::
you're reading
AMBOINA

memeluk ambon yang kian basah

Gemericik air di atap rumah makin sering terdengar akhir-akhir ini. Setelah beberapa waktu lalu sengaja hiatus tanpa aktivitas blogging hanya demi menikmati nuansa kampung halaman, akhirnya minggu kemarin aku harus kembali ke bumi manise yang ternyata makin basah. Yah sudah hampir seminggu ini Ambon terus diguyur hujan. Bila hujan gini, tak bisaku membayangkan kondisi yang terjadi di lautan lepas sana, pastinya ombak tinggi-tinggi ngerii..

dedaunan basah

Sebenarnya cuaca yang basah ini memang sudah terasa ketika pesawat landing pas balik minggu kemarin. Langit yang biasanya biru cerah, kini selalu tertutup awan. Dulu katanya kalo Jawa lagi musim hujan, maka Ambon sebaliknya akan panas. Namun kini cuaca tak bisa diprediksi, hujan bisa terjadi kapan saja. Bahkan ketika pagi-pagi langit begitu cerah bisa saja tiba-tiba mendung dan turun hujan. Bila sudah begini, maka kita harus selalu siap. Istilahnya sedia payung sebelum hujan.

Namun apakah hanya sedia payung sebelum hujan..? Ternyata tidak, karena banyak hal yang dapat dilakukan saat hujan turun. Hal yang utama adalah bersyukur karena pada dasarnya hujan adalah rahmat. Selain itu sudah seharusnya kita berlindung dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika hujan, seraya senantiasa berdoa kepada Allah SWT semoga hujan yang diturunkan membawa manfaat bagi kita.

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا
Allahumma shoyyiban naafi’an…

“Ya Allah, jadikanlah hujan ini hujan yang membawa manfaat.” (H.R. Al-Bukhari)

ketika takut akan kemudharatan hujan, maka berdoa:

اللَّهُمَّ حَوْلَنَا وَلَا عَلَيْنَا اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ
Allahumma haulanaa walaa ‘alaynaa, Allahumma ‘alal akaami wazharaabi wabuthuunil awdiyati wamanaa bitisy syajari…

Wahai Tuhanku! Turunkanlah hujan di sekitar kami dan janganlah musnahkan kami. Ya Allah! Engkau turunkanlah ia di atas gunung-gunung dan bukit-bukit, di lembah-lembah dan tempat tumbuhnya pokok-pokok.” (H.R. Bukhari-Muslim)

dan bila mendengar petir, guntur atau halilintar maka berdoa:

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ
Subhanalladzii yusabbihur ra’du bihamidihi wal malaaikatu min khiifatihi…

“Maha Suci Allah yang mana guruh ini mentasbihkan-Nya beserta memuji-Nya dan juga para malaikat mentasbihkan-Nya karena takut kepada-Nya.” (H.R. Malik)

Dan semoga saja hujan yang membuat Ambon basah akhir-akhir ini membawa berkah bagi kita semua. Menjadikan kita hamba yang bisa mengambil pelajaran dari berbagai fenomena yang ada di muka bumi ini sehingga menambah keimanan kita pada Sang Pencipta. Amiiin…

*lanjut menikmati hujan diiringi alunan Maher Zain di Jumat pagi ini :-)

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

16 thoughts on “memeluk ambon yang kian basah

  1. amiiiiiiiiiiin… hanya ikut mendoakan! :)

    | amiiin…

    Posted by bundamahes | Friday, 6 May 2011, 09:59
  2. Smoga gak pake banjir ya.. :-D
    *juga mendengarkan maher zain sambil cucian di pagi jum’at ini*

    | mudah2an ngga kak, wah nyucinya jadi asyik :D

    Posted by Kakaakin | Friday, 6 May 2011, 10:40
  3. yup bener mas, cuaca lagi tidak bisa diprediksi tenan…
    maher zein lagi naek daun yah
    *penasaran*

    semoga hujan membawa berkah buat semuanya yah mas
    :)

    | iya, kemarin jg hujan seharian, sekarang lumayan cerah.. amiin semoga membawa berkah

    Posted by ais ariani | Friday, 6 May 2011, 17:08
  4. yuk dipeluk ambonnya :)

    | mariiiiii…

    Posted by Anugrha13 | Monday, 9 May 2011, 07:37
  5. aamiin,,,,
    saya suka suasana hujan mas….

    juga sambil mendengarkan maher feat fadly sambil ngomentar di sini.. :D

    | kalo gerimis saya suka, tapi kalo hujan gede rada ngeri kang.. :)

    Posted by Mabruri Sirampog | Tuesday, 10 May 2011, 11:36
  6. assalamu’alaykum..afwan..mampir nh di blog antum…http://tentarakecilku.blogspot.com

    | wa’alaikumsalam.. insyaallah kang.. :)

    Posted by abutentara | Wednesday, 11 May 2011, 10:47
  7. aihh..saya pingin ke ambon..menikmati pantai2 nya.. :)

    Posted by chiekebvo | Wednesday, 11 May 2011, 20:58
  8. Teman-teman yang baik, tanggal 2 Mei 2011 saya meluncurkan http://www.gurudanpenulis.com yang ditujukan untuk menampung tulisan guru dari seluruh Indonesia dengan topik variatif, bukan hanya pendidikan. Saya sudah bagi menjadi 3 kategori yaitu Indo bagian tengah, barat dan timur. Saya sudah browsing setengah mati, mencari tulisan dari guru di Maluku (dan Papua) tapi belum ketemu. Kalau ada yang berminat kirim, ngga papa sudah pernah diposting di website lain, silahkan klik http://www.gurudanpenulis.com di bagian Kontribusi Tulisan. Terima kasih, ya.

    | wah sangat menginspirasi sekali, mudah-mudahan membawa manfaat bagi sekitarnya.. amiiin..

    Posted by Meicky Shoreamais Panggabean | Thursday, 12 May 2011, 14:48
  9. alhamdulillah hujan itu bikin adem semuanya :) salam ambonn ^^

    | adem kang.. salam balik dari ambon :D

    Posted by kang ian dot com | Saturday, 14 May 2011, 19:18
  10. amin…semoga hujan di ambon, di tempat2 lain membawa keberkahan :D
    slamat malam…senangnya bisa kembali berkunjung :)

    | amiiiin.. selamat pagi, terima kasih sudah berkunjung lagi :D

    Posted by ok | Tuesday, 17 May 2011, 21:16
  11. saya suka kalo hari hujan.. bisa tidur2an.. hahaha.. :D
    hujan jadi berkah buat penjual sekoteng.. gantian sm penjual es.. :D

    | haha tidur terusss.. di ambon belum pernah ketemu sekoteng lho

    Posted by nymph34 | Thursday, 19 May 2011, 10:26
  12. sejak tinggal di Jakarta, ga pernah suka lagi sama hujan :(
    soalnya stiap hujan datang pasti deg2an takut banjir, takut bocor … hiks …

    kayaknya mesti ke Ambon nih biar bisa menikmati hujan :)

    | bener banget, hujan 1 jam saja bisa bikin banjir ya.. sini ke ambon, menikmati hujan yang tiada henti..

    Posted by niQue | Saturday, 21 May 2011, 02:56
  13. Amin mas mamung moga hujan yang basah membawa keberkahan ya, pasti adem ya

    di sini nampaknya dah lama gak ujan, he

    | adem banget minx.. wah disini malah ujan tiap hari

    Posted by maminx | Monday, 23 May 2011, 17:21
  14. saya pernah pergi ke Ambon waktu kecil :D

    | wah kapan kesini lagi mbak alin?

    Posted by alinaun | Thursday, 26 May 2011, 23:15
  15. Amiiiin…semoga berkah tercurah kepada kita semua…
    Di Garut sudah agak jarang hujan, kalaupun turun biasanya sore hari, bukan malam hari seperti biasanya :)

    | amiiin… wah Garut juga banyak hujan..

    Posted by bintangtimur | Friday, 27 May 2011, 08:03
  16. kangen sama kota ambon… :(

    | kapan datang lagi ey..?

    Posted by eyha4hera | Tuesday, 26 July 2011, 10:10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: