::
you're reading
SERBANEKA

Ah terlambat…!

Ah terlambat..! harusnya aku tak terlalu asyik mendengarkan dendang “Darah Muda” [nya] Bang Haji Rhoma Irama pagi ini, sangkin syahdunya akhirnya terlena dan telat masuk kerja (padahal tiap hari telat hahaha). Yah itu adalah salah satu contoh keterlambatan yang sering dilakukan, baik untuk mengerjakan sesuatu ataupun untuk menuju sesuatu. Tapi bukankah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali..? :D (alasan hihi). Namun ada yang perlu ditelisik lebih dalam lagi tentang keterlambatan. Bayangkan saja, misalnya suatu hari kita tergesa- gesa menuju stasiun mengejar jadwal kereta api yang akan kita tumpangi, namun karena hujan deras dan banjir akhirnya jalanan macet total, kendaraan kita tak dapat bergerak. Baru setelah beberapa jam kemudian kemacetan terurai, kendaraan bisa bergerak lagi, tetapi sesampainya di stasiun, kereta yang akan membawa kita telah meluncur jauh meninggalkan kita.

Tentu saja ada perasaan kecewa dan menyesal kenapa harus terlambat, apalagi bila kita memiliki urusan yang sangat penting di tempat tujuan kita. Namun setelah beberapa saat terdengar kabar bahwa kereta api yang akan kita tumpangi itu mengalami kecelakaan terguling di sebuah jembatan dan masuk ke jurang, hanya beberapa penumpang saja yang selamat. Dan tentunya kita selamat dari peristiwa itu karena urung naik di kereta tersebut gara-gara keterlambatan kita.

Beragam fenomena serupa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Contoh lain lagi misalnya ada seorang karyawan di sebuah kafe. Saat akan berangkat ternyata istrinya minta tolong karena tidak bisa memasang regulator kompor gas. Tergesa-gesa lalu ia ke dapur dan memasangnya. Akhirnya ia terlambat untuk berangkat kerja dan merasa sedikit jengkel pada istrinya. Namun di tengah perjalanan ia mendengar kabar bahwa kafe tempat ia bekerja hancur dibom oleh teroris. Banyak korban tewas baik karyawan maupun pengunjung kafe tersebut. Lalu bagaimanakah perasaan karyawan yang selamat itu. Seandainya istrinya tidak meminta tolong, tentu ia tak terlambat dan telah berada di kafe saat bom meledak. Namun ternyata keterlambatan itu membuatnya selamat dari ledakan. Itu semua hanya contoh saja.

Sungguh sangat banyak kejadian yang berawal dari sebuah keterlambatan namun berujung pada suatu hal yang baik. Tepat waktu atau sesuai jadwal memang sangat bagus, terutama di kalangan pegawai kantoran ataupun pelaku bisnis yang berslogan waktu adalah uang. Namun apabila suatu saat ada keterlambatan, maka janganlah langsung beranggapan bahwa itu adalah hal negatif atau kurang baik seperti persepsi orang pada umumnya. Karena ternyata ada pula keterlambatan yang memiliki pesan moral atau maksud yang baik dan positif bagi kehidupan kita.

Meskipun demikian, sebaiknya dalam aktivitas sehari-hari sebisa mungkin untuk tidak terlambat melakukan sesuatu. Ketika kita ingin merampungkan suatu pekerjaan misalnya, usahakan tepat pada waktunya sehingga kita dapat melakukan tugas lainnya yang telah menanti (aku sendiri sangat susah melakukannya hehe). Bila pada akhirnya dengan terpaksa kita terlambat, maka tentunya seperti telah diungkapkan di atas, janganlah langsung berkesimpulan bahwa keterlambatan adalah hal yang negatif, karena siapa tahu ada hal yang luar biasa di balik keterlambatan kita.

*Foto bukan untuk tujuan komersial, diambil dari sini

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

33 thoughts on “Ah terlambat…!

  1. hihihi,,, alhamdulillah kayane aku ra tau telat.. :D

    | ya mantep kang, tepat waktu terus.. :D

    Posted by Mabruri Sirampog | Wednesday, 25 May 2011, 09:14
  2. lagu apa? Darah Muda?!! *gubraks :D

    | beneran enak om, apalagi kalo dengarnya pas hujan-hujan ditemani kopi hitam, wuiih mantep.. :lol:

    Posted by indobrad | Wednesday, 25 May 2011, 09:30
  3. Terlambat itu biasa ya pak, tapi kalau dibiasakan….? hehe…

    | wah itu parah pak hehe

    Posted by teguhsasmitosdp1 | Wednesday, 25 May 2011, 11:26
  4. Pernah saya telat datang di even yang harus saya liput. Duuuh meneysalnya gak habis-habis hahahaha
    udah gitu, masiiiih aja gak kapok buat terlambat *hammer*

    | hmm harusnya jadi pelajaran tuh..

    Posted by rifqiamalia | Wednesday, 25 May 2011, 11:28
  5. Mari biasakan tepat waktu. :mad:

    | siiip tepat waktu tepat sasaran *loh

    Posted by Asop | Wednesday, 25 May 2011, 12:30
  6. Assalaamu’alaikum wr.wb, Muhammad…

    Alhamdulillah, terlambat yang sudah ditentukan Allah sebagai memberi peluang untuk hidup dan mengambil iktibar dari apa yang berlaku agar jangan berburuk sangka kepada orang lain atau peristiwa yang terjadi.

    Jangan dibiasakan kerana mungkin dengan terlambat bisa juga terjadi hal yang sama jika kita cepat melakukan sesuatu. Dua kondisi yang bisa memungkin sesuatu. Kita hanya merancang tetapi Allah yang merencanakannya.

    Senang dapat bergabung kembali dengan Muhammad yang telah hilang.. hehehe. atau saya yang hilang di maya Muhammad ini. :D

    Salam ceria selalu dari Sarikei, Sarawak.

    | terima kasih bunda, menambah pengetahuan bagi saya berbagi cerita dengan bunda.. mudah2an kita tak saling hilang hehe

    Posted by SITI FATIMAH AHMAD | Wednesday, 25 May 2011, 14:19
  7. kalo saya sih tetap yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah yang terbaik bagi kita. Dan seburuk apapun peristiwa yang menimpa kita, pasti ada hikmah di baliknya ;)

    | siiip bunda, setuju.. ikhtiar lalu tawakal.

    Posted by bundamahes | Wednesday, 25 May 2011, 15:11
  8. terlambat kalo cuman sesekali mungkin wajar tp kalo udah keseringan bisa bahaya dan akan menjadi semacam penyakit yang sulit diobati…

    | bener, akhirnya susah sekali untuk tepat waktu

    Posted by aan | Wednesday, 25 May 2011, 15:39
  9. lagu darah muda?
    iya emang enak, tapikan jadul banget?!=3
    itu lagu jaman saya kecil lho~~
    dan herannya masih keinget sampai sekarang.

    salvete,
    dioscurious
    v(^_____^)v

    | enak lho, coba sih dengerin :D

    Posted by dioscurious | Wednesday, 25 May 2011, 16:21
  10. Kalau saya sih, terlambat itu bukan masalah yang penting tanggung jawabnya terselesaikan dalam waktu yang ditentukan.. hehehe

    | yah itu juga boleh hahaa

    Posted by giewahyudi | Wednesday, 25 May 2011, 16:25
  11. saya juga pernah ketinggalan kereta… :-(
    untung ada pak petugas yg baik hati.
    memang dibalik smua kejadian tu pasti ada hikmah..

    | berarti gak jadi terlambat ya om..

    Posted by tunsa | Wednesday, 25 May 2011, 19:39
  12. daraah mudaaa… darraahnya para remajjjaaa….
    aihh mas mamung lagu itu gemanna sih, jadi kangen dengernya. hahahahaha.. kek nya enak buat karoke
    :D
    semua peristiwa pasti ada hikmahnya, termasuk terlambat itu yah mas
    :)

    | .. yang selalu merasa gagah tak pernah mau mengalaaaah.. hahaa.. dst. enak bener buat karoke..
    iya mbak, tapi jangan jadi kebiasaan ya.. :D

    Posted by ais ariani | Wednesday, 25 May 2011, 21:07
  13. apapun keterlambatannya yang penting selamat dunia akhirat
    lho kok? hehehe…

    | amiiin.. hehe

    Posted by namakuananda | Wednesday, 25 May 2011, 22:58
  14. ane ga terlambat komen disini kan?

    | siiip.. telat 5 menit.

    Posted by almascatie | Thursday, 26 May 2011, 00:52
  15. Lintasberita says : salam kenal ya, wah saya malah tertarik liat fotonya, itu foto di indonesia apa bukan ya !! Oia kalau boleh tukeran link yuk, jika berkenan silahkan aja disini Tukar Link Otomatis. Terima kasih sebelumnya.

    | itu foto di Swiss.. oke mari tukeran link :D

    Posted by Lintasberita | Thursday, 26 May 2011, 00:54
  16. Makanya gunakan waktu sebaik mungkin…hehe sehingga tidak terlambat

    | yang ini masuk spam, baru ta approve :)

    Posted by Kamal Hayat | Thursday, 26 May 2011, 06:10
  17. Makanya kita harus bisa menggunakan waktu sebaik mungkin sehingga bisa tepat waktu…

    | siap om.. :)

    Posted by Kamal Hayat | Thursday, 26 May 2011, 06:12
  18. gua termasuk orang yang seneng dateng tepat waktu kalo emang udah janji ama orang atau dateng ke undangan.
    tapi herannya.. kalo ke kantor, hampir tiap hari selalu telat datengnya. huahahaha

    | kalo itu saya percaya deh sama om arman hehe

    Posted by arman | Thursday, 26 May 2011, 06:32
  19. terimakasih atas pencerahannya. :)

    | sama sama..

    Posted by ●●●ЄЯШЇЙ●●● | Thursday, 26 May 2011, 06:34
  20. Iya bener mas, jangan ampe terlambat melakukan sesuatu. Nanti yang ada kayak saya. Kepikiran terus sama pekerjaan yang terlambat dikerjain itu >.<

    | terlambat gapapa, asal jangan jadi tradisi hehe

    Posted by iam | Thursday, 26 May 2011, 07:21
  21. indah sekali jika semua orang tak ingin terlambat mendekati janji dan terlambat merengkuh mimpi

    | sungguh..?

    Posted by MT | Thursday, 26 May 2011, 09:40
  22. terlambat yg menyebabkan terhindarnya kita dari suatu kejadian buruk adl rahasia ALLAh dan itu mrpk hikmah dibalik kejadian.
    Untuk mengerjakan urusan yang sdh menjadi kewajiban, kita usahakan untuk tdk terlambat..

    | bener banget ummi.. :D

    Posted by ummi | Thursday, 26 May 2011, 10:07
  23. Berarti sebenarnya terlambat atau tidak bagian dari rencana Yang Esa.. Hehe..

    Semoga kalau kita terlambat kita selamat, kalau tepat waktu juga ga celaka.. *jalan aman

    | bener mbak fi, semua atas kuasa-Nya.. amiiiin….

    Posted by fi | Thursday, 26 May 2011, 11:07
  24. Berarti sebenarnya terlambat atau tidak bagian dari rencana ALLAH.. Hehe..

    Semoga kalau kita terlambat kita selamat, kalau tepat waktu juga ga celaka.. *jalan aman

    | weh nongol lagi komennya :D

    Posted by fi | Thursday, 26 May 2011, 11:07
  25. Terlambat yang kasus diatas, itu berkah terlambat kali ya :)
    terlambat yang menghindari tanggung jawab, itu masalah “darah muda” mungkin :D

    | terlambat membawa selamat.. waduuuw darah muda disinggung singgung hehe

    Posted by ysalma | Thursday, 26 May 2011, 11:29
  26. jadi yang salah ini siapa? bang haji roma yng nyiptain lagunya apa yang dngernya???hehehe

    Sobat,tukeran Link yuk???
    Link Blog sobat sudah duduk dngn santai di blogku,
    Ditunggu ya konfirmasi balasannya
    salam kenal dari bloger UMY :D
    Terimakasih

    | hehe gak ada yang salah mas.. ayo dituker tuker.. salam kenal juga, terima kasih dah berkunjung :D

    Posted by Rizki | Thursday, 26 May 2011, 15:12
  27. Aku juga selalu berusaha datang tepat waktu loh… sayangnya usahaku seringkali tak berhasil :D

    | sama kak, saya juga gitu he

    Posted by Kakaakin | Friday, 27 May 2011, 02:04
  28. Terlambat yang tidak disengaja, biasanya suka ada hikmahnya, biarpun di saat terlambat itu biasanya saya suka uring-uringan…hehe :D

    Tapi bukan berarti kita harus melambat-lambatkan diri biar ada hikmah ya!

    | bener banget mbak, setuju saya :D

    Posted by bintangtimur | Friday, 27 May 2011, 07:23
  29. maju terus…banyaknya komennya…

    | pantang mundur haha

    Posted by mbah jiwo | Friday, 27 May 2011, 07:40
  30. hahaha postingan yang kontradiksi mas xixi.. semoga kita kita jd blogger teladan bukan telatan :D

    | amiin.. teladan yang gak telatan ya kang hehe

    Posted by kang ian dot com | Friday, 27 May 2011, 14:49
  31. salam kenal…thanx

    | salam kenal juga yaa

    Posted by baju wanita | Saturday, 5 November 2011, 10:20
  32. hal itu persis banget dengan peristiwa pribadi saya gan , dulu pas mau pulang kampung . saya mau menumpangi bus , bus yang mau tumpangi itu sudah mau berangkat gan namun orang tua saya masi dalam perjalanan ke terminal , jadi saya putuskan menunggu bus yang selanjut nya saja. saat itu saya mendapat kabar dari kepala termuinal nya bahwa bus yang berangkat duluan mengalami kecelakann deengan masuk nya kedalam jurang .. nah saat itu saya baru sadar bahwa tuhan masih sayang sama saya. dibalik itu semua ada hikmah nya buat saya pribadi.

    Posted by toko herbal online | Friday, 4 April 2014, 15:21
  33. Berarti sebenarnya terlambat atau tidak bagian dari rencana ALLAH.. Hehe..

    Semoga kalau kita terlambat kita selamat, kalau tepat waktu juga ga celaka.. *jalan aman*

    Posted by Apply PL | Wednesday, 12 November 2014, 11:06

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: