::
you're reading
SERBANEKA

Angka 13 tak selamanya sial

Tiga belas. Banyak anggapan yang berbeda tentang angka ini, namun kebanyakan berpikir bahwa angka tersebut merupakan perlambang sial. Bila kita ingat ada film Friday 13th maka di setiap waktu yang menunjukkan angka 13 maka akan terjadi suatu petaka. Lain lagi bila kita naik pesawat, maka tidak akan ditemukan seat no. 13. Atau gedung pencakar langit yang bertingkat banyak, maka jarang sekali yang memberi nomor 13 pada lantainya, bahkan sepertinya tidak ada kali ya. Entah kenapa, kalo mau tau sejarahnya tanya mbah google saja. Namun kalo menurut saya sih, setiap angka sama saja, sama baiknya mulai dari 0 sampai 9 tak ada yang menunjukkan kesialan, petaka atau sebagainya. Pun demikian dengan angka 13.

Meskipun banyak yang menganggapnya sial, namun adapula 13 yang membawa berkah. Nah sekarang bulan Juni, biasanya rentang Juni – Juli adalah waktu yang tepat untuk menantikan angka 13 yang membawa senyum, terutama bagi para pegawai negeri sipil kayak saya hehe. Yeah, hal yang dinantikan dengan embel-embel 13 dalam beberapa hari ke depan adalah gaji ke-13. Insyaallah segera cair, kita tunggu :D

Berdasarkan kabar angin, katanya tahun ini masih akan tetap ada gaji ke-13. Prosesnya biasanya diawali dengan adanya Surat Edaran dari Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan tentang waktu dan teknis pembayarannya. Jika merujuk pada Surat Edaran tahun 2010 yang lalu, maka yang dibayarkan dalam gaji ke-13 mengacu pada besaran gaji pokok pada bulan Juni. Namun perlu diingat bahwa pembayaran gaji ini juga tergantung dari kecepatan bendahara dan pembuat daftar gaji pada masing-masing satuan kerja, jadi misalkan mereka lambat mengajukan permintaan, maka lambat juga gaji tersebut masuk ke rekening tiap pegawai. Sama halnya pada kasus rapelan atau kekurangan gaji maupun gaji susulan. Berdoa saja semoga mereka yang mengurusi itu dapat bekerja optimal tepat waktu.

Gaji ke-13 biasanya mencakup beberapa item meliputi gaji pokok, tunjangan istri/suami (10% dari gaji pokok), tunjangan anak (2% gaji pokok), tunjangan sesuai jenisnya (fungsional, struktural, umum), dan tunjangan pajak PPh untuk menutupi potongan PPh pada gaji tersebut. Lah yang tidak termasuk dalam gaji ke-13 antara lain uang beras, potongan wajib pegawai, tabungan perumahan serta uang makan. Oya, gaji ke-13 juga bebas potongan hutang seperti hutang koperasi, bank, dan potongan-potongan lainnya. Jadi bagi teman-teman Pe eN eS, sudah ada sedikit gambaran kan tentang berapa yang akan diterima nantinya hehe.

Bila menilik ke belakang, gaji ke-13 merupakan upaya pemerintah yang sudah dilakukan beberapa tahun yang lalu. Salah satu tujuannya adalah untuk membantu pegawai sebagai tambahan biaya untuk putra-putrinya yang memasuki tahun ajaran baru di sekolah maupun perguruan tinggi. Lah kalo demikian bagaimana dengan yang belum punya anak apalagi yang belum kawin..? gaji ke-13nya buat apa ya..? hahaha. Pastinya ada saja kebutuhan, lah namanya juga hidup yak :lol:

Terakhir perlu diingat, ini penting banget. Misalkan sudah menerima pencairan atau gaji telah masuk ke rekening, jangan lupa untuk bersyukur dan menyisihkan sebagian rejeki kita untuk kaum dzuafa, karena ada hak mereka di setiap penghasilan yang kita dapatkan. Oke oke..? Oke deh itu saja, mudah-mudahan membawa manfaat, amiin.

About mamung

lahir di banjoemas ngapak, kini berkelana di amboina manise, berkawan terik dan gemericik hujan, bermain di deburan ombak segara, tertatih berusaha merambahi dunia maya yang penuh warna serbaneka

Discussion

44 thoughts on “Angka 13 tak selamanya sial

  1. ahhayy…yang bentar lagi mau dapat gaji ketigabelas..hihihihi

    ayo, gaji ketigabelasnya dipake jalan2 ke Makassar

    | hehehe masih lama daeng :D

    Posted by Ipul dg. Gassing | Wednesday, 1 June 2011, 13:47
  2. tanggal lahirku 13 dan aku sangat bahagia… he he he apalagi kalau dapet gaji 13 ya….

    | wah mantap mas..

    Posted by choirul | Wednesday, 1 June 2011, 14:22
  3. Gaji keempatbelas ada enggak ya? Soalnya gaji ketigabelas untuk bayar utang, :(

    | hahaha bisa aja nih mas Gie..

    Posted by giewahyudi | Wednesday, 1 June 2011, 14:52
  4. iya tuh, enak yg masih sendiri, blum ada istri/suami… :D

    saya juga siap mas kalau kecipretan gaji ke 13.. :D

    | wah gaji saya juga buat istri kang..

    Posted by Mabruri Sirampog | Wednesday, 1 June 2011, 14:57
  5. Asyiiikk, mo dapat gaji ketigabelas :D selamat ya, Mas.

    Kalo di kantor saya dulu gak ada lantai 4, lho :D Katanya itu angka sial jugak :D

    | makasih mbak, oh ya 4 jg sial kata orang Jepang..

    Posted by chocoVanilla | Wednesday, 1 June 2011, 15:13
  6. kalo saya malah gaji perdana om bulan ini heee

    | wah asyik tuh, biasanya buat ortu ato buat makan2 hee

    Posted by genksukasuka | Wednesday, 1 June 2011, 15:29
  7. si bunda ini paling suka kalau gaji ke 13 Mamung :D
    ( dasar emak2 matre) :D :D
    salam

    | saya juga suka bunda.. bukan cuma emak2 hehe

    Posted by bundadontworry | Wednesday, 1 June 2011, 16:40
  8. Gak masalah, saya gak percaya dengan angka sial atau angka keberuntungan. :)

    | mantap sop..

    Posted by Asop | Wednesday, 1 June 2011, 19:12
  9. ooohh ini toh yang dikirim si emak buat mbayar spp
    *manggut-manggut*

    | asyik donk kalo gitu.. :D

    Posted by ais ariani | Wednesday, 1 June 2011, 21:40
  10. Hhahhaa..iya ya, bener juga :D
    Untuk PNS dan purnawirawan, yang paling ditunggu selain gaji pokok ya gaji 13 ini :lol:

    | hehe lumayan soalnya mas..

    Posted by Zippy | Wednesday, 1 June 2011, 22:03
  11. Hari gini masih percaya dengan tanggal kesialan… aneh-aneh aja

    | bener mas..

    Posted by Kamal Hayat | Thursday, 2 June 2011, 00:57
  12. enaknya di indo ya… ada gaji ke-13.. kalo disini gak ada tuh…

    | minta sama Obama om.. hehe

    Posted by arman | Thursday, 2 June 2011, 03:41
  13. muahahaha gaji ke13 ya :p kalau dijepang angka sial malah 4, karena 4 bisa dibaca shi, yg berarti kematian..

    | ya 1+3 jadinya 4 jadinya gitu mungkin..

    Posted by Adi Nugroho | Thursday, 2 June 2011, 06:41
  14. Alhamdulillah, kalau masih dapat tahun ini.

    | mudah2an bunda..

    Posted by monda | Thursday, 2 June 2011, 06:59
  15. di beberapa hotel, memang ga ada kamar nomer 13 dan ga ada lantai 13, tapi ada juga hotel yang ga punya lantai 4.

    konon, sebenernya yang angka sial itu sebenarnya nomer 4, karena 1 + 3 = 4, maka 13 ikutan dianggap angka sial. tapi entahlah, saya ga begitu percaya sama hal-hal spt itu.

    selamat ya atas gaji ke-13-nya.. saya sih ga dapat gaji ke-13, hehehe :D

    | wah ternyata mbaknya lebih tau.. makasih yaa….

    Posted by rime | Thursday, 2 June 2011, 07:14
  16. Setuju bang.., angka 13 tak selamanya sial.., nah buktinya.. :) ada gaji ke-13.. bukan sial kan.. tpi bikin senyum.. nice post

    | bener bang.. bikin senyum :D

    Posted by Info Harga laptops terbaru 2011 | Thursday, 2 June 2011, 09:06
  17. asikkk dapet gaji tambahan *ngarep traktiran* #eh :D

    | sini ke ambon, ntar traktiran :D

    Posted by indobrad | Thursday, 2 June 2011, 21:26
  18. ajib nih mas, mau donk gaji ke-13 nya, hehehe. selamat atuh ya. moga bisa digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat, amin..

    | makasih minx hehe

    Posted by maminx | Thursday, 2 June 2011, 21:41
  19. setuju,soalnya di team futsal,saya pakai numb 13 dan alhamdulillah selalu mencetak golll

    Salam

    | wow jadi top scorer donk..

    Posted by riez | Friday, 3 June 2011, 09:06
  20. waaa .. harus segera menghubungi sodara yg guru nh biar kebagian .. hehe :)

    | kebagian apa mbak..? :D

    Posted by fitr4y | Friday, 3 June 2011, 13:00
  21. Oh baru tahu saya gaji ke-13 dikasih di bulan Juni, kirain di tahun baru.
    Kalau di BUMN, bulan Juni juga dapat bonus 1 x gaji, namanya tunjangan pendidikan, tapi hanya berlaku buat yang sudah punya anak :)

    | ini ta kasih tau ya.. sbnrnya sama sih ini juga buat biaya sekolah, kan tahun ajaran baru, cuma baik yang dah ada anak ato blm dapat semua hee

    Posted by Sya | Friday, 3 June 2011, 14:50
  22. traktir dunk Mung, biar ikut ngerasain juga gaji ke13 itu :D

    | sini ke ambon ntar aku traktir dah..

    Posted by ysalma | Friday, 3 June 2011, 17:49
  23. asiknyoo yg PNS. Anaknya PNS juga enak ding *sayamaksudnya* bisa nodong emak nih.. hehehe

    | wah nodongnya jangan pake pisau ya,…

    Posted by rifqiamalia | Saturday, 4 June 2011, 07:52
  24. hohoho.. aku suka lho angka 13.. sengaja biar org2 ga kecele klo 13 itu sial. yg namanya kesialan ya tergantung dari amal dan niat kita. klo jahat dan ga bener ya berarti hidup kita begitu juga. ya kan pak?

    | bener banget dhilla.. siiip.

    Posted by dhila13 | Saturday, 4 June 2011, 10:11
  25. ada istilah celaka dua belas
    gimana tuh?

    sedj

    | hehe 12 aja sudah celaka, apalagi 13 ya om.. :D

    Posted by sedjatee | Monday, 6 June 2011, 07:38
  26. tiga belas yg membekas sukacita, gajian tambah :D

    | siiiip mantap mas..

    Posted by arif | Monday, 6 June 2011, 13:26
  27. terimakasih infonya….
    Pulang kampung nanti nodong ibuku ah….. kan dapat gaji 13 juga he…he… :)

    Salam kenal

    Seru Jadi Guru :)

    | wah kasian ibu jangan ditodong donk.. salam kenal juga ya..

    Posted by Erfano Nalakiano | Tuesday, 7 June 2011, 09:46
  28. waduuhhh, deg-degan nih nungguin ke 13. semoga cair pertengahan bulan ini.

    | iya nih om, belum cair2..

    Posted by komuter | Tuesday, 7 June 2011, 14:18
  29. Rusa sih gak percaya angak2 gitu hehe

    BTW kalo udah dapat gaji ke 13 nya
    traktir2 yak!

    | oke mas rusa, main ke ambon donk..

    Posted by Rusa | Wednesday, 8 June 2011, 09:10
  30. senengnya bapak dan ibu guru yg menerima gaji 13 .. :D

    | saya bukan bapak guru mbak.. hehe

    Posted by fitr4y | Wednesday, 8 June 2011, 11:12
  31. Hem…,kalau saya pribadi mah kagak percaya sama sekali ma hal2 yang semacam itu.
    Bicara soal gaji, jadi kepengen cepet gajian lagi nih, hahahaha….,

    | hehe kapan gajian mas.. ?

    Posted by hudaesce | Wednesday, 8 June 2011, 18:31
  32. malem kang.. malam ke 13 dibulan Ramadhan justru malam yang paling ditunggu tunggu..

    salam

    | malam jg, wah apalagi malam lailatul qodar yaa..

    Posted by ANDIOKA | Saturday, 11 June 2011, 15:16
  33. hihihi jd tau nih gw, tp emg pernah sih gw dapat angka 13 n ga sial tuh :D

    | iya, semua angka sama saja..

    Posted by edda | Sunday, 12 June 2011, 12:26
  34. Assalaamu’alaikum wr.wb, Muhammad….

    Setelah membaca dengan teliti dan coba difahami, baru bunda ketahui nahawa di Indonesia ada gaji ke 13. Sepertinya, semua warga akan menanti tibanya gaji ke 13 sepanjang khidmat mereka. Apa gaji yang ke-20 atau gaji ke 25 tidak ada ya ? atau Apa hanya setelah 13 sahaja. Ini bermaksud gaji ke 13 ini adalah bonus besar untuk pekerja awam di Indonesia.

    Di Malaysia tiada gaji seumpama itu. Syabas ya, kalau sudah menerimanya. Mudahan dapat dimanfaatkan untuk hal-hal utama terlebih dahulu dan jangan lupa menabung, Muhammad.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak. :D

    |Wa’alaikumsalam.. Iya bunda, disini kalo pegawai negeri ada gaji 13 tiap bulan Juni, ini buat membantu untuk biaya sekolah putra-putrinya.. wah kalo gaji 20 ato 25 tak ada bunda… Ya bener, semoga gaji 13 bisa bermanfaat.. makasih bunda.. :D

    Posted by SITI FATIMAH AHMAD | Tuesday, 14 June 2011, 07:32
  35. setuju….siapa yang bilang angka 13 itu sial…klo gitu aq jadi anak sia; donk :( kan tgl lairnya 13 :)

    | wahaha anak sial ya… :lol:

    Posted by Anugrha13 | Wednesday, 15 June 2011, 22:53
  36. Malahan saya penasaran, darimana ya kira-kira asal-usul angka 13 dianggap sial? hehehe

    salam kenal :)

    | tanya mbah google atau ibu wikipedia mas :D

    Posted by reantt | Sunday, 19 June 2011, 21:16
  37. santai saja kalau ketemu angka 13, apalagi tiap bulan kita pasti melewati tanggal 13 ;p

    | siip, santai namun serius hehe

    Posted by r10 | Friday, 8 July 2011, 17:14
  38. mampir sebentar sob :)

    | silakan mas..

    Posted by @Bakwan | Wednesday, 27 July 2011, 11:39
  39. hmmmmm pingin bgt bisa dapet gaji 13 heheheheheehehhe………….

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    | makanya jadi pe en es mas hahaha…

    Posted by MENONE | Sunday, 7 August 2011, 10:17
  40. Benar maaas, gaji ke13 memang menyenangkan…
    Kantor saya rame tuh bulan kemarin gara2 satker pada mau cairin gaji ketigabelas

    | haha tuh kan dah ngrasa enaknya :D

    Posted by ~Amela~ | Monday, 8 August 2011, 14:23
  41. you are what you believe!

    | mantap..

    Posted by MOko | Wednesday, 28 September 2011, 16:33
  42. Setuju bro…..

    | siip.. :)

    Posted by CAPek-Ma | Monday, 2 January 2012, 20:31
  43. iya banget, itu mah cuma mitos belaka :D

    Posted by filter air | Wednesday, 17 April 2013, 11:10
  44. percaya ga percaya sih sma soal kya gituan mh :D

    Posted by toko herbal online | Friday, 4 April 2014, 15:04

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: