::
you're reading
AMBOINA

Selat Valentine

Harusnya dalam kurung afdholnya postingan ini dipublish akhir tahun 2010 atau awal tahun 2011 kemarin, karena momen itulah yang paling tepat, istilah masakan saat itu masih hot from the oven. Yah tapi manding telat daripada minggat tidak sama sekali, sekalian mengurangi yang ribed-ribed :D

Selat Valentine, pertama mendengar juga rada kaget. Tidak menyangka di pulau terpencil di wilayah Maluku ada sebuah selat yang namanya romantis bangetValentine“. Selat ini sebagai salah satu spot yang aku kunjungi saat bekpekeran* bareng teman-teman dari Blogger Maluku ke Pulau Boano, di sebelah barat laut Pulau Seram (kalau masih bingung cari petanya di ATLAS ya :D). Cerita versi lengkapnya disini atau yang ini.

Selat ini terletak di antara pulau Boano dengan pulau kecil di sebelah utaranya (lupa namanya :D). Katanya sih yang memberi nama Valentine adalah tentara Belanda pada jaman kolonial dulu. Entah mengapa mereka memberi nama tersebut. Saat masuk ke selat, bentuk bentang alam yang ada sangat keren, menyerupai pintu gerbang, yang terdapat pula pada ujung selat.

Lihat kiri-kanan terdapat tebing-tebing tinggi berupa batuan-batuan, ada yang hitam, batuan kapur dan lainnya. Selain itu terdapat pula stalagmit maupun stalaktit pada batuan-batuan tersebut. Untuk orang geologi, ini pastinya menarik bila diteliti lebih jauh. Perlu diketahui, sebelum masuk ke selat, arus air cukup keras namun setelah masuk ke selat air benar-benar tenang seperti halnya danau. Pokoknya asyik banget, yakin lah sumpah… :lol:

Namun kita hanya sebatas melewati selat saja, karena tujuan utamanya adalah mengunjungi Pulau Kasawari yang bentuknya mirip burung Kasuari sesuai namanya. Jadi saat di selat, kita hanya sekedar melihat-lihat pemandangan alam yang menakjubkan di sekeliling dan tak lupa jeprat-jepret ambil gambar.

Aku berani jamin, apabila selat itu letaknya di dekat atau di sekitar pusat kota, pastinya telah menjadi tempat wisata. Melihat airnya yang tenang, bukitnya yang kokoh dengan pepohonan hijau, hmm sungguh mendamaikan jiwa. Terima kasih untuk semuanya. Ke sana lagi yuk… :)

Wehehe ternyata singkat banget ulasannya.. :D

*Tim Bekpeker Boano: Mamung, Almas, Ca Eby, Nia, Hari, Bang Iwan, serta Pak Joko & Bu Joko.

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

34 thoughts on “Selat Valentine

  1. lain kali jgn lupa aku diajak ya…. :roll:

    | oke ae, aku ajak nanti.. ;)

    Posted by ●●●ЄЯШЇЙ●●● | Sunday, 23 January 2011, 02:55
  2. Wah bagus ya view nya…
    Lucu juga dikasih nama valentine. Mungkin karena view nya bagus jd cocok buat tempat pacaran ya? Hehehe

    | hahaha bisa juga ya Om, emang tempatnya romantis banget sih..

    Posted by arman | Sunday, 23 January 2011, 03:53
  3. Salam kenal sebelumnya ;)

    Hanjrit pemandangannya, macam syuting LoTR saja.. Indonesia is a beautiful city deh…

    Eh, itu yang pake slayer Man Utd kayaknya saia kenal… :mrgreen:

    | Hehehe dan tiba-tiba dari dalam air keluar naganya ya… Weh kenal juga sama katibi, itu dedengkot blogger maluku.. :D

    Posted by Amd | Sunday, 23 January 2011, 04:17
  4. wow…. sekali lagi wowwwww. saya baru tau ada selat yg dijuluki selat valentine. hehehe. thanks for sharing

    | woooww.. ke sini Om, kita ke selat valentine :D

    Posted by indobrad | Sunday, 23 January 2011, 07:21
  5. duh, kirain saya gak perlu ngedit. ternyata…

    nama pulaunya buano bukan boano. penting itu. trus disebut valentine, menurut bang Ali (sekdes buano utara) karena belanda menemukannya di bulan Februari.
    btw, pas baca judulnya kirain panjang ternyata singkat. kentara cuma menggugurkan kewajiban. tapi mending sih, daripada daku yang belom posting perjalanan itu. postingku nanti foto foto aja deh, biar gambar yang cerita.

    niatnya, komen ini mau sama panjangnya dengan postinganmu. sudah belum ya?

    | ah sama saja, Pulau Boano itu yang tertera di atlas dan istilah luar negerinya, sama kaya Krakatau = Krakatoa gitu.. tapi terima kasih sudah mengoreksi diriku.. :)

    Posted by hamida | Sunday, 23 January 2011, 08:17
  6. oiya, mengenai lupa nama di atas, selat valentine berada di antara pulau buano dan pulau pua.

    | ooh Pulau Pua ya.. masalahnya di Atlas gak ada namanya :D

    Posted by hamida | Sunday, 23 January 2011, 08:20
  7. Pertama lihat gambarnya hati ini langsung kagum…

    Indonesia punya pemandangan se indah itu.

    | saya pas datang juga kagum banget…

    Posted by rooteye | Sunday, 23 January 2011, 08:44
  8. Pemandangan yang exotic (nggak tau apa artinya exotic hehe..)

    Tapi yang jelas bener-bener Indah

    | bener bener exotic hehe

    Posted by yusuf | Sunday, 23 January 2011, 08:45
  9. yep benar sobat muda ^_^…dari fotonya saja sudah terlihat indah dan roman….mm tapi ada yang bekerja di benak saya ..melihat selat dan lingkungan lautnya yang tenang…naluri memancing!….weks ….sangat…

    | hehe kemarin cuma bentar jadi gak kepikiran mancing :D

    Posted by aryadevi | Sunday, 23 January 2011, 08:57
  10. bukan batu kapur om…batugamping atau limestone lebih tepatnya…
    ^-^

    thanks ping balik nya…

    | batu kapuur, gamping bedanya apa ya..?

    Posted by Anugrha13 | Sunday, 23 January 2011, 09:09
  11. wiiiih family gathering, ya….srneng rasanya liat alam yg asri spt itu :)

    | blogger gathering kang… :)

    Posted by Ade Truna | Sunday, 23 January 2011, 11:19
  12. Hehe, ternyat selat itu toh… Tadi liat judulnya selat valentine aku kira postingannya ngomongin tentang sebulan sebelum hari valentine.

    Ada juga ya selat namanya selat valentine. Kira-kira siapa yang kasi nama begitu ya? Hehehe…

    Tapi pemandangannya bagus banget.

    | hehe mentang2 pink dikira valenten 14 februari.. yang kasih nama orang belanda..

    Posted by pink | Sunday, 23 January 2011, 13:04
  13. wah..jadi kepengen ke situ….
    pasti seger banget pikiran ya…he..he..

    | saya juga kepengin lagi… :)

    Posted by Teras Info | Sunday, 23 January 2011, 16:12
  14. waduh mung,, mbok aku dikirimin tiket untuk kesana,,
    habis ngopi jos jalan ke selat valentine,, indah benar maluku,, belum lagi terumbu karangnya,,

    | dari kemarin minta dikirimin tiket terus.. :D

    Posted by ysalma | Sunday, 23 January 2011, 18:08
  15. Selat Valentine? hm, namanya unik dan saya baru benar2 tahu kalau ada selat yang memiliki nama unik seperti itu, mas. semoga suatu ketika saya bisa berkunjung ke sana.

    | saya tunggu kehadirannya pak :)

    Posted by sawali tuhusetya | Sunday, 23 January 2011, 20:21
  16. wah,,,indah sekali,
    tapi jauh banget dari tmptku di palembang,,
    kayaknya seru juga wisata sambil mancing disana,,,
    air yang tenang,,,mantab sekali untuk berenang,,,

    | mancing oke tuh, tapi kalo berenang ngeri kayaknya dalam tuh airnya…

    Posted by evridamanik | Sunday, 23 January 2011, 20:32
  17. kalau di tempatku selat bangka heheheh

    hmm… baru denger nih kalo ada yg namanya selat valentine, jadi penasaran gw.

    | saya juga penasaran sama selat bangka.. :)

    Posted by Tari-ssi | Monday, 24 January 2011, 01:46
  18. wah mas emang tempatnya oke banget tuh, jauhnya tapi ya…

    | oke sekali mbah.. jauh tapi masih di Indonesia kan..

    Posted by Mbah Jiwo | Monday, 24 January 2011, 10:25
  19. ikuuuuuuuuuuuuuuuuuuttttttt…..

    | hayuuuuuuh, jangan lupa bawa pisang epe’ ya..

    Posted by eyha | Monday, 24 January 2011, 13:23
  20. Saya tuh paling gak tahan kalo lait pemandangan alam yang bagus kayak gitu, Huh…,rasanya mau ngiler za kalo liat yang kayak di Pic itu. :P

    | jangan ngiler di blog saya mas.. :lol:

    Posted by hudaesce | Monday, 24 January 2011, 14:05
  21. Baguuuus deh. Waaa kapan ya bisa ikut ke sana? Hehehe.. :D

    | hayoo kapan..??

    Posted by Karina | Monday, 24 January 2011, 16:10
  22. wah liburannya seru :D

    | seru sekali…. :D

    Posted by sibair | Monday, 24 January 2011, 17:51
  23. wah keren ya pemandangannya ……

    | keren sekaliiii…. :D

    Posted by rubiyanto19 | Monday, 24 January 2011, 20:23
  24. Assalaamu’alaikum Muhammad…

    Indah sekali pemandangan di Selat Valentine. Foto2nya keren2 memukai mata. Kehijauan hutan sungguh menyegar mata. sangat bagus mejadi pusat wisata yang mendamaikan.

    Trims ya sudah berbagi kecantikan alam laut di sana. Salam mesra selalu.

    | Wa’alaikumsalam… makasih bunda, saya jg ingin bunda bisa menikmati keindahan Maluku terutama lautnya :)

    Posted by SITI FATIMAH AHMAD | Monday, 24 January 2011, 21:11
  25. Subhanallah… indah banget…
    Aku selalu jatuh cinta bila melihat tebing2 kapur seperti itu :D

    | saya juga speechless pas berkunjung ke sana, takjub kak..

    Posted by Kakaakin | Monday, 24 January 2011, 21:30
  26. Subhanallah… AllahuAkbar.. Allah memang keren bangettt.. :oops:

    kapan kesana yaa.. *halah, Jogja aja ga kelar* :mrgreen:

    | mari bersama sama tadabbur alam.. :)

    Posted by Nandini | Tuesday, 25 January 2011, 20:30
  27. woww,,indahnya,,,,,kapan saya bisa kesana??kelihatan masih alami,,bner ga bro??

    | sangat alami dan hijau brader.. :D

    Posted by ahmadblog | Thursday, 27 January 2011, 08:46
  28. hahaha ada juga ya namanya selat valentine hehehe saya baru tauk.. makasih ya atas postingannya.. saya jadi lebih tauk :)

    | ada, pokoknya macem-macem nama ada di sini :D

    Posted by Richie Lanover | Thursday, 27 January 2011, 18:38
  29. saya suka tempat-tempat seperti ini….adem 100% natural

    | nah ini juga… :D

    Posted by bintangzohra | Tuesday, 8 February 2011, 17:46
  30. saya suka tempat-tempat seperti ini 100% natural…

    | hehe tadinya masuk spam ini…

    Posted by bintangzohra | Tuesday, 8 February 2011, 17:49
  31. saya suka tempat seperti ini 100 per cent asli…

    | hmm hayoo kesini..

    Posted by bintangzohra | Wednesday, 9 February 2011, 22:15
  32. Selat valentina yg brsebrangan dengn pulau pua kami dari ikatan sebat mahasiswa pertanian indonesia telah merancang u/ mengembangkn tanaman endemik tunan d kawasan pulau pua dan memanfaatkan panorama alam yg ada di selat valentine u/ d jadikanx sbg daerah agro wisata. Kami memohon restu dn dukungan semua pihak.

    Posted by yudin hitimala | Tuesday, 2 July 2013, 18:21
  33. Asal muasal selat valentine dlm sebutan bahasa tuni2 tanah buano (sou puan) adalah lauta halawane yg artix lautan raja halawane, pemberian nama dengn sebutn valentine o/ kaum. Kolonial dikarenax t4 trsebut mnyimpan sejuta kasih sayng dn mnjd t4 romantisan, t4 ini mnyimpan banyak sejuta sejara, trutama pd ms penjajahan belanda dn smpai pd saat mskx bangsa jepang. Stlh trjadix perang dunia 2 selat valentine merupakn t4 persembunyian kapal2 perang jepang dr kaum sekutu, nmn stlh hancurx kota herosima dn nagasakti dn kembali jepang k negara mrk hx membawah 2 buah kapal perang mrk dn mengelamkan 1 buah kapal d dalam teluk valentine trsebut. Jk teman2 mau mngetahui lbh lnjut tntng selat valentine mk kami dari mahasiswa asal pulau buano dn mrpkn masyrkt adat daerah trsebut siap u/ memberikan brbagai info kpd tmn2. Krn playning kami k dpn u/ mnjdix selat valentine trsebut sbg sektor wisata yg d padukan dengn pengembangn tanaman endemik tunan u/ mnjd agro wisata. Mhn doa restix..

    Posted by yudin hitimala | Tuesday, 2 July 2013, 18:38
  34. Pulau buano menyimpan banyak situs sejarah, baik lokal maupn situs2 yg brkaitn dngn masa2 penjajahan. Selat valentine memiliki taman laut yg sangat indah, trdapat biota2 laut yg endemik serta terumbuh karang yg masih alami. T4 ini sangat cocok u/ d jdx sbg wisata, dn yakin sungguh jk ada investasi u/ mengelolahx mk mampu u/ menarik turis2 u/ berdatangan d pulau buano.

    Posted by yudin hitimala | Tuesday, 2 July 2013, 19:00

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: