::
you're reading
AYO BACA

[tb.1] snow country

Akhirnya selesai juga membaca buku Snow Country yang diterjemahkan jadi Daerah Salju, karangan Yasunari Kawabata. Meski rada njlimet awalnya, tapi harus dipaksa untuk memenuhi Tantangan Baca yang telah ku canangkan beberapa waktu yang lalu. Perkiraan awalku, ini hanya kiasan, dan sesuai judulnya ternyata ceritanya bener-bener mengambil setting di daerah bersalju di salah satu sudut pegunungan di Jepang.

Menceritakan seorang bernama Shimamura yang tiap musim salju selalu datang ke daerah tersebut untuk menemui seseorang gadis dengan pipi sewarna angsa yang baru dibului bernama Komako yang ternyata seorang geisha. Dan di antara keduanya tanpa disadari ada perasaan cinta. Dan yang tak dimengerti adalah bahwa Shimamura adalah pria yang sudah beristri, yang tinggal di Tokyo. Jadi bisa saja dikatakan ini perselingkuhan, namun pengarang tidak memunculkan masalah ini, ia lebih menekankan pada hubungan cinta yang absurd, yang tak bisa terjelaskan antara  Shimamura dan Komako di setiap musim salju. Tentang kehidupan Komako sendiri juga tak jelas. Shimamura sudah datang tiga kali dalam waktu kurang dari dua tahun, dan setiap kali datang ia mendapati kehidupan Komako berubah.

Dan yang bisa saya tangkap adalah adanya kehampaan dalam hidup masing-masing tokoh yang ada. Shimamura, Komako serta ada wanita lagi yang serumah dengan Komako bernama Yoko. Semuanya menyiratkan kehampaan. Namun dari kehampaan yang dialami, mereka saling menemukan keindahan. Misalnya saja Shimamura yang sadar akan kehampaan hidupnya sendiri, ia pun bisa melihat kehidupan Komako sebagai sesuatu yang indah meski sia-sia, sekalipun ia sendiri yang telah menjadi sasaran cinta perempuan itu. Kehadiran Komako, kesungguhannya dalam menjalani hidup meski sebenarnya hampa, telah menyentuh perasaannya, seperti ia menyentuh kulit telanjang. Ia iba kepada Komako, ia iba kepada dirinya sendiri. Dan pada keadaan yang demikian, Yoko seolah hadir memancarkan cahaya yang menusuk, dan bagaimanapun ia tertarik juga kepada gadis itu. Dasar lelaki…. :D

Sebagian besar cerita yang ada menghadirkan romantika cinta yang tak bisa dijelaskan, samar namun sama-sama mengakui dalam hati masing-masing. Jujur saja, saya tidak begitu mengenai sasaran tentang maksud sebenarnya dari pengarang, saya hanya menikmati setiap untaian kata-kata yang begitu detail dalam menggambarkan suatu objek maupun keadaan. Detailnya seperti Andrea Hirata dalam novel-novelnya itu lho..

Akhir dari cerita juga menurutku tidak seperti biasanya. Bagaimana cerita hidup Komako akhirnya, pun demikian dengan Shimamura. Yah mungkin juga novel ini masih ada sambungannya. Karena awalnya saya memang tertarik dengan cover novelnya saja, dan yang jadi penasaran adalah pengarang novel itu sendiri si Yasunari Kawabata yang menurut keterangannya adalah pemenang Nobel Sastra. Daerah Salju (Snow Country, Yukiguni, 1935 – 1937, 1947) adalah salah satu novelnya yang paling terkenal. Karyanya yang lain adalah Seribu Burung Bangau (Senbazuru, 1949), Suara Gunung (Yama no Oto, 1949) Kecantikan dan Kesedihan (Utsukushisa to Kanashimi, 1964), Ibukota Lama (Koto, 1962), Gadis Penari dari Izu (Izu no Odoriko, 1926) dan lainnya

Dan akhirnya maafkan saya teman, ternyata saya memang tidak berbakat untuk menilai suatu karya sastra :lol:

*Tantangan Baca 1

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

34 thoughts on “[tb.1] snow country

  1. hmmm…sepertinya complicated ya???
    *pinjembolehtak???

    | gak juga kok.. ayuh barter dengan bukumu..

    Posted by Anugrha13 | Friday, 18 February 2011, 14:35
  2. pinjem pinjem..

    | barter barter…

    Posted by eby | Friday, 18 February 2011, 14:39
  3. hei, tidak perlu pusing menilai karya sastra. mengapresiasinya saja sudah patut diacungi jempol.

    Yasunari Kawabata memang penulis Jepang yang legendaris. Hanya saya belum membaca buku yang satu ini. *kabur ke Gramedia*

    Nice review bro. Thanks :D

    | iya bener om, nikmati saja yaa… :D

    Posted by indobrad | Friday, 18 February 2011, 15:15
  4. kirim ke palembang mung, dhe bantu menilai.. hehe :D

    | wah jauuuh dhe.., kamu yang kesini aja :lol:

    Posted by dhe | Friday, 18 February 2011, 20:42
  5. (Maaf) izin mengamankan KELIMAX dulu. Boleh, kan?!
    Pinjam bukunya boleh, gak. Hehehehehe… Soale saya belum sekalipun membaca buku yang ini

    | ta ijinin kang :D
    sini ke ambon kang, ntar ta pinjemin..

    Posted by alamendah | Friday, 18 February 2011, 22:10
  6. tentang kehampaan?
    kek nya menarik deh.

    penggambaran nya lumayan kok mas, setidaknya aku dapet sedikit gambaran mengenai buku ini.

    ayoohh yang laen ditunggu yah mas
    :)

    | saya juga kurang bisa memahami isi novel itu mbak, cuma sedikit saja.. :D

    Posted by ais ariani | Friday, 18 February 2011, 23:33
  7. Wow… penulisnya mendapat nobel sastra? Keren dong…
    Selamat telah menuntaskan tantangan pertama, sementara aku belum memulai satu bukupun :(

    | iya kak, wah ayooo semangat baca buku… :D

    Posted by Kakaakin | Saturday, 19 February 2011, 09:46
  8. kayak apa ya bukunya hehehehehehehehe….

    salam persahabatan dr MENONE

    | itu di atas ada fotonya mas.. salam balik ya..

    Posted by MENONE | Saturday, 19 February 2011, 13:52
  9. wah wah, sepertinya seru bukunya..

    btw salam kenal mas,, kunjungan pertama aku neh :mrgreen:

    | lumayan bagus lah… salam kenal juga, makasih dah berkunjung.. :)

    Posted by niee | Saturday, 19 February 2011, 19:40
  10. oh ini novel translate an ya…

    hmmm…. agak kurang seneng baca novel translate, suak karya Mira W. hehehehhehehehehe

    | iya terjemahan… wah mira w saya belum satupun membaca karyanya mas.. :D

    Posted by ndop | Sunday, 20 February 2011, 00:01
  11. punya novel Mira W gak? pinjem dong… hahahaha

    | saya gak punya mas ndooop… :lol:

    Posted by ndop | Sunday, 20 February 2011, 00:01
  12. jadi pengen ikutan baca nih… :)

    | ayo baca-baca… :)

    Posted by serlion | Sunday, 20 February 2011, 00:18
  13. suka ama untaian katanya ya? berarti sedikit banyak pengaruh pemilihan kata dari penerjemah dan editornya ada di novel ini…. :)

    | bisa juga, penerjemahnya pinter merangkai kata-katanya…

    Posted by sakti | Sunday, 20 February 2011, 05:43
  14. huaaa..kayaknya ceritanya asyik nihhh..
    story of my life..
    #eh
    hahahahaha

    cari ahh

    | what..? emang di makasar ada salju ya bang..? hihi

    Posted by Ipul dg.Gassing | Sunday, 20 February 2011, 10:19
  15. sudah lama ngga mbaca aku mas

    | ooh gitu ya, terus ngapain ae mbah..?

    Posted by Mbah Jiwo | Sunday, 20 February 2011, 11:24
  16. tentang kehampaan?
    kayanya klo dibikin film
    dijamin saya lgsung ngantuk hehehe…

    | kayaknya belum difilmkan lho.. :lol:

    Posted by Lockjaw Theory | Sunday, 20 February 2011, 18:37
  17. Ada Tantangan Baca ya? Ntar kucari linkmu ini. Saat ini juga aku lagi baca 2 buku. Nggak kelar2 he..he.. Buku karya pemenang penghargaan selalu kucari juga. Aku udah tulis beberapa, bukan resensi sih. Karya Kawabata baru 1 yg kubaca, yg bangau itu.

    | tantangan baca buat diri sendiri bunda.. hehe.. wah pernah baca juga, pinjem bun..

    Posted by monda | Sunday, 20 February 2011, 19:38
  18. 1. Bakate sampean ki nglaut mas, dadi pas ora bakat mbiji, sama podho karo jue.
    2. OOT, tulung mas, blogku sing wandisukoharjo.wp.com kui diganti sing iki, mergo wis dikubur karo Mr. Matt, nek ora percoyo bukaken dw. Suwun.

    | haha kang wandhi bisa ae.. ya ki njajal kang..
    ya wis mengko ta ganti link-nya sampeyan..

    Posted by Wandi Sukoharjo | Sunday, 20 February 2011, 19:49
  19. Kalau bicara buku saya gak banyak tau apalagi buku2 yang populer, gak kebeli hehe…Makrud judul blog ini “Banyumas Ambon” apa Banyumas sama Ambon? Saya juga wong mBanyumas tapi asline sunda.

    | tapi sering baca kan mas..? hehe maksude saya asli banymas tapi ini lagi di ambon…

    Posted by N@n@ng | Monday, 21 February 2011, 09:08
  20. okey, sengaja saya tidak baca sampai habis ulasannya karena saya ingin membeli dan mengulas buku ini sendiri.
    terima kasih

    | mantrap om… :)

    Posted by komuter | Monday, 21 February 2011, 11:00
  21. saya terakhir baca novel, seri tetralogi laskar pelangi maryamah karpoh,, padang bulan juga belum sempat baca,, gimana kalo novel ini selanjutnya yang ku baca Mung,, biar tak bantu memberikan penilaian dari versinya aku,, dikirim novelnya ya Mung :D

    | wah kalo karyanya andrea hirata sudah saya habiskan sejak lama mbak.. weh dikirim..??? :D

    Posted by ysalma | Monday, 21 February 2011, 11:50
  22. Desya pengen baca… pinjem… ^^

    yang Izu no Odoriko kayakna dah baca dech :)

    | tuker aja yuk.. saya belum baca yang itu..

    Posted by radesya | Monday, 21 February 2011, 17:09
  23. jadi penasaran pengen tahu, gimana isinya. :)

    | lumayan bingung mas… :D

    Posted by hudaesce | Monday, 21 February 2011, 21:53
  24. Sastra memang agak-agak susah ditangkap ceritanya, karena tidak menjelaskan suatu cerita secara eksplisit seperti halnya novel2 thriller, or novel chicklit. Tapi tetap menarik pasti untuk dibaca, apalagi kalau memang penulisnya terkenal. Jadi pengen cari…

    | iya mbak, ketika kita bingung membacanya, kita malah jadi penasaran..

    Posted by zee | Tuesday, 22 February 2011, 08:24
  25. Assalaamu’alaikum Muhammad…

    Satu tantangan baca yang baik untuk permulaannya. Salut dan saya bagi 2 jempul untuk ulasan buku walau mungkin boleh ditambah nilai dari pro dan kontra menurut pendapat muhammad sendiri.

    benar, menilai buku sastera apatah lagi tulisan sang pemenang nobel bukan hal yang mudah tetapi percayalah bahawa Yasunari Kawabata sangat berbangga mengetahui kalau bukunya di buat review oleh Muhammad, pembaca luar dari negaranya. :D

    Selamat berkarya dan terus banyakkan membaca. biar fasih menulis dengan bahasa yang bagus. saya suka membaca tulisan Muhammad di atas.

    Salam mesra dari sarikei, Sarawak.

    | oya bener banget, perlu diungkap pro dan kontranya.. makasih bunda, saya akan berusaha untuk rajin baca hehe…

    salam dari amboina

    Posted by SITI FATIMAH AHMAD | Tuesday, 22 February 2011, 12:33
  26. Covernya keren. Tapi saya kurang suka karya penulis luar. Sekarang juga lagi baca karya penulis China, tapi koq aneh ya. Lebih cinta Indonesia nieh :)

    | yang penting jangan berhenti membaca.. :D

    Posted by Sya | Tuesday, 22 February 2011, 15:21
  27. agak trauma dengan buku luar :(

    | emang kenapa bunda..?

    Posted by bundamahes | Tuesday, 22 February 2011, 15:29
  28. eleh cinta yang absurd.. ujung2nya perselingkuhan tapi dimaknakan lain :D

    | hehe mbundet kang..

    Posted by kang ian dot com | Wednesday, 23 February 2011, 06:49
  29. Maaf spam komen nya nih. saya izin pasang link mamung di blog saya ya, makasih banyak :)

    | spam yang banyak ya… oke nanti saya link back

    Posted by maminx | Wednesday, 23 February 2011, 09:00
  30. bagus kok mas,, saya bisa mengerti sedikit gambaran yang ada dalam buku ini..
    btw,, mas mau pesen kaos blogger indonesia ndak? sekalian bisa untuk promosi offline.. hehe :D.. cek blogku ya.. postingnya disini

    | lumayan mas.. oke lansung ke tekape.. :)

    Posted by dery | Wednesday, 23 February 2011, 21:57
  31. ditunggu tulisan terbarunya mas:)

    | iya nih lagi rada males lagi :D

    Posted by Erlin Fitriyanti | Friday, 4 March 2011, 09:44
  32. selse juga yah baca yang pertama…

    pasti akan mudah untuk membaca yang selanjutnya..

    perselingkuhan yah?

    ah dasar lelaki :D

    | yup, mari giat membaca.. ah wanita juga ada yg selingkuh kok.. :))

    Posted by wi3nd | Friday, 11 March 2011, 09:59
  33. berarti masih ada taan baca 2 ?

    Posted by ●●●ЄЯШЇЙ●●● | Wednesday, 23 March 2011, 20:42
  34. waduh…tulisanku kok muncul cuma separo gitu…
    tantangan baca 2

    | hehe.. tantangan baca 1,2,3 dan seterusnya ae..

    Posted by ●●●ЄЯШЇЙ●●● | Wednesday, 23 March 2011, 20:42

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: