::
you're reading
SERBANEKA

Tantangan Baca

Yang bener kemarin hari, atau hari kemarin atau cukup kemarin saja..? *Penting yaa..??? :lol: :roll: haha  absurd.Gini, kebetulan pas libur Imlek Kamis kemarin kan hujan, jadi gak bisa kemana-mana, akhirnya uplak-uplek di rumah sambil internetan dan baca-baca berita di media online. Pertama biasa ngecek berita di detik, lanjutin kompas, republika online, tempointeraktif, media indonesia, okezone, dan diakhiri blog walking.

Nah pas di media indonesia, tanpa sengaja ngeklik feature/kolom jendela buku dan terdapat artikel berjudul Tantangan Baca 2011. Isinya tentang kegiatan berupa tantangan untuk membaca buku sebanyak-banyaknya sekaligus memotivasi diri biar giat baca buku. Hmm kayaknya asyik juga tuh… apalagi buat penggila buku.

Dan yang bikin ini menarik adalah kenapa aku tak lakukan saja sendiri, tanpa harus mengikuti agenda-agenda yang ada itu. Kebetulan setelah tahun 2011 berlalu sebulan dan sekarang bulan Februari sudah ditanggal 4, masa sih belum satu buku pun aku baca tuntas.

Nah dalam kesempatan ini, demi suksesnya program tantangan baca untuk diriku sendiri maka aku mohon saran, masukan, himbauan, arahan, rekomandasi dan segala hal yang baik-baik tentunya mengenai buku apa yang mesti aku baca nih.. Sebagai catatan, buku apa saja yang penting bermanfaat; novel, pengembangan diri, biografi, perjalanan hidup, motivasi, agama dll…yang penting inspiratif dan membuatku tertantang untuk membacanya.

Setelah ada tantangan baca, maka perlu juga dibuat suatu resensi tentang buku yang dibaca. So, nantinya Insyaallah aku buat juga postingan tentang uraian singkat (seperti resensi, tapi bukan resensi, kalo resensi kesannya gimana gitu hehe) dari buku yang terbaca. Gimana, mungkin temen-temen juga ada yang mau..?

Oya, kebetulan kemarin pagi terima kiriman buku berjudul “First They Killed My Father” dari KickAndy. Lumayan buat langkah awal untuk Tantangan Baca-ku ini… Dan tadi siang setelah kopdar bareng Blogger Maluku, aku ke Gramedia lihat-lihat buku dan akhirnya beli beberapa buku. Mudah-mudahan ceritanya menarik dan inspiratif.

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

34 thoughts on “Tantangan Baca

  1. saran : baca buku yang menarik dan dirasa dekat dengan kehidupan kita, mas.
    entah settingan, entah tokoh, entah jalan cerita.
    jadi kalau aku yang nyaranin, belon tentu mas mamung termotivasi buat baca.
    udah baca 5 Cm – nya Dony Dhirgantoro? atau negri 5 menara nya A. Fuadi? nah itu buku – buku yang aku saranin, karena aku suka sama cerita – cerita kek gitu.

    kalau udah agak termotivasi, coba baca Taiko nya Eijhi Yoshikawa (hehehehhee. kolosal!)

    btw, serius asli banyumas yah mas mamung?
    isa basa ngapak janjane?
    :p

    | wah makasih mbak sarannya, nanti saya pertimbangkan untuk menbacanya..
    iya saya banyumas ngapak… :D

    Posted by ais ariani | Sunday, 6 February 2011, 01:54
  2. kebetulan baru kemarin abis baca-baca buku tentang perjalanan tokoh-tokoh yang dahulunya tak disangka akan menjadi seorang legenda atau penemu. Buku nya tidak tebal dan itu dirangkum dari berbagai sumber judul nya “Berani Bermimpi” cuma ide :)

    salam hangat

    | hmm kayaknya menarik tuh bukunya.. makasih ya..

    Posted by Hariez | Sunday, 6 February 2011, 03:09
  3. aku mau baca tapi gak ada bukunya. belikan dong…

    | hihihi.. duitnya mana..??

    Posted by hamida | Sunday, 6 February 2011, 07:43
  4. why not, klo bukanya menarik dan inspiratif setebal apapun bukunya bisa abis dalam sehari, tapi setipis apapun bukunya klo ceritanya aneh ya ga bisa abis hehehe
    tapi balik ke niat kita bang…trus diniatkan untuk apa klo cuman sekedar baca untuk memenuhi tantangan itu buat apa..pan buku adalah jendela dunia seperti halnya logo mu UPT adalah jendela L*** hehehe

    | ya diriku kalo gak dipaksa baca ya males baca, makanya harus ada tantangan buat sendiri, apakah sanggup atau tidak menerimanya.. baca buku kejar target.. :D

    Posted by Anugrha13 | Sunday, 6 February 2011, 07:09
  5. coba baca buku “Ceritalah Indonesia” karangan Karim Raslan. Karim adalah jurnalis Malaysia yang mengangkat banyak kisah bersejarah dan unik di Indonesia. harga bukunya juga murah kok di Gramedia, di bawah 50rb :)

    | sejak om brad posting buku itu, saya langsung cari di gramedia ambon,, ternyata tidak tersedia.. lalu coba cek di gramedia online juga stoknya terbatas alias tak tersedia juga.. mungkin nantinya pinjem aja sama om brad.. :lol:

    Posted by indobrad | Sunday, 6 February 2011, 09:25
  6. kegiatan yang bagus banget.
    kalo saya pribadi sih lebih suka baca novel, buku motivasi dan manga (yang ini nggak penting).

    coba lebih banyak baca buku-buku motivasi atau tips-tips menulis/ blogging. lumayan buat kemajuan blog. sebenernya sih blog ini dan kontennya udah oke, tapi siapa tau dari baca buku seperti itu kualitas blog jadi lebih nambah.

    happy reading.

    | saya jg suka buku motivasi, novel, tapi kalo manga kurang nyaman bacanya hehe..

    Posted by pink | Sunday, 6 February 2011, 09:27
  7. Tantangan baca ya?
    Di kantor saya juga ada anjuran membaca minimal 1 buku sebulan.
    Buku yg OK sih menurut saya pertama tentu saja buku motivasi, tapi setelah baca 1 buku, diselingi dengan buku novel ato komik utk penyegaran…. cocok? Hehehee…

    | wah perlu itu 1 bulan minimal 1 buku.. dan harus bervariasi…

    Posted by zee | Sunday, 6 February 2011, 12:37
  8. coba baca ini:
    1. WANITA penulis PAUL I WELLMAN (novel lama [1991], penerbit Gramedia) kisah seorang pelacur yang menjadi istri Raja Byzantium di abad 6M.
    2. JEJAK PORTUGIS DI MALUKU UTARA penulis Irza Arnyta Jafar. buku sejarah Maluku (khususnya MALUT) Yang menarik sekali.
    3. MANUSIA MENURUT ALGHAZALI penulis Muhammad Yasir Nasution. Buku bagus untuk mengenali diri kita sebagai manusia.
    4. Tapi sebelum membaca MANUSIA MENURUT ALGHAZALI ada baiknya baca buku2nya YASRAF AMIR PILLIANG seperti POSTREALITAS.

    | wah makasih sarannya, menarik sekali… *catet* :)

    Posted by krupukcair | Sunday, 6 February 2011, 14:09
  9. Assalaamu’alaikum Muhammad…

    Tahniah untuk tantangan baca yang mulai mengisi kehidupan di tahun 2011. semoga sukses membaca sekurang-kurangnya satu buku dalam seminggu dengan memperuntukkan satu jam setiap hari. lalu dalam satu bulan bisa menghabiskan 4 buah buku.

    saran saya senang aja untuk buku bacaan Muhammad. bacalah buku yang mudah difahami, memberi motivasi dan semangat untuk terus menongkas arus kehidupan. Saya biasanya sukakan bacaan santai seperti buku novel, motivasi diri dan agama.

    selamat membaca ya. Tidak sabar menunggu resensi buku dari Muhammad pada posting akan datang. maklumi ke saya ya.
    salam mesra selalu dari Sarikei, Sarawak. :D

    | wa’alaikumsalam ww…. makasih bunda atas sarannya, memang harus menyediakan waktu khusus untuk membaca…

    salam mesra juga dari amboina… :)

    Posted by SITI FATIMAH AHMAD | Sunday, 6 February 2011, 16:40
  10. Wah membaca buku sekarang sangat kurang, membaca lebih banyak lewt artikel-artikel di internet.. :)

    | wah mata bisa cepat pedes mas :D

    Posted by giewahyudi | Sunday, 6 February 2011, 19:18
  11. Postingan nya saya banget…. saya lagi coba mulai baca buku lagi…
    Kebetulan dikosan ada buku Bumi Cinta karya Habiburrahman :)

    Salam kenal yah… ^^

    | hehehe… ayo mas mari baca buku.. :)

    Posted by adityakuza | Sunday, 6 February 2011, 23:54
  12. udah baca perahu kertas belum? kalo belum, bagus tuh novelnya…

    | wah belum tuh om.. *catat*

    Posted by arman | Monday, 7 February 2011, 03:29
  13. waaa…tantangan baca..
    menarik bangettt..sayang sekarang rasanya saya hampir tidak ada waktu untuk membaca :(

    di rumah masih ada beberapa bacaan yang numpuk gak pernah dibaca..

    | wah harus ada waktu dong bang.. itu yang numpuk kirim aja ke ambon…

    Posted by Ipul Dg. Gassing | Monday, 7 February 2011, 10:48
  14. Aku juga perlu menekankan pada diri tuk membaca nih…
    rata2 bukuku baru kubaca separuh :(
    *parah*

    | hehe yang separuhnya dikemanain kak…? :lol:

    Posted by Kakaakin | Monday, 7 February 2011, 11:08
  15. Ayo, sukseskan Tantangan Baca ^_^/ *aku pun juga sedang berusaha, ayok berjuang!

    buku yang tak rekomendasikan untuk bulan februari ini :
    Ranah 3 Warna (A.Fuadi), Dalam Dekapan Ukhuwah (Salim A. Fillah)

    :mrgreen:

    | yoi… mari semangat baca.. jadi pengin beli karya2 A. Fuadi.. :D

    Posted by Nisa | Monday, 7 February 2011, 13:29
  16. membaca novel adalah hal paling menyenangkan
    sayang sekali, setumpuk novel bagus itu belum terbaca
    ayo semangat, Kang… salam sukses..

    sedj

    | ayo mas, segera lahap novel novel itu…

    Posted by sedjatee | Monday, 7 February 2011, 15:43
  17. tantangan baca, bagus sekali tuh mung,,
    saya, bacanya tentang anak2 :D

    | ayo mbak, pada mbaca…

    Posted by ysalma | Monday, 7 February 2011, 16:30
  18. keren tuh tantangan mbacanya
    kalo aku sih mbaca sesuai keinginan aja mung
    :D

    | saya ingin lebih banyak waktu untuk membaca mbak…

    Posted by gerhanacoklat | Monday, 7 February 2011, 16:45
  19. Ayo baca, banyak baca banyak tahu… :-)

    | bukan banyak baca banyak lupa bang..? :lol:

    Posted by Ichal | Monday, 7 February 2011, 18:05
  20. uwauw, semangat membacaa!! oiya, mas mamung dapet award niiih. Mohon dicek yaa di http://bigfatlunatic.wordpress.com/2011/02/07/my-very-first-award/ :)

    | wah ada award.. makasih ya karina, nanti saya ambil :D

    Posted by Karina | Monday, 7 February 2011, 22:50
  21. Wah, aku ndak bisa kasih saran nih mas, soalnya membaca kalau ndak sreg juga kurang nyawan lho. Salam dari Pekalongan

    | bener pak, yang penting nyaman dibaca.. salam balik dari ambon

    Posted by teguhsasmitosdp1 | Monday, 7 February 2011, 23:25
  22. saya masih punya banyak “PeeR” baca buku nih!
    Ranah 3 Warna, padang Bulan, Burlian, Pukat, dll.. pfiuhhh…

    | hmmm ayo selesaikan peer-nya bunda.. :D

    Posted by bundamahes | Tuesday, 8 February 2011, 10:26
  23. Assalaamu’alaikum wr wb Muhammad…

    hadir untuk memaklumi ada bingkisan khas AWARD dari Malaysia di sini,

    http://webctfatimah.wordpress.com/2011/02/08/ct41-yang-ketiga-darimu-untukku-untukmu/

    Silakan dengan hormatnya untuk menerima award tersebut. Semoga persahabatan ini akan sentiasa baik hendaknya.

    Salam mesra selalu dari Sarikei, Sarawak.

    | wah terima kasih bunda atas awardnya, nanti kapan2 saya ambil jua…

    Posted by SITI FATIMAH AHMAD | Tuesday, 8 February 2011, 12:18
  24. kalau saya mw mulai dari negeri van orange dulu :D

    | negeri van orange udah kelar dari dulu saya… :D

    Posted by chiekebvo | Tuesday, 8 February 2011, 13:17
  25. Salam persohiblogan
    Lama tak nongol di dunia penuh warna ini

    Jadi malu aku, banyak buku tapi gak banyak baca :D

    | hehe banyak buku gak banyak baca..? terus dijadiin bantal buat tidur ya kang…? :lol:

    Posted by achoey el haris | Wednesday, 9 February 2011, 11:55
  26. oom mamung komenku yang dulu kok gada yah???:(
    yasudah..ini oom ada bingkisan untukmu…cekidot yah…
    http://anugrha13.wordpress.com/2011/02/09/stylish-blogger-award-my-first-award/

    | bener har, komengmu masuk satpam… :D

    Posted by Anugrha13 | Wednesday, 9 February 2011, 18:13
  27. saya juga masih menyelesaikan baca buku nih Pak,..
    cuman karena bahasa inggris, jadi agak susah dan lama pahamnya :(

    | wuih.. saya yang pake basa inggris cukup jurnal2 saja lah.. mumet bacanya :lol:

    Posted by mahameru | Wednesday, 9 February 2011, 21:09
  28. saya ada saran nih mas.. baca buku negri lima menara, karangan A. FUADI.. bagus..
    terus death note versi novel.. :D

    | hmm.. tertarik juga sih saya… cuma nyelesaiin yang lain dulu wi..

    Posted by nymph34 | Thursday, 10 February 2011, 12:46
  29. pasti koleksi bukunya banyak…pinjem dunx….hehehehe :)

    | sini ke ambon ntar ta pinjemin :D

    Posted by diajeng | Friday, 11 February 2011, 01:02
  30. jika begitu aku tunggu ulasan buku yang sudah mamung beli :)

    bacaan yang ringan ajah dlu mamung,selingin ama yang komedi trus bacaan berat dech,balancekan he he,,,

    *gue sendiris ekarang belum baca buku satupun,tidurrr mulu pas nyampe rumah,buku2 masih rapi he he..

    | insyaalloh wiend.. makasih sarannya ya.. ayo baca dong bukunya… :)

    Posted by wi3nd | Friday, 11 February 2011, 18:24

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: CT41. YANG KETIGA – DARIMU UNTUKKU: UNTUKMU « LAMAN MENULIS GAYA SENDIRI G2 - Tuesday, 8 February 2011

  2. Pingback: Award Dariku Untuku Untukmu | vulkanisir.com - Tuesday, 8 February 2011

  3. Pingback: Stylish Blogger Award : My First Award « anugrha13 - Wednesday, 9 February 2011

  4. Pingback: [tb.1] snow country « muhamaze - Friday, 18 February 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: