::
you're reading
KOMPETISI, NOSTALGIA

Komplikasi Gejala Tipes sama Bisul :D

Ini sepenggal kisahku, saat seragam sekolahku merah bawahnya dan putih atasnya alias SD/MI tepatnya kelas 3 MI. Namanya juga sekolah, di depan gedung pasti berjejer-jejer para pedagan mulai dari es cendol, es tungtung (es krim), orson, gorengan, kacang kapri, cilok (aci dicolok kayak baso gitu), dan aneka makanan ringan anak-anak lainnya serta tak ketinggalan pedagang mainan. Dan namanya juga anak SD, pasti asyik tuh bareng teman-teman ngumpul pada jajan bareng-bareng. Saya sukanya cilok sama es cendol, apalagi kalo habis olahraga di lapangan, kemringet langsung nyess minum es cendol.

Awalnya sih tak masalah, asyik aja jajan sana-sini asal masih ada duit. Lagian kalo duit abis bisa minta bapak yang kebetulan mengajar juga di sekolah yang sama. Duit habis tinggal ketok-ketok ruang guru, minta tambahan uang saku ke bapak (asyeek :lol:).

Nah, mungkin inilah akibat sering jajan sembarangan. Bersamaan dengan akan diadakannya tes catur wulan (dulu istilahnya THB – Tes Hasil Belajar), kepala mendadak pusing, badanku panas seperti deman tapi disertai nyeri, mual dan lemas, pokoknya badan terasa gak enak banget. Aku inget banget, tes hari pertama masih bisa ikut tapi hari kedua dan seterusnya lunglai tak berdaya. Ibuku segera membawaku ke Puskesmas terdekat dan aku divonis terkena Gejala Tipes.  Wah gejala tipes..?? penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi, yang biasanya berada pada makanan atau  apapun yang kotor-kotor. “Kuweh makane angger jajan aja sembarangan, angger arep maem tangane dikumbah sing bersih ndisit” kata ibuku, yang artinya “Tuh makanya kalo jajan jangan sembarangan, kalo mau makan, tangannya dicuci yang bersih dulu”.

Jangan jajan sembarangan (ilustrasi)

Yah mungkin emang dasarnya aku kurang peduli dengan kebersihan. Asal tahu saja, pas kecil dulu aku suka banget hujan-hujanan, mandi-mandi di kali, bermain lumpur, nyari belut atau keong di sawah, pokoknya kotor-kotoran lah. Sangat jauh dari istilah bersih. Dan lagi-lagi kena batunya, lebih parahnya lagi itu terjadi pada saat yang bersamaan. Di saat gejala tipes masih menyerang, eh tanpa disadari nongol benjolan kecil di b*k*ng, waduuh sempurna sudah penderitaan, aku kena bisul, istilah Banyumasnya wudunen.

Gejala tipes dan bisul, dua-duanya sama-sama bikin sengsara. Namun ada kontradiksi antara tipes dan wudunen. Di saat si tipes dilarang makan yang asem-asem, pedes, sembarang makanan yang gak higienis, eh si bisul ini mengharuskan diriku untuk mengkonsumsi makanan yang asem-asem. Menurut petuah orang tua, bisul dapat sembuh bila kita sering makan yang asem-asem seperti wedang asem jawa, tape, dondong, dan ekstrak bau ketek lain-lain pokoknya yang asem. Jadi bingung aku, gimana nih..

Sangkin bingungnya, ada tetangga yang ngasih saran kalo untuk gejala tipes obati sama cacing tanah bakar, hidiiih gak kebayang gimana rasanya. Dan untuk sang bisul obati dengan cara dioles pake upil (tahukan upil..? iya upil.. :D).  Almarhum kakekku bahkan nyuruh aku nyanyi “Bapa tukung, dudu watu dudu gunung, eee tambane opo… dst.” sambil dielus-elus bisulnya. Aku tak hafal benar lagunya, tapi yang dimaksud bukan batu bukan gunung ya bisul itu tadi. Demi hasrat untuk kesembuhan, dengan polosnya ku coba semua saran tersebut. Hasilnya..? :lol: *ngakak*

Akhirnya ibu berpikir gimana biar aku sembuh yaitu dengan mengedepankan skala prioritas. Ya sembuhin dulu gejala tipesnya. Sesuai petunjuk dokter Puskesmas, aku minum obat sejenis vaksin tipes yang katanya bisa melindungi tipes selama 3 tahun. Selain itu harus mengkonsumsi makanan yang sehat, tidak jajan sembarangan, cuci tangan sebelum makan dan perilaku lainnya yang sesuai dengan pola hidup sehat. Alhamdulilah gejala tipesku sembuh, dan bisa mengikuti tes Catur Wulan meskipun susulan dengan hasil yang cukup memuaskan.

Eiit tapi tunggu dulu, gimana dengan bisulnya…?

Bisul memang bikin sengsara. Bisulku lama-lama mateng dan mecah sendiri, tapi bikin badan jadi kaku. Kata ibu, kalo sudah pecah harus dipencet biar keluar matanya. Wah bisul punya mata juga..? Ya itu loh bagian yang berwarna putih kenyal-kenyal. Kalo yang pernah bisulan pasti tau. Syukur kalo dipencet keluar sendiri, nah kalo tidak bisa maka ada cara untuk mengambilnya. Gimana caranya..? yaitu pake rambut yang panjang, lalu seperti orang yang mau ngikat, masukan rambut ke lubang bisul, ikat bagian putih kenyal tersebut lalu tarik. Wiiih kalo kena matanya, rasanya ngilu banget, dreedeeeeeeeeeetttt gitu. Namun demi kesembuhan, ngilu harus ditahan. Agar mengurangi rasa sakit, tiup-tiup bisulnya pake mulut sambil ngucap mantra “adeemm adeeemm adeemmm…” gitu seterusnya. Bisul sembuh, meski ada bahaya laten yang mengintai.

Dan aneh bener-bener aneh deh, bahaya laten menjadi nyata ketika kelas 6 SD hingga SMP kelas 2. Masa-masa itu bisul layaknya teman. Ia muncul di jempol kaki, di dengkul, di lengan tangan, dan di b*k*ng tentu saja. Hingga kakak-kakak dan teman-temanku menganugerahkan padaku gelar Raja Bisul. Puncaknya adalah ketika bisul yang cukup gede nongol di lengan kanan, dan aku tak bisa menulis saat sekolah kelas 2 SMP (terima kasih untuk teman yang dulu menuliskan pelajaran untukku).

Bekas bisul jadi bukti :D

Bisul bisul…Gimana nih..? salep bisul telah kucoba, dokter juga sudah dikunjungi, tapi tetep saja bisul menggelora. Dan lagi-lagi, mungkin kurang jaga kebersihan. Berhubung bisulan terus, maka aku disuruh untuk mengkonsumsi tape yang banyak, minum wedhang asem dan makanan yang asem-asem. Aku juga disuruh minum jamu bersih darah, karena bisul juga bisa disebabkan oleh darah yang kotor, sama halnya dengan jerawat dan bercak-bercak merah pada muka.

Dan alhamdulilah setelah sering mengkonsumsi yang asem-asem, minum jamu/obat bersih darah, bisul itu tak keluar lagi. Alhamdulilah lagi gejala tipes juga tidak menyerang lagi. Mudah-mudahan tetep sehat wal afiat. Dan pelajaran yang selalu aku ingat adalah bahwa kita harus mempraktekan pola hidup sehat sejak dini agar terhindar dari penyakit, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Mudah-mudahan ini bermanfaat.

Postingan ini tujuannya berbagi pengalaman tentang kesehatan dalam kontes Aku Ingin Sehat-nya Kakaakin

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

48 thoughts on “Komplikasi Gejala Tipes sama Bisul :D

  1. Semoga menang kontesnya :D

    | amiiiin… :)

    Posted by ●●●ЄЯШЇЙ●●● | Tuesday, 25 January 2011, 17:11
  2. menjaga pola hidup sehat memang dimulai dari sesuatu yg basic namun sangat sulit dikendalikan: nafsu makan. semoga menjadi pelajaran.

    btw, foto masa kecilnya lutjuuuu *gak berani membayangkan wajah aslinya sekarang* :D

    | bener om, masalah makan itu susah dikendalikan.. wehehehe asyeemmmm, sekarang gantheng om :lol:

    Posted by indobrad | Tuesday, 25 January 2011, 18:16
  3. mas :| koko bisaulnya serem gitu si :D hehe

    | bekas bisul tepatnya… :)

    Posted by sibair | Tuesday, 25 January 2011, 18:28
  4. saya pernah kena tiphoid 3 kali.. :mrgreen:
    tapi tentu saja tanpa bisul :D

    | wah saya cukup sekali saja deh, bisul jg mudah2an tidak nongol lagi… :D

    Posted by Nandini | Tuesday, 25 January 2011, 20:45
  5. wowh jebule senenge wudhunen yah???makane aja kakean ndudukin bantal :D

    | wakakkaka.. jebule pada bae :lol:

    Posted by Anugrha13 | Tuesday, 25 January 2011, 21:10
  6. Alhamdulilah….,sampai saat ini saya belum pernah kena thypus. dan semoga saja jangan sampai, eh ya Thanks brow tuk artikelnya. Semoga sukses yach. :)

    | syukurlah, tetep jaga kesehatan mas, karena sangat mahal harganya… makasih ya..

    Posted by hudaesce | Tuesday, 25 January 2011, 21:13
  7. kayaknya sampe skarang juga masih jauh dari bersih. itu lenganmu ta nduk? bukti sahih…

    | hehe bener juga sih ca… iya lenganku,belum pernah liat tho..?

    Posted by hamida | Tuesday, 25 January 2011, 21:31
  8. nice info sob…

    | tengkyu gan…

    Posted by naruto | Tuesday, 25 January 2011, 22:20
  9. kalau kena gejala tipes pernah sih, tapi nggak sampek udunen..
    semoga sukses kontesnya.. :D

    | mudah2an gak lagi ya mas… makasih mas

    Posted by kucrit | Wednesday, 26 January 2011, 01:31
  10. Gagal Maning..Gagal Maning Son, gara gara bisul sul sul..ya wis mengko takon mbari Nyonyae ari ning B#k*g nge ana pira pitake..ha ha ha

    bisa bisanya si Akang yang satu ini..jempol ke atas buat AKang..

    | wakakaka… sampeyan pengin ngitung apa kang..? nyooooh… hahahahahaaaa…

    Posted by andioka | Wednesday, 26 January 2011, 02:04
  11. dulu pernah kena tifus waktu kelas 4 sd, sampai libur sebulan, ga ada bekas apa-apa sih..

    | hehe.. tipes emang gak berbekas, yang ada bekas tuh bisul.. :roll:

    Posted by giewahyudi | Wednesday, 26 January 2011, 04:38
  12. masa2 remaja emang pasti gampang bisul deh, karena hormon juga kali ya.
    dulu gua inget mulai smp tuh kok mata jadi sering bintitan. ampun dah. belum lagi jerawat dimana2. jerawat ini kan masih sodara ama bisul ya? hehe

    | iya tuh bener banget, bintitan juga sering banget, ya mungkin karena hormon juga kali ya..

    Posted by arman | Wednesday, 26 January 2011, 05:02
  13. Nyembuhin bisul itu memang susah2 gampang. Nanahnya mesti dikeluarin semua supaya cepat sembuh :)
    Terima kasih atas partisipasi Sahabat pada Kontes Aku Ingin Sehat.

    | bener kakaakin, harus kena matanya, nanahnya harus keluar semua, jangan lupa dibersihin juga.. oke kaka, sama-sama, hanya ingin berbagi ini.. :)

    Posted by Kakaakin | Wednesday, 26 January 2011, 06:52
  14. waduh wudunen, pernah tuh waktu masih kecil :P

    | hehe sama ya kang…

    Posted by indra1082 | Wednesday, 26 January 2011, 10:06
  15. Iiiii… Lutu fotonya waktu SD.
    Wah, gaswat nih. Aku sampe sekarang juga masih sering jajan sembarangan kayak anak kecil. Semoga tipes dan bisul tidak menghampiri.

    Kalo cowok ada bekas bisulnya ngga apa-apa lah… tapi kalo cewek?
    Wah, harus dihindari nih…

    | hihihi.. ya semoga tetep sehat.. enggg gitu ya cewek, bekas jerawat aja jadi masalah, apalagi bisul ya..

    Posted by pink | Wednesday, 26 January 2011, 10:32
  16. hidung saya sudah panjang eh bisula pula diujungnya. pasti karena efek kebanyakan bohong, jadi pinokio

    | wah kalo hidung lebih pegel dan malu tuh :D

    Posted by komuter | Wednesday, 26 January 2011, 10:41
  17. bulan lalu aq positif kena thypus… dan dikirimin kapsul yang isinya dari cacing gitu…memang kabarnya untuk obat thypus sob…tapi alhamdulillah setelah obat itu datang dari kakak…kondisiku sudah sembuh setelah dikasih antibiotik dosisi tinggi…gak jadi minum cacing deh..heheheee….

    | iya, ternyata emang ada kapsul cacing katanya, syukurlah sekarang dah pd sehat..

    Posted by nitnot | Wednesday, 26 January 2011, 10:43
  18. Wahahaha..komplikasi yang aneh, typhus dan bisul..
    tapi syukur ya, sekarang dua2nya udah gak dateng2 lagi..
    mudah2an sehat terus ya..

    salam dari Makassar..:)

    | bener, mudah2an sehat terusss amiiin

    Posted by Ipul Dg. Gassing | Wednesday, 26 January 2011, 10:56
  19. Terima kasih share ilmunya Pak, salam kenal dari Pekalongan.

    | sama sama pak, salam juga dari ambon

    Posted by teguhsasmitosdp1 | Wednesday, 26 January 2011, 11:02
  20. brasa ngilu pas baca bagian narik mata bisul pake rambut, hiyyyyy…

    makanya, mandi yang rajin! :D

    | ngilu banget bund… hihihih iya sih dulu males mande kayak bunda juga :lol:

    Posted by bundamahes | Wednesday, 26 January 2011, 15:12
  21. semoga menang ya sob..

    | tengkyu bro…

    Posted by julicavero | Wednesday, 26 January 2011, 15:17
  22. semoga menang pak.
    ih ngeri yah kena bisul :D

    | salam kenal juga… gak ngeri juga kok, cuma pegel :D

    Posted by melly | Wednesday, 26 January 2011, 16:33
  23. Waduh, ga’ deh kalo bisul. Sakitnya minta ampun.

    | pernah ya..?

    Posted by basyarah | Wednesday, 26 January 2011, 18:53
  24. ya Allah moga cepat sembuh

    | wis sembuh mbah, aja maning2 lah…

    Posted by Mbah Jiwo | Wednesday, 26 January 2011, 19:06
  25. Wakakaka… Lucu ceritanya… :D

    | :D

    Posted by Ardianzzz | Wednesday, 26 January 2011, 21:21
  26. hiyaaa… alhamdulillah aku belum pernah seumur hidup bisulan. Semoga ga akan pernah, aamiin.
    Kalo typhus, sudah beberapa kali. Terakhir setengah tahun yang lalu malah dirawat di rumah sakit, komplikasi typhus, demam berdarah, dan maag. Minta ampun menderitanya. Sehat memang mahal ya, tapi kalo sudah sakit malah lebih mahal lagi. Hehe…

    | wah malah lebih gaswat tuh… mari jaga kesehatan karena sangat mahal harganya….

    Posted by Karina | Thursday, 27 January 2011, 02:28
  27. ini lho kok lucu,….
    liver disamain ma bisul…
    hahhahhahahhaha

    | wew…. :lol:

    Posted by ade | Thursday, 27 January 2011, 07:59
  28. hehhehhe….
    iya tuh betul… komplikasi….

    | ya bener kan..? :D

    Posted by uny | Thursday, 27 January 2011, 08:08
  29. wkwkw kocak semoga sayag ngalami penyakit tersebut :D g kebayang deh..

    | hehehe tengkyu kang….

    Posted by kang ian dot com | Thursday, 27 January 2011, 09:19
  30. Mending bisulnya di tangan, daripada di pant*t… Hehe
    bikin ribet bange ttuh kalo ada di sana nangkringnya… :D

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

    | di tangan, di p*nt*t sudah ta rasain semua nuzz, mending gak bisulan lah… :lol:

    Posted by Denuzz BURUNG HANTU | Thursday, 27 January 2011, 09:51
  31. heheheh/… sekarang dah sehat ya…
    selamat berkompetisi
    salam sukses..

    sedj

    | iya mas, makasih ya…

    Posted by sedjatee | Thursday, 27 January 2011, 10:27
  32. Aaaihhhh bisul adalah penyakit yang luar biasa bikin jengkel. Kesentuh dikit sakit… aduh luar biasa jengkel deh.
    Saya pernah dulu sekali… di ketiak pula! hahahaa….

    | wakakakak ternyata pernah bisulen jg tho…

    Posted by zee | Thursday, 27 January 2011, 16:03
  33. wew…. aku pernah juga dulu bisulan, pas waktu kecil, mbuh lali, koyoke ditambani salep ireng ireng.. hehe

    | hehe iya bener, salep ireng ambune sangit :D

    Posted by ndop | Thursday, 27 January 2011, 22:40
  34. sip mas…moga cerita bisul bisa membuat bisul kemenangan hehehehe

    sukses ya

    | hahah omiyan bisa aja, bisul kemenangan :roll:

    Posted by omiyan | Friday, 28 January 2011, 10:53
  35. Salam persohiblogan
    Maaf sahabat, saya baru sempat berkunjung lagi
    Ini pun memanfaatkan waktu yang sangat singkat

    Jadi mohon maaf jika hanya sempat menyapa
    Dan tak sempat baca-baca dengan seksama :)

    Tipes dan bisul sama bahayanya
    Moga terhindar dan sembuh

    Salam persahabatan dari Bogor
    Achoey el Haris

    | ehehe tenang aja kang, tak masalah.. ya mudah2an kang achoey tetep sehat.. salam hangat dari ambon juga kang..

    Posted by achoey el haris | Friday, 28 January 2011, 13:49
  36. wkwkwwkk… ekstrak bau ketek :D

    oala… sekarang mah artis ya, ternyata dulunya ada komplikasi hehee :p

    | hehe artis bisul :D

    Posted by dhedhi | Friday, 28 January 2011, 16:39
  37. itu beneran mung bekas bisulnya?
    Dahsyat ya

    | bekas itu bener mbak, dulu pegelnya minta amppunn… :(

    Posted by gerhanacoklat | Friday, 28 January 2011, 17:25
  38. apalagi sekarang hampir rata-rata makanan yang dikonsumsi setiap hari cukup rawan dengan bahan kimia yang siap “membunuh” kita :D Waspadalah!

    | iya makanya harus hati2 memilih makanan :)

    Posted by Aulia | Friday, 28 January 2011, 20:42
  39. pernah merasakan gejala thypus -saja- dan rasanya sungguh menyiksa…

    _perpaduan thypus dan bisul… hmmm.. sungguh perpaduan yang luar biasa :) _

    | dan semoga sekarang tetap sehat wal afiat ya.. amiiiin…

    Posted by dheeasy | Saturday, 29 January 2011, 00:50
  40. mntabs infox gan.. Kunjungn blik ya gan..

    | yaaaa….

    Posted by 4hacker38 | Sunday, 30 January 2011, 08:52
  41. Wahhh :D seru ya ceritanya, take care mas :)

    | oke oke… :D

    Posted by yosh! | Sunday, 30 January 2011, 19:32
  42. wah jangan-jangan kena bisul karena mandinya ngak bersih :lol:

    | bener, pas kecil dulu maenya lumpur di sawah, mandinya di kali, bener2 gak bersih, makanay sering bisulan :lol:

    Posted by orange float | Sunday, 30 January 2011, 19:55
  43. wah wah.. saya juga pernah terkena tipes, untungnya hanya gejala tipes, dan untungnya lagi ngga bersamaan dengan bisul2.. :lol:

    | yah mudah2an sekarang pada sehat semua yaa….

    Posted by kodokz | Monday, 31 January 2011, 23:18
  44. wih …serem ih bekas bisulnya, gimana dulu di saat si bisul menggelora yaaa???? ga berani mbayangin deh :P

    sukses ya kontesnya!

    | pas lagi kenanya dulu pegel banget, cenut cenut pokoknya :lol:

    Posted by niQue | Tuesday, 1 February 2011, 09:31
  45. pengalaman masa kecil ya…semoga sukses ikut kontesnya…

    | masa kecil yang tak terlupakan.. makasih mbak…

    Posted by ummurizka | Wednesday, 2 February 2011, 07:21
  46. Waduh Mas, kalo bisul ya dibawa ke dokter kulit. :)

    Almarhum kakekku bahkan nyuruh aku nyanyi “Bapa tukung, dudu watu dudu gunung, eee tambane opo… dst.” sambil dielus-elus bisulnya.

    Ehem… aneh ya caranya… uhuk.. *batuk*
    *nahan tawa* :D

    | haha itu belum cukup, harus dioles up*l juga lho… *tendang asop…* :lol:

    Posted by Asop | Friday, 4 February 2011, 11:06
  47. Jampi2 kakek lucu banget ha..ha..

    | hehe disembur bu.. :lol:

    Posted by monda | Wednesday, 9 February 2011, 22:42

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: masih tertatih « banyumas – ambon pp - Tuesday, 22 February 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: