::
you're reading
AMBOINA, ARUMBAI

Pray for Arumbai

Hiruk-pikuk dan lalu-lalang orang-orang yang berseliweran di Ambon Plaza Lt. 2 siang itu menambah riuh suasana. Di sebuah kafe, duduk tiga pemuda setengah baya yang agak culun. Mereka bertemu di siang itu karena sehari sebelumnya telah janjian. Tak berapa lama datang tiga orang lagi dengan size yang lumayan gede-gede yang ternyata satu keluarga. Beberapa menit setelah itu datang seorang lelaki yang umurnya kira-kira 3 – 5 tahun lebih tua dari saya berjaket coklat muda. Ngobrol ngalor ngidul dengan bahan omongan tak lepas dari kondisi Maluku dan perkembangan dunia onlinenya. Lagi asyik ngobrol, datang lagi perempuan berkerudung putih memakai jaket krem ditemani seorang kawannya. Semua berkenalan satu sama lain dan mulailah muncul keakraban.

Yaa akhirnya diriku, Almas, Dharma, Om Embong, Bang Ikhsan, Ca Eby dan Tiara berkumpul di kafe tersebut dalam suasana bising Amplaz. Kita memiliki tujuan tak lain adalah untuk menghimpun wadah bagi para blogger yang ada di Maluku. Berhubung selama ini belum ada komunitas blogger Maluku, meskipun bannernya telah ada sejak lama karena ada salah satu blogger yang memasang di sidebar blognya. Hari itu Sabtu, 4 April 2009 di Kafe Seroja, akhirnya Blogger Maluku bukan hanya sekedar banner, namun telah benar-benar lahir Komunitas Blogger Maluku.

Dalam perjalanannya Blogger Maluku berganti-ganti nama mulai dari Maluku Blogger Community, Paparisa, kembali ke Maluku Blogger Community dan akhirnya sekarang bernama Arumbai. Arumbai adalah istilah lokal Maluku untuk menyebut sejenis perahu yang biasanya digunakan untuk perayaan-perayaan adat dan bisa pula sebagai alat transportasi. Bila diibaratkan perkembangan dunia informasi beserta segala aspeknya adalah sebuah lautan penuh ombak dan gelombang, maka Arumbai harus bisa tetap perkasa, berlayar menempuh segala halangan yang ada demi menggapai apa yang menjadi tujuannya.

arumbai.org

Kini 2 tahun sudah Komunitas Blogger Maluku Arumbai hadir meramaikan jagad blogsphere. Belum banyak yang dilakukan untuk ikut dalam upaya mendukung perkembangan Maluku. Meskipun demikian, pelan-pelan namun pasti, beberapa kegiatan telah dilakukan seperti pelatihan blog, berperan serta dalam Workshop ASEAN, kegiatan sosialisasi mengenai dunia online dan kegiatan lainnya dengan tujuan untuk memajukan dan mengenalkan local content of Mollucas di era informasi ini. Ke depan, semoga saja semakin banyak nilai positif yang dihasilkan oleh komunitas blogger Arumbai.

Semangat itu masih ada. Itulah yang aku rasakan ketika ada ide kawan-kawan blogger Maluku untuk menuliskan postingan dengan tema “Aku & Arumbai” menyambut Milad Arumbai Ke-2. Yah semangat itu selalu terjaga, selayaknya ombak di samudra yang terus bergerak, maka Arumbai harusnya dapat terus meliuk-liuk di alunnya, mencari sisi-sisi positif, menggenggamnya erat-erat untuk selanjutnya disebarluaskan menjadi mozaik-mozaik yang mendukung kemajuan Maluku serta melengkapi dunia perbloggeran Indonesia yang penuh serbaneka tentunya.

Tak dapat dipungkiri bila dalam perjalanannya, Arumbai banyak menghadapi kendala. Baik dari dalam komunitas itu sendiri maupun faktor dari luar. Perbedaan pendapat, kondisi internal yang kurang bergairah atau rasa memiliki yang kadang terkikis sehingga menghadirkan suatu kemasabodohan seringkali menghinggapi perjalanan Arumbai kami. Jujur saja, selama ini arah gerak Arumbai terkesan tidak terencana dengan baik, bahkan boleh dibilang asal-asalan. Dulunya struktur pembagian tugas (baca: organisasi) dirasa tak perlu dalam sebuah komunitas Arumbai, namun bercermin dari perahu Arumbai yang sesungguhnya, maka diperlukan suatu pembagian yang sinergis agar perahu dapat berlayar dengan stabil dan aman. Seiring dengan tuntutan kegiatan dan kepantasan sebuah komunitas, akhirnya siapa-siapa yang berperan sebagai tanase, juru mudi, masnait bahkan tukang buang air dan istilah lain yang memiliki tugas berbeda-beda dalam sebuah Arumbai bisa ditentukan. Meski dalam kenyataannya tidak demikian, tidak ada batasaan dalam upaya memajukan Arumbai. Istilahnya struktur organisasi tersebut hanya sebagai syarat di atas kertas saja, karena Arumbai adalah kita semua, blogger Maluku. Semua bertanggung jawab terhadap eksistensi Arumbai. Seperti ungkapan mas pepeng dalam sebuah acara di tv swasta bahwa: saya, anda, kita semua sama saja :lol:

Mulai dari awal komunitas ini berdiri, ada sesuatu yang dekat antara Aku dan Arumbai. Kedekatan yang tak bisa dipisahkan dan aku yakin itu. Kedekatan yang tercatat jelas: “4 April”. Yah tanggal 4 April yang telah menjadi hari bersejarah bagiku selama bertahun-tahun, kini juga menjadi hari bersejarah bagi Arumbai dalam 2 tahun usia berlayarnya di jagad perbloggeran. Otomatis ketika aku bermuhasabah merenungi tiap jengkal alur nafasku, ketika aku mendoakan segala kebaikan untuk diriku, atau ketika aku merayakan hari istimewa itu, maka di saat yang sama aku melakukannya untuk Arumbai. Entah ini kebetulan atau tidak, yang jelas Aku dan Arumbai terlahir di tanggal yang sama, hanya beda usia :D

Selamat ulang tahun Arumbai ke-2 , selalu apdet, kreatif dan semangat menebar kebaikan serta memberi warna di dunia perbloggeran Maluku dan Indonesia.

| mari katong manggayu manise |

  • Postingan ini dalam rangka Ulang Tahun Arumbai yang ke-2, hari ini 4 April 2011.
  • Puncak acara Ultah ke-2 Arumbai berupa Tabaos Arumbai yaitu Nonton Bareng Film Linimas(s)a dan Seminar Internet Sehat: Ambon, 8 – 9 April 2011.

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

54 thoughts on “Pray for Arumbai

  1. Waaa..selamat yaa..
    selamat untuk dirimu dan selamat untuk Arumbai..
    semoga semuanya makin sukses ke depannya..

    salam dari Blogger Makassar

    **eh ya, aku juga posting yang sama di blog ku..:)

    | makasih om daeng.. kapan ke ambon? hihi

    Posted by Ipul dg. Gassing | Monday, 4 April 2011, 11:48
  2. jadi ceritanya nih kopdar Mung???

    | kopdar besar bun..

    Posted by bundamahes | Monday, 4 April 2011, 11:55
  3. selamat ulang tahun Arumbai :D

    | selamat…

    Posted by indobrad | Monday, 4 April 2011, 12:13
  4. eh saya udah buat loh :)
    selamat ulang tahun arumbai ;) sukses buat blogger maluku…

    | sippp, sukses utk semuanya…

    Posted by Anugrha13 | Monday, 4 April 2011, 13:49
  5. selamat ulang tahun!! semoga makin bersinar ke depannya… :D

    semoga suatu hari saya bisa mampir ke Ambon-Maluku. ^^

    | makasih mas.. ditunggu kedatangannya di ambon manise

    Posted by Chocky Sihombing | Monday, 4 April 2011, 14:05
  6. selamat untuk ultah dan eksisnya Arumbai,,
    juga selamat ulang tahun untuk yang mengaku paruh baya Mung (masih belia toh) :lol:

    | makasih mbak.. hehe paruh baya beneran kok :)

    Posted by ysalma | Monday, 4 April 2011, 14:27
  7. Selamat ulang tahun untuk Arumbai ya.
    Memang komunitas harus dikelola dengan plan yg baik, jadi terarah.. sukses ya!

    | makasih tante..

    Posted by zee | Monday, 4 April 2011, 15:08
  8. wah, orang pekuncennya ternyata dh klayaban ke Maluku yah.. hehehe…
    smoga Arumbai selalu eksis dan tentunya diberkahi Tuhan YME… aamiin…

    | hahaha iya kiye kang.. maturnuwun kang :)

    Posted by Mabruri Sirampog | Monday, 4 April 2011, 15:52
  9. Selamat untuk yang punya blog, selamat juga buat Arumbai, dan yang terakhir selamat buat semuanya.

    Kopdar Akbar ya, pas Pesta Blogger 2011 :D

    | makasih mas.. semoga bisa ikutan pesta blogger 2011..

    Posted by Aziz Hadi | Monday, 4 April 2011, 16:16
  10. sukses selalu untuk arumbai dan awaknya

    | sipp makasih mbak..

    Posted by lia sikupu | Monday, 4 April 2011, 17:23
  11. selamat ultah mamung dan arumbai.. tetap semangat dan makn jaya..

    | makasih mbak.. selalu jaya di blogeshpere :)

    Posted by fitr4y | Monday, 4 April 2011, 18:41
  12. selamat ulang tahun untuk Arumbai…sukses terus ya :)

    | makasih wien.. :D

    Posted by wien | Monday, 4 April 2011, 20:21
  13. wuih,,, nih pada asyik nulis ttg arumbai, nah saya sama tanase, ketiban tugas berat terus.. *halah*
    tapi saya masih sempet2nya nulis juga..
    *lirik postingan member yg lain*

    | berat kalo ikhlas semoga berpahala..

    Posted by Rifky Santiago | Monday, 4 April 2011, 20:29
  14. MMet Ultah yang kedua…. salam semnagat untuk kita semua

    | siip mari lanjutkan semangat kita..

    Posted by ello aristhosiyoga | Monday, 4 April 2011, 20:30
  15. semoga sukses buat blogger maluku..
    ayo ke maluku :)

    | makasih mas arul.. ayo ditunggu di maluku

    Posted by aRuL | Monday, 4 April 2011, 20:55
  16. met ultah bos, mari berlayar…

    | mari berlayar sampe jauh

    Posted by dharma | Monday, 4 April 2011, 21:07
  17. selamat ulang tahun Arumbai, ibarat kata anak umur dua tahun itu lagi lucu-lucu dan menggemaskan dan siap mengguncang dunia
    hehhehehee..
    semoga sukses untuk tanggal 8 dan 9 nya yah mas
    :)

    | makasih mbak.. semoga tetep eksis.. alhamdulilah tanggal 8-9 sukses..

    Posted by ais ariani | Monday, 4 April 2011, 21:28
  18. Selamat ya, Sahabat-sahabat Arumbai..
    Semoga eksis selalu.. Hehehee

    | makasih mas gie.. :)

    Posted by giewahyudi | Monday, 4 April 2011, 22:14
  19. hari ini tanggal 4 April mung, tepat kamu ulang tahun.. happy b’day mamung, sukses untuk semua eksperimen di lab kamu yaa.. hehe.. :P

    untuk arumbai, hmmm, kapan2 undang dhe dong ke pesta ultahnya arumbai.. xixixixixi..

    | makasih dhe atas doanya.. kalo ke ambon kabar2 yaa.. :D

    Posted by dhe | Monday, 4 April 2011, 23:22
  20. selamat ultah arumbai!!
    walaupun ada kendala, tapi moga2 jalan terus yaaa…

    | siip, makasih om..

    Posted by arman | Tuesday, 5 April 2011, 01:39
  21. Met ULTAh yang kedua buat Komunitas Blogger Maluku
    Moga makin jaya dan maju
    berkontribusi positif utk Maluku dan Indoesia

    | nuhun kang.. semoga bisa..

    Posted by achoey el haris | Tuesday, 5 April 2011, 11:00
  22. Selamat buat arumbai..sukses selalu.. salam dari surabaya :D

    | makasih mas bair.. :)

    Posted by sibair | Tuesday, 5 April 2011, 14:17
  23. selamat selamat selamat
    semoga komunitas blogger maluku arumbai
    selalu menjadi inspirasi bagi seluruh blogger :D
    sukses yaaa

    | siip makasih mbak julie..

    Posted by gerhanacoklat | Tuesday, 5 April 2011, 14:27
  24. Selamat hari jadi buat Arumbai…
    semoga terus berlayar memajukan ambon dari dunia maya yak…

    wah,, klo ada komunitas ginian aku selalu iri deh,, di Pontianak susah bener cari teman2 sesama blogger yang aktif >.<

    | makasih niee… ayo cari lagi yang lain.. bisa juga gabung dengan yang sudah ada, bloggerborneo misalnya..

    Posted by niee | Tuesday, 5 April 2011, 19:30
  25. Wuih..kayanya daritadi semua member Arumbai pada posting nih tentang ultah komunitas Bloggernya :D
    Selamat yah untuk ultahnya.
    Semoga komunitasnya semakin besar aja :)

    | iya mas, makasih ya..

    Posted by Zippy | Tuesday, 5 April 2011, 20:10
  26. selamat ulang tahun arumbai !

    | terima kasih..

    Posted by volverhank | Tuesday, 5 April 2011, 20:12
  27. mantapppp ” met ultah bloger arumbai”semoga makin jaya .. dan eksis trus menancapkan taringnya didunia perblogan.. heheh ”

    | makasih mas..

    Posted by kamal | Tuesday, 5 April 2011, 21:33
  28. Turut mendoakan, moga selalu apdet, kreatif dan makin semangat menebar kebaikan serta lebih memberi warna di dunia blog Maluku dan Indonesia. :)

    | amiiin.. makasih sop.. :)

    Posted by Asop | Wednesday, 6 April 2011, 09:13
  29. Selamat Hari Jadi buat Arumbai,, moga makin eksis dan menebar manfaat,, keren abis dah semangat komunitasnya, moga terus berkibar.. sukses.. :)

    | makasih mbak..

    Posted by advertiyha | Wednesday, 6 April 2011, 11:06
  30. Selamat buat Arumbai, sudah eksis dan memberi inspirasi buat seluruh blogger di indonesia ini… makin jaya ya! :D

    | siiip..mari bersama..

    Posted by 3snainc | Wednesday, 6 April 2011, 14:24
  31. karena sehari sebelumnya telah janjian. Tak berapa lama datang tiga orang lagi dengan size yang lumayan gede-gede yang ternyata satu keluarga. Beberapa menit setelah itu datang seorang lelaki yang umurnya kira-kira 3

    Posted by Submit My Url Cheap | Wednesday, 6 April 2011, 15:45
  32. selamat ulang tahun yang kedua buat Komunitas Blogger Maluku Arumbai, mas. semoga makin eksis berkibar, baik di dunia maya maupun nyata.

    | makasih pak..

    Posted by sawali tuhusetya | Wednesday, 6 April 2011, 23:46
  33. filosofi namanya keren banget :)
    Semoga Arumbai tetap jaya dan masih akan perkasa hingga milad ke 3, 4, 5 dst :)

    | saya juga baru tahu mbak.. makasi yaa..

    Posted by Kakaakin | Thursday, 7 April 2011, 01:13
  34. selamat buat arumbai
    semoga menjadi perekat persahabatan
    sehat selalu ya Mung..

    sedj

    | makasih om.. amiiiin semoga tetep terjalin dengan indah..

    Posted by sedjatee | Friday, 8 April 2011, 08:45
  35. wah kerennnn bisa bikin komunitas yang mengegrakkan banyak orang.. two thumbs up.. semoga awet ya Arumbai-nya dan bisa bermanfaat untuk lebih banyak orang :D

    | makasih ya..

    Posted by rifqiamalia | Friday, 8 April 2011, 19:45
  36. selamat ulang tahun buat Arumbai

    | tengkyu mas..

    Posted by endra | Sunday, 10 April 2011, 12:38
  37. Kalau begitu sama-sama merayakan HUT nya di kafe :lol:
    Selamat untuk arumbai, semoga bisa tetap eksis dan meramaikan blogosphare di jagat maya indonesia ;) .

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    | sipp makasih pak, salam dari ambon manise

    Posted by Sugeng | Monday, 11 April 2011, 05:58
  38. Selamat ulang tahun untuk Arumbai. Semoga makin sukses ke depannya.

    | makasih tante, amiiiiin

    Posted by zee | Monday, 11 April 2011, 10:53
  39. makan makan!!!!

    | telat.. !

    Posted by ndop | Monday, 11 April 2011, 17:27
  40. Sobat Sedjatee
    Terimakasih telah memberi dukungan pada tulisan kami
    Dukungan Sahabat telah memberi semangat pada kami
    Untuk memenangkan kontes menulis berantai Kecubung 3 Warna
    I’m nothing without you, salam sukses….

    sedj

    | wah menang ya om, selamat ya.. mari lanjutkan untuk tetep berkarya

    Posted by sedjatee | Wednesday, 13 April 2011, 12:02
  41. salam kenal

    | sama sama

    Posted by Kurnia Septa | Friday, 15 April 2011, 20:58
  42. aku adalah arumbai. hehehehe. kemana acara kemaren?

    | kemarin pas ada job di Sanana, Sula. jadi gak bisa gabung.. iks

    Posted by ello aristhosiyoga | Friday, 15 April 2011, 21:10
  43. Selamat kopdar.. :) semoga menimbulkan ide ide yang membuat lebih baik lagi :)

    | siiip..

    Posted by Keping Hidup | Sunday, 17 April 2011, 19:39
  44. sukess yah untuk arumbai dana selamat milad tentunya :)

    | makasih wi3nd.. :)

    Posted by wi3nd | Wednesday, 20 April 2011, 14:29
  45. selamat ulang tahun …………

    | tengkyu om..

    Posted by komuter | Thursday, 21 April 2011, 10:11
  46. sukses selalu buat Arumbai..sukses untuk kita semua :)

    | amiiin…

    Posted by ●●●ЄЯШЇЙ●●● | Thursday, 21 April 2011, 11:07
  47. Met Ultah tuk Arumbai…,
    semoga kedpannya makin sukses ,

    | makasih mas, amiiiiiiin

    Posted by hudaesce | Friday, 22 April 2011, 11:47
  48. Sukses Buat Arumbai……….. :D

    | makasih..

    Posted by frendli | Sunday, 24 April 2011, 16:06
  49. met ultah…..
    semoga menjadi komunitas yang besar……

    | siip… amiin

    Posted by tyan's | Sunday, 24 April 2011, 17:17
  50. bagus bila blogger punya wadah komunitasnya sendiri, biar bisa mewadahi blogger2

    | mantap mas..

    Posted by r10 | Tuesday, 26 April 2011, 18:52
  51. Kayaknya aku pernah nulis disini.. koq komenku gak ada??? :((

    Anw happy belated bday ya bung!
    Sakses slaluh ^_^

    Buat arumbai jugak ;)

    | ah masa sih.. hehe.. tengkyu yaaaaaaa

    Posted by Ceritaeka | Wednesday, 27 April 2011, 12:14
  52. update! haha

    | malesss :D

    Posted by ndop | Thursday, 28 April 2011, 01:32
  53. komunitas emang perlu terus dihidupkan. komunitas dengan kesamaan idealita untuk menghadappi realita, butuh kekuatan bersama. saluuut

    | bener banget pak guru…

    Posted by guru rusydi | Thursday, 28 April 2011, 16:19
  54. komen saya juga gak ada. dimoderasi ya?

    | weh.,. gak kok.. ntar ta cek

    Posted by guru rusydi | Thursday, 28 April 2011, 16:32

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: