nyampe :|

    | wah lama banget di laut, ngeri banget… :)

    Posted by warm | Saturday, 22 January 2011, 02:18
  37. Muga-muga menang kontese mas.

    | amiiiiin….

    Posted by Wandi thok | Saturday, 22 January 2011, 02:56
  38. Postingan anda menarik dan inspiratif. Terima kasih partisipasinya mengkampanyekan Safety Riding and Driving.
    Selamat postingan anda masuk 30 nominasi unggulan lomba ‘Blogger for Safety

    | wow makasih dblogger… :)

    Posted by dblogger | Saturday, 22 January 2011, 20:32

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: masih tertatih « banyumas – ambon pp - Tuesday, 22 February 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: